Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Rabu, 11 Juni 2008

Tips Membuat Isi Blog

oleh: Muhammad Rivai Andargini

Pertama kali menulis isi blog, saya menulis apa yang tercurah dipikiran. Entah bagaimana orang membacanya, I don't care. Saya tidak ingin diberati oleh perasaan "mesti begini", "mesti begitu" yang justru bisa menghambat saya menulis isi blog. Bagi saya, mendisplinkan diri untuk menulis jauh lebih sulit daripada melakukan sentuhan artistik pada blog dan isinya. Kekuatan blog dan internet terletak pada content (isi tulisannya)!

But, time is over. Tidak seharusnya kita mengabaikan kemampuan kita jika kita bisa membuat blog menjadi lebih baik lagi dengan beberapa langkah mudah.


Jika kita sudah menulis beberapa bait posting, beberapa ratus lembar kertas folio tentu ada baiknya kita mereview, apakah tulisan yang kita buat bisa di optimalkan. Menulis isi blog dengan disiplin yang baik (misalnya, menulis minimal satu posting per minggu) memang baik, tapi tentu akan lebih baik lagi jika kita mengoptimalkan kuwalitas tulisan.

Lantas, apa saja yang bisa dioptimalkan dari suatu isi blog? Berikut adalah beberapa diantaranya (sebagian besar adalah pengalaman pribadi saya sebagai pengunjung blog. Jika tak sependapat, mari buat isi tandingan di blog masing-masing, hehehe...).

1. Gunakan kata-kata magis pada judul posting
Selain judul yang bermakna dan menarik perhatian (silakan lihat posting saya terdahulu tentang "Judul posting suatu blog" dan pembahasan Cosa Aranda mengenai "Human vs Machine"), judul posting sebaiknya sedikit diatur agar bisa menarik minat. Tidak asal tulis, tidak asal comot atau istilah copy and paste.

Beberapa kata magis yang langsung menarik minat dan bisa digunakan dengan beberapa pertimbangan misalnya : Tips, Tutorial, Stupid [Postingnya Rendy], Asal... [DPR boleh beli leptop asal...], Hacker [President, Hacker and the Internet], Cewek, Cowok [Cewek lebih tertarik bisnis fotografi], Go Blog (pergi ke blog), dan lain-lain.

Meski demikian, jangan serakah menggunakan kata magis hanya untuk menjebak pengunjung, misalnya "Cewek Bermata Hijau Beli Laptop untuk Menjadi Hacker dan Membuat Tutorial". Halah...... terlalu banyak dan panjang!

Jangan lupa, judul posting harus selaras dengan isinya. Anda bisa saja menjebak pengunjung sekali tapi berikutnya pengunjung kapok datang lagi. Malah, seperti di rumah makan padang, pengunjung yang kecewa justru mempromosikan keburukan blog anda...Kalu sudah demikian tamatlah riwayat blog kita.

Untuk penulisan judul, Cosa bisalah menjadi salah satu rujukan. Silakan lihat contoh judul postingnya : "Jika Anda Menghasilkan $500 Per Bulan Dari Internet, Apakah Anda Akan Meninggalkan Pekerjaan Anda ?". Panjang sekali, tapi menggelitik rasa ingin tahu.

2. Tambahkan gambar
Gambar bisa berarti sejuta kata-kata. Gambar yang menarik akan membuat mata cepat menangkapnya. Ini menjadi awal untuk menarik perhatian. Syaratnya, jangan gunakan gambar dengan ukuran terlalu besar, baik ukuran fisik maupun besar file. Gambar yang terlalu besar memperlambat akses blog. Ukuran gambar terlalu besar juga merusak lay-out. Jika gambar terlalu besar, gunakan thumbnail yang jika diklik akan membawa pengunjung ke gambar yang lebih besar.

3. Buat dalam format daftar
Penggunaan format daftar [bullet atau numbering] ini pernah dibahas oleh Budi Putra dalam posting "Format Posting". Penggunaan bentuk daftar ini tidak terlalu melelahkan mata pengunjung. Tentu saja format daftar disesuaikan dengan isi blog.
Jika isi blog berupa cerita detail, tidak mungkin dong dibuat daftar src="/blog/templates/default/img/emoticons/smile.png" alt=":-)" style="display: inline; vertical-align: bottom;" class="emoticon" />.

4. Pisahkan Paragraf Panjang

Paragraf yang terlalu panjang membuat mata berkunang-kunang dan perut mulas buat membacanya. Meski anda berniat membuat cerpen atau bercerita sesuatu yang sangat menarik, atur agar bisa terpisah dalam maksimum 10-15 baris. Pemotongan suatu paragraf biasanya tidak terlalu sulit, kecuali itu kutipan. Untuk kutipan, gunakan format blockquote agar tampil lebih menarik.

5. Berikan Kata Pengantar

Meski anda orang yang to the point, ada baiknya memberikan pengantar posting. Ceritakan prolog mengapa posting itu dibuat dan jika perlu, tambahkan tujuan yang ingin dicapai. Sampaikan pula batasan pembahasan jika anda tidak ingin terlampau jauh membahas suatu materi.

Menulis blog memang butuh latihan. Kita tidak perlu menjadi super hero untuk membuat blog yang banyak dikunjungi. Jika pengunjung blog belum terlalu banyak, blog yang diatur dan dikelola dengan baik tentu akan membuat nyaman pengguna setia, yaitu anda sendiri yang bolak-balik mengisi blog...

Gambar diambil dari link ini :
http://www.niaid.nih.gov/ncn/graphics/clipart/char_writing.gif

8 komentar:

  1. Maksih buat tips2 yang udah banyak ngebantu saya dalam membuat BLOG....

    tapi tulisannya panjang2 banget...
    jadi bisa bikin males baca....

    Merindha A.S 8e

    BalasHapus
  2. Lam kenal pak. Kebetulan saya lewat sekalian aja mampir

    BalasHapus
  3. makasih pak buat tipsnya.saya juga punya blog loh visitorsnya gak kalah banyak sama bapak :) (VANIA ALMIRA DIVANTI IXE)

    BalasHapus
  4. thanks Pak Jay...setelah pelatihan di Al-Bayan kemarin saya sangat bersemangat untuk mulai menulis. Saya sekarang sedang mencoba membuat blog sederhana.

    BalasHapus
  5. sama-sama bu siskaeni, kapan-kapa kita blajar ngeblog di al bayan

    BalasHapus
  6. Salam kenal pak. Share yg mantap pak. Saya semakin terinspirasi untuk konsist menulis blog.

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.