Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Senin, 26 Juli 2010

Teacher UnderCover di UNJ

Para Peserta Teacher UnderCover di Kampus UNJ
Para Peserta Teacher UnderCover di Kampus UNJ

Minggu, 25 Juli 2010 saya diundang oleh Mahasiswa Forum Idekita (FIDE) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri jakarta (UNJ) untuk menjadi salah satu pembicara kegiatan yang bernama Teacher Undercover dengan tema, " Ini Saatnya Mengubah Dunia Pendidikan dan Semua itu dimulai dari Guru".

Kegiatan yang berlangsung di gedung CD UNJ ini diikuti oleh 25 orang guru dari berbagai sekolah di Jabodetabek.

Dalam kesempatan itu, saya mengambil tema presentasi yang berjudul meningkatkan mutu pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari pemberian materi itu saya berharap akan banyak guru yang melaksanakan PTK di sekolahnya masing-masing.

penulis mendapatkan Kenang-kenangan dari panitia
penulis mendapatkan Kenang-kenangan dari panitia

Saya memulai presentasi dengan terlebih dahulu berdoa dan saling memperkenalkan diri. Dari perkenalan yang pertama itulah kita menjadi saling kenal mengenal. Teman saya pun menjadi bertambah. Saya menjadi kenal dengan teman-teman guru dari berbagai sekolah favort yang ada di jakarta.

Salah satu peserta dari kegiatan ini adalah mas Bambang Husni, senior saya sewaktu menjadi mahasiswa di kampus UNJ yang dulu bernama IKIP Jakarta. Beliau adalah mantan kepada sekolah di salah satu sekolah swasta favorit di DKI jakarta.

Dalam kegiatan ini, Panitia meminta saya untuk berbicara tentang cara/strategi untuk memotivasi calon peneliti agar senang meneliti. Lalu membuat panduan penelitian yang mudah dan menyenangkan. Serta persiapan-persapan yang dibutuhkan oleh calon peneliti sebelum melaksanakan penelitian.

Saya pun diminta menjelaskan langkah-langkah meneliti dan kendala-kendala yang dihadapi atau muncul ketika calon peneliti ingin melakukan penelitian dan cara-cara menghadapinya.

Suasana Tempat Acara di gedung CD Kampus UNJ
Suasana Tempat Acara di gedung CD Kampus UNJ

Sebagai salah satu guru besar, eh salah guru yang berbadan besar, tentu saya sangat senang sekali mendapatkan kehormatan untuk menyampaikan materi ini. Apalagi setelah saya ketahui, bahwa pembicara kedua setelah saya adalah bapak Prof. Dr. Soegeng Santoso. Seorang guru besar FIP UNJ yang sering menjadi penilai lomba karya tulis ilmiah guru.

Sayang, saya belum sempat bertemu dengan beliau, karena beliau mendapatkan jadwal presentasi setelah pukul 13.00 s.d 17.00 dengan tema panduan penelitian bagi guru. Saya bergegas pergi karena ingin mengikuti kegiatan kompasiana blogshop di PRJ. Namun di jalan, istri telepon dan minta segera pulang karena kompor gas Rusak. Saya pun tak jadi mengikuti acara blogshop kompasiana yang menarik itu.

Alhamdulillah, sesampai di rumah saya mendapatkan makalah prof Dr. Soegeng santoso,. Makalah ini sangat bagus sekali bila dibaca oleh para guru yang ingin menjadi peneliti. Dalam makalah itu diterangkan tentang sejarah dan perkembangan penelitian guru di Indonesia, manfaat dan tujuan penelitian bagi guru, pentingnya guru melakukan penelitian, dan jenis-jenis penelitian yang sering digunakan oleh guru di sekolah.

Para Guru Bekerjasama dalam mencari judul PTK
Para Guru Bekerjasama dalam mencari judul PTK
Mas bambang Husni Mendapatkan DoorPrize Buku dari penerbit Indeks
Mas Bambang Husni Mendapatkan DoorPrize Buku dari penerbit Indeks

Dalam pemberian materi workshop ini, saya membagi peserta dalam 5 kelompok kerja. Masing-masing kelompok mendapatkan tugas untuk membedakan judul penelitian formal dengan penelitian PTK.

Dari permainan games itu saya berharap teman-teman guru dapat mengetahui dengan jelas mana penelitian formal dan mana penelitian PTK sehingga dapat mengaplikasikannya dalam penelitiannya nanti di sekolah.

Saya pun banyak mendapatkan judul-judul PTK yang bagus dari hasil tulisan teman-teman yang berlatih menulis PTK. Diantara judul-judul itu membuat saya tertarik dan layak untuk diteliti. Judul-judul itu diantaranya:

  1. Meningkatkan hasil belajar Redoks dengan menggunakan pendekatan Games playing di SMA Muhamadiyah 31 jakarta
  2. Upaya meningkatkan kreativitas menulis dengan media word Card pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Rawamangun 12 jakarta
  3. Upaya meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP dengan Metode Tutor Sebaya
  4. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Terhadap Daya Serap Siswa dan Keaktifan Belajar Siswa pada pelajaran IPS di SDN Rorotan 01 Pagi.

Keempat judul di atas, sangat menarik untuk diteliti, dan semoga bapak/ibu guru yang merangkai judul itu mampu mewujudkannya dalam bentuk proposal PTK.

Para Guru Berlatih Menulis Proposal PTK
Para Guru Berlatih Menulis Proposal PTK

Semoga dari apa yang saya berikan hari ini dapat membuat para guru lebih mengenal PTK dan mengaplikasikannya dalam dunia pendidikan, khususnya di kelas-kelas mereka dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.

Mari kita melakukan PTK untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas-kelas kita. Jadilah guru yang terbiasa meneliti untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru. Semua itu bisa dilakukan dengan caa melakukan PTK yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang terhimpun dalam beberapa siklus sehingga kita yakin bahwa apa yang kita lakukan telah menuaikan hasil. Hasil itu didapat dari data dan fakta di lapangan setelah kita melaksanakan PTK dengan aik dan benar. Selamat melakasanakan PTK.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.