Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Minggu, 05 Juni 2011

Guru Go Blog Bukan Guru Goblok

1306833282382658739

1306829837362173020

Semenjak saya dikenalkan blog oleh pak Dedi Dwitagama, seorang kepala sekolah yang nyentrik dan keren, saya menjadi ketagihan ngeblog. Teryata ngeblog itu menyenangkan sekaligus mengasyikkan. Saya yang dulu tak punya banyak kawan, kini memiliki banyak kawan di mana-mana. Hal itu terbukti setiap kali saya berkunjung ke daerah, ada saja teman yang menyapa saya.  Mereka mengenal saya melalui tulisan-tulisan saya di blog. Begitupun teman-teman Pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) wilayah Bekasi, Jawa Barat. Mereka saya kenal dari hasil ngeblog, dan lahirlah organisasi guru di daerah kami karena memiliki kesamaan visi dan misi.


Budaya menulis memang saat ini perlu di galakkan kembali. Khususnya dalam dunia pendidikan kita. Namun untuk menulis awalnya sangat sulit untuk saya dan sebagian orang. Karena seringkali stack atau deadlock mau nulis apa. Seringkali kita bingung mau menuliskan apa. Blog menjadi sarana kita untuk berlatih dan belajar menulis secara otodidak. Dengan rajin menulis di blog, maka anda akan lancar menulis.

Budaya menulis di blog memang masih jarang digeluti para guru di dunia pendidikan. Saya mengusulkan blog dimasukkan dalam kurikulum atau minimal kegiatan ekstrakurikuler di sekolah atau perguruan tinggi. Dengan begitu budaya menulis menjadi suatu budaya yang terbiasa di akademis. Orang-orang yang terkait di dunia akademisi itu pun akan melek informasi, melek teknologi, dan melek inovasi. Begitu banyak ilmu pengetahuan yang kita dapatkan secara gratis dari blog orang yang berpengetahuan. Bila banyak orang berpengetahuan ngeblog, maka akan cepat cerdaslah bangsa ini.

Saya menulis setiap hari melalui blog. Tiada hari terlewati tanpa menulis. Dengan menulis saya menjadi eksis dan bukan hanya sekedar narsis. Saya menulis di berbagai blog, sehingga teman saya pun menjadi bertambah banyak. Ada saja kawan baru yang menyapa saya melalui blog.

Sekedar berbagi cerita. Dulu saya hanya seorang guru yang mengajar materi TIK di lab komputer SMP Labschool Jakarta. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi pelajaran yang saya ampu di tingkat SMP. Keseharian saya lebih banyak di Lab komputer itu. Saya tak pernah menuliskan apa yang saya lihat, dan apa yang saya dapat. Namun setelah saya ngeblog, banyak orang terinspirasi dari pengalaman yang saya tuliskan itu.

Keajaiban blog menjumpai saya seketika. Saya banyak kawan baru dari luar daerah. Saya pun banyak mendapatkan ilmu dari teman-teman baru saya di blog mereka. Terjadilah pertukaran pengalaman dan pengetahuan kami masing-masing. Saya pun menjadi banyak membaca. Membaca tulisan kawan baru saya yang luar biasa. Wawasan berpikir saya pun menjadi bertambah.

13068328911541734523 

Bukan hanya itu saja, prestasi demi prestasi saya dapatkan dari  hasil ngeblog. Banyak penghargaan yang membahagiakan saya terima dari indahnya berbagi di blog. Banyak motivasi saya dapatkan, dan motivasi yang sangat berkesan adalah motivasi dari mas Aris Ahmad Jaya. Seorang motivator terkenal dari AUTO SUGESTI POWER TRAINING. Beliau mengatakan, "kalau kamu ingin mendapatkan arisan, maka kamu harus ikut arisan". Saya pun mendapatkan buku motivasi 30 hari mencari jati diri dari beliau yang sering dijuluki orang, Mr. Sugesti Power.

Berbekal motivasi itu, saya mulai berani unjuk diri. Saya berani meyakinkan diri untuk mengikuti berbagai ajang lomba untuk guru. Tahun 2008 adalah tahun dimana saya berhasil menjadi finalis lomba keberhasilan guru dalam pembelajaran di tingkat nasional. Meskipun belum beruntung menjadi juara pertama, saya merasa senang karena ngeblog ternyata bukanlah pekerjaan yang sia-sia. Hasil penelitian itu saya kumpulkan dengan cermat, dan terajut menjadi buku.

Tahun 2009 adalah tahun-tahun keemasan. Buku Yuk Kita Ngeblog yang saya susun mendapatkan pemenang pertama di tingkat nasional. Blog pribadi saya di http:/wijayalabs.wordpress.com pun mendapatkan juara pertama di tingkat nasional. Saya diminta mengambil hadiahnya di pusat bahasa kemendiknas pada saat hari guru, 25 Nopember 2009.

Benar kata Mas Amril dalam blognya di http://daengbattala.com. Ketika anda mulai ngeblog, maka keajaiban blog akan mendatangi anda. Hal itulah yang kemudian berwujud nyata. Keajaiban itu benar-benar terjadi dalam sejarah hidup saya sebagai seorang guru. Bahkan dalam simposium nasional hasil penelitian balitbang kemendiknas tahun 2010, saya diminta untuk menjadi salah satu pemakalahnya.

13068332071897093674

Blog memang alat rekam yang ajaib. Berbagai prestasi saya raih dari blog. Bahkan blog sangat ampuh menjadi alat personal branding. Saya pun memberanikan diri untuk mempromosikan diri lewat blog sebagai pembicara atau nara sumber dari berbagai blog yang saya kelola. Hasilnya sungguh menakjubkan dan luar biasa!

Terima kasih mas Budi Putra. Dulu saya tak yakin kalau blog bisa menjadi alat promosi diri. Ketika mas Budi Putra menjelaskannya dalam pelatihan blog di tahun 2007, saya masih tidak percaya. Kini saya sudah membuktikan sendiri bahwa blog adalah media yang ampuh untuk mempromosikan diri kita sendiri di dunia maya. Saya pun banyak diminta untuk menjadi pembicara atau nara sumber di mana-mana.

Alhamdulillah, saya tak pernah kekeringan job. Selalu saja ada pekerjaan yang datang tiba-tiba. Bahkan saya sering menolak menjadi pembicara di hari kerja. Sebab peserta didik adalah skala prioritas bagi saya. Saya mau menerima job bila saya tak ada jadwal mengajar, dan waktunya sebisa mungkin tak bentrok dengan jadwal mengajar saya di Labschool. Biasanya saya lebih banyak menggunakannya di hari Kamis, Sabtu, dan Minggu untuk menerima job dari luar institusi.

13068321001101643540

Blog memang luar biasa. Sampai saat ini saya merasakan benar kedahsyatan blog yang mendunia. Jika anda banyak berbagi, maka anda akan menerima lebih banyak. Niatkan ngeblog untuk berbagi. Tuliskanlah apa yang disukai dan dikuasai. Bila itu dilakukan setiap hari, maka jangan kaget bila namamu terkenal dimana-mana. Kamupun akan berasa seperti selebritis. Banyak orang yang akan minta foto bareng dengan anda.

Go Blog. Bukan membuat kita jadi goblok, tapi justru membuat kita menjadi cerdas. Cerdas membaca akan membuat kita menjadi terampil menulis. Apalagi, bila tulisanmu itu disertai dengan foto atau gambar-gambar yang menginspirasi. Tentu akan banyak orang yang tertarik dan membaca tulisanmu itu. Biasakanlah menulis untuk mengikat makna dari kreativitasmu sendiri, dan lakukan inovasi dari tulisan orang lain yang menggoda hati. Pelajari, dan hayati 10 Prinsip dan Manfaat Mengikat Makna dari karya Hernowo. Bacalah!

Salam Blogger Persahabatan
Omjay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.