Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Sabtu, 01 Desember 2007

MOTIVASI MARIO TEGUH

MOTIVASI MARIO TEGUH

"Kesalahan kita butuhkan untuk hasil yang lebih baik, karena timbulnya kesalahan adalah tanda diperlukannya cara-cara yang lebih baik. Membuat kesalahan dan bahkan gagal dalam melakukan sesuatu yang berguna, adalah lebih baik daripada tidak pernah salah karena tidak melakukan apapun".

Pengaruh terbesar Anda datang dari keuntungan yang Anda hasilkan bagi orang lain. Bila Anda menyumbangkan hasil yang baik-nya tidak biasa kepada lingkungan di mana Anda berada; suara Anda akan terdengar keras bahkan sebelum Anda berbicara.

Satu hari bersama seorang guru yang anggun - lebih baik daripada seribu hari belajar sendiri. Kelebihan orang lain adalah potensi kelebihan Anda, bila Anda tulus mempelajarinya. Menirulah dengan tulus. Karena hanya dengan peniruan yang tak terhambat di hati - Anda akan lebih mudah mencapai kesetaraan dengan kualitas yang Anda harapkan itu. (Copying To Greatness)
Salah satu cara untuk berhasil adalah belajar dari kegagalan. Dengan kegagalan, kita tahu cara untuk bisa berhasil. Tidak ada orang yang berhasil kalau belum pernah gagal. Persoalannya, kita tidak cukup waktu untuk belajar semua kegagalan. Maka cara yang terpendek untuk keberhasilan adalah belajar dari kegagalan orang lain.
Dalam meniru cara-cara yang terbukti telah berhasil, terkadang kita dihadapkan pada satu sisi, dimana kita merasa bukan diri kita, karena apa yang kita tiru tidak sesuai dengan kebiasaan kita sebelumnya. Ini menjadi pertanyaan saya pada sesi tanya jawab.
Untuk menjadikan kita bisa menerima yang bukan diri kita, adalah dengan membiasakan perilaku kita sesuai dengan yang kita tiru, dan itu bisa dilakukan kalau kita melakukan dari yang kecil dan sederhana. Kalau kita meniru yang kecil dan dilakukan se-sering mungkin, maka itu akan menjadi kebiasaan kita, dan kebiasaan yang dilakukan dengan konsisten akan menjadikannya sebagai pribadi kita.
Maka kalau kita ingin meniru satu pribadi yang terbukti baik dan berhasil, maka lakukanlah dari yang kecil dan sederhana dari yang Anda sukai dari pribadi tersebut.
”Menirulah dengan tulus. Karena hanya dengan peniruan yang tak terhambat di hati - Anda akan lebih mudah mencapai kesetaraan dengan kualitas yang Anda harapkan itu”.
Pagi ini kembali saya merasa berbahagia karena telah menerima pencerahan yang Super dari Pak Mario, untuk itu saya ingin berbagi dengan Super Members poin-poin yang mencerahkan itu .
Kita perlu untuk melihat penderitaan apapun yang dialami dalam keluarga bukan sebagai sesuatu yang permanen. Kita dapat memiliki kebahagiaan dalam hidup berkeluarga.
Perkawinan dapat dianggap sebagai game, yaitu permainan yang berkelanjutan.
Unsur game dalam perkawinan ada dua aspek : a) Fun & frustating dan b) Seimbang dan bisa ditantang.
Suami dan isteri perlu saling melengkapi kekuatan. Kalau satu pihak terlalu kuat maka keadaan menjadi tidak seimbang dan dapat berhenti menjadi game. Contohnya ; isteri yang terlalu cemburu, curiga, suka mengungkit-ungkit kesalahan masa lalu dan ini juga sama buruknya dengan suami yang suka memukuli isterinya.
Pribadi yang ingin mendapatkan kebahagiaan haruslah juga mau membahagiakan pasangan hidupnya. Orang yang suka menyakiti pasangan hidupnya pastilah hidup tidak berbahagia dan tidak utuh. Yang suka menista isterinya berarti menyia-nyiakan kualitas hidupnya sendiri.
Kebahagiaan yang hakiki bukanlah karena lamanya, tetapi kebahagiaan yang hak. Tidak mungkin orang akan mencapai kebahagiaan bila cara-caranya tidak baik.
Kita selain harus nrimo , juga harus mekso artinya memaksakan dan mengupayakan kebaikan karena itu merupakan tugas kita. Saat kita memilih, pilihlah kebahagiaan.
Ciri isteri yang baik : a) apakah dia memperkuat Anda ? b) apakah bicaranya nyambung / seimbang ? Pilihlah yang baik dan membahagiakan.
Cara mengatasi konflik dalam keluarga : a) hormati isteri / suami b) menyedihkan isteri / suami sama artinya dengan menyedihkan keluarga .
Kasus suami punya PIL, apa nasehat Pak Mario : a) Tidak mungkin terjadi kejadian apapun bila tidak untuk mendatangkan kebaikan. b) Kejadian yang buruk seperti ini bisa untuk kebaikan bila memandang sebagai suatu game; kekuatan haruslah seimbang. Kita punya pilihan untuk berbahagia maka jadilah pribadi yang kuat.
Keluarga dapat menjadi tidak berbahagia karena peran yang kita lakukan. Ada 8 tanda bahwa kita tidak berperan dalam kebahagiaan keluarga : 1) tidak mendengarkan dengan baik . 2) tidak berbicara dengan penuh kasih sayang. 3) merasa lebih hebat atau lebih berkuasa. 4) transactionally calculated / hitung-hitungan 5) lebih mendahulukan orang lain dari pasangan hidupnya. 6) lebih suka bersama dengan orang lain daripada dengan pasangan hidupnya. 7) tidak menghubungkan karir dengan pasangan hidup dan kebahagiaan keluarga. 8) tidak mengupayakan diri menjadi cantik / gagah .
If it is easy to say, then say it with love. Jika mudah untuk dikatakan, maka katakanlah dengan penuh kasih sayang.
Berdasarkan penelitian penyebab utama orang menjadi tidak berbahagia adalah karena orang itu tidak memiliki hubungan yang baik dengan orang tuanya / ayah& ibunya. Bila Andalah orangnya maka : datang kepada orang tua dan minta ampun kepada mereka.
Cara kita mengikut Tuhan tidaklah boleh dinistai dengan kekakuan kita.
Kalau Anda telah menikah maka pastikanlah bahwa yang Anda lakukan akan berlangsung lebih lama dari hidup Anda.
Semoga sharing ini memberikan manfaat yang besar bagi kita semua agar kita dapat menikmati kebahagiaan dalam keluarga. Terima kasih banyak Pak Mario atas pelayanannya dengan pencerahan yang Super ini.
Satu hari bersama seorang guru yang anggun - lebih baik daripada seribu hari belajar sendiri. - Pepatah Jepang.

Saya mempunyai seorang figur yang saya kagumi dan hormati serta saya pelajari melalui otobiografi beliau yang diberikan kepada keluarga saya.

Beliau seorang yang santun, gaya bicaranya selalu tenang, tidak pernah meledak-ledak, selalu berpikir serius, berdisiplin tinggi, mempunyai visi yang jelas dan jauh kedepan.
Pada usia yang relatif muda (35 th) beliau telah mencapai jenjang karir tertinggi. Tetapi karena perbedaan visi maka karir Beliau dipangkas begitu saja tanpa persiapan apapun. Hari-hari Beliau yang biasanya begitu padat dengan segala aktivitasnya tiba-tiba semua sirna, yang hadir hanyalah rasa sepi yang menghimpit.

Tapi itu tidak berlangsung lama

Kebangkitan kembali

Banyak falsafah Jawa yang Beliau jadikan penyemangat untuk memulai lembaran baru.

"Sukeng tias jen denhino" artinya seseorang harus siap dan senang meski dihina. (Pak Said)


"Luwih becik dodol dawet ning biso uro-uro tinimbang numpak mobil mengkilap ning mbrebes mili" (Sosro Kartono) artinya lebih baik berjualan es dawet bisa senang daripada naik mobil mewah nan mengkilap tapi hati sedih dan menangis.

Dalam rangka melaksanakan nasihat tersebut Beliau segera merapikan seragam dinas dan menyimpannya di peti, mulai saat itu Beliau memantapkan diri sebagai rakyat biasa dan mulai belajar berbisnis.

Memang ada orang yang berhasil karena keberuntungannya; tetapi sebagian yang hampir keseluruhannya mencapai keberhasilan melalui kesungguhan (Mario Teguh)

Dengan ketekunan dan kesungguhan Beliau mulai dari awal sebagai pebisnis pada akhirnya mencapai sukses yang hampir sama dengan sukses Beliau pada jenjang karir sebelumnya.

Banyak pelajaran berharga yang saya petik dari otobiografi tersebut, kadang manakala saya merasa down baik didalam karir maupun kehidupan pribadi, saya selalu berpaling pada Beliau ; "ah saya belum apa-apa dibanding Beliau kok sudah mengeluh" ayoo semangat .......semangat.

Sampai akhir hayat Beliau tidak tahu kalau saya mengagumi dan ingin meneladaninya.

Kehidupan tidak akan melupakan Anda, bila kebaikan hati dan pikiran Anda menujukan semua tindakan Anda bagi kebahagiaan dan kesejahteraan sesama.

Tetaplah menjadi pribadi yang penting bagi kebaikan orang lain.

Seseorang yang tidak membangun kualitas pribadinya dan tidak memperhatikan kualitas dari dampaknya kepada orang lain dalam interaksi kesehariannya, adalah orang yang sedang tidak mengedepankan dirinya. Dan itu yang akan menjadikannya pribadi yang tertinggal (MTST: You are as high as your attitude)

Sahabat super terkasih, keseharian sering mendapatkan pengabaian karena sifat rutinnya, sesuatu yang pasti datang walaupun tidak ditunggu. Tetapi sebenarnya justru dalam keseharian itulah letak ujian dari cita-cita dan harapan besar kita. Sungguh besar dampak dari kualitas atau pengabaian interaksi kita dengan keseharian itu.
Apakah itu berat? Sebenarnya tidak jika kita bisa menempatkan itu sebagai dari sesuatu yang menyenangkan. Dan ternyata kualitas pribadi yang kita bangun dari keseharian itu lebih menyenangkan untuk dicapai jika kita bisa memposisikannya sebagai bagian yang menghibur. Pagi ini MT menasehatkan bahwa hal yang terbaik dalam hidup ini bebas, sebebas menjadikan peningkatan kualitas pribadi kita sebagai hiburan yang sehat.

Bila orang lain mengutamakan hanya yang menghibur, jadikanlah peningkatan kualitas pribadi Anda sebagai hiburan Anda. Tidak ada yang lebih menenangkan daripada perasaan bahwa Anda telah melakukan yang terbaik untuk menjadi pribadi yang lebih siap untuk mencapai kebintangan Anda. (MTST: Take a bow)

Perkenankanlah saya menyampaikan suatu realita dari awal perjalanan sutradara terkenal yaitu Steven Spielberg melalui buku yang saya baca dan berkenaan dengan Super Point dari Pak Mario,

"Salah satu rahasia keberhasilan yang dapat segera Anda terapkan dalam keseharian Anda - adalah memimpikan sesuatu yang besarnya hampir tidak mungkin, dan memastikan semua rencana Anda sangat sederhana sampai hampir terlaksana dengan sendirinya. (Mario Teguh)

Steven memulainya dengan mengikuti wisata ke Universal Studios, sebuah atraksi yang memungkinkan para pengunjung mengintip isi dapur studio film. Para pengunjung naik trem mengelilingi kompleks studio. Steven diam-diam turun dari tremnya dan bersembunyi di balik dua panggung sistem efek suara sampai acara tur itu usai.
Ketika dia meninggalkan kompleks studio itu, dia sengaja mengatakan beberapa patah kata kepada petugas keamanan di pintu gerbang.

Setiap hari dia mendatangi studio itu selama 3 bulan. Dia melewati gardu jaga sambil melambai kepada petugas di gerbang. Dia selalu memakai stelan parlente dan menenteng kopor, dan petugas mengira dia seorang mahasiswa yang sedang bekerja sambilan selama liburan musim panas. Dia sengaja mengobrol dan berteman dengan beberapa sutradara, penulis skrip dan editor. Dia bahkan berhasil menemukan ruang kantor yang kosong dan menggunakannya, bahkan mendaftarkan namanya di dalam direktori bangunan itu.
Dia sengaja mendekati Spielberg Sid Sheinberg, yang ketika itu merupakan kepala produksi untuk divisi televisi di studio itu. Kepadanya Steven menunjukkan demo hasil proyek film di kampusnya, yang membuat sheinberg terkesan dan mengontak pemuda itu.

Film panjang pertama yang dibuatnya The Sugarland Express berhasil mencuri perhatian para kritisi dan memenangkan penghargaan untuk kategori cerita terbaik pada festival film Cannes 1974. Sayang film itu gagal memecahkan rekor box office.

Kesempatan besar menghampirinya setahun kemudian ketika dia membaca novel berjudul "Jaws". Mati-matian dia minta diberi kesempatan untuk menyutradarai film tersebut.
Ternyata proyek film Jaws bukan pekerjaan gampang, berbagai problem teknis dan pembengkakan biaya juga terjadi.
Namun ketika film itu dirilis pada bulan Juni 1975, film itu mendatangkan dua keberhasilan : Dia berhasil memecahkan rekor box office dan para kritisi menyukai filmnya.

Kalau diceritakan lebih lanjut mungkin terlalu panjang, tetapi pada intinya semua kita bisa berhasil dimulai dengan awal yang sederhana tetapi dengan tekad yang kuat, disertai ketekunan dan kesungguhan maka keberhasilan hanya menunggu waktu yang diberikan oleh Yang Maha Bijaksana.

"Untuk menjadi apa pun, kita membutuhkan kesungguhan untuk menjadi"
Saya sangat setuju dan sependapat dengan ungkapan di bawah ini yang Bapak berikan mengenai Dreams & Commitment, seperti juga ungkapan yang pernah saya baca dari Confusious:

" If you want something on the Star, but you reached the Moon....it's Okey, as long you want something".

Orang-orang yang tidak memiliki keinginan, dan yang kehidupannya tidak termotivasi oleh pencapaian keinginan-keinginan yang bernilai – akan bernafas berat di dalam kehidupan yang tidak mudah.

Keinginan Anda adalah tenaga Anda.
Bila Anda benar-benar menginginkan sesuatu,
Anda akan benar-benar bertenaga.
Tegas bisa diartikan : jelas dan terang benar; nyata.
Tegas juga bisa diterjemahkan menjadi : tentu dan pasti (tidak ragu-ragu lagi; tidak samar)
Ketegasan adalah sebuah kejelasan, kepastian; atau keterangan yang jelas (pasti)

Tegas itu tidak berarti harus kasar, keras,dan menghardik.
Tegas bisa dalam senyumanb, kelembutan dan kasih sayang.
Tegas juga bisa berarti asertif, atau berani berkata tidak.

Dari Pak Mario, ada sebuah pesan yang melekat di hati saya :

Tinggilah dalam menghargai karyawan,
Keraslah dalam menghukum

Ketika karyawan belum mengerti, lambat mengerti atau yang bodoh sekalipun
Ada cara-cara untuk mendidik dan mengajari-nya
Ada yang lambat, bisa dipekerjakan pada bidang yang tidak membutuhkan kecepatan
Ada yang cepat, ditempatkan ditempatkan yang membutuhkan kecepatan tinggi

Untuk yang tidak jujur, tidak ada istilah "trainee yang belum jujur"
Tidak ada training kejujuran.
Tegaslah...
Sampaikan dengan lemah-lembut, bahwa secara pribadi Anda sangat cinta kepadanya
Sampaikan pula bahwa aturan Yang Maha Kuasa, tidak boleh seorang pimpinan mendahului kehendaka-nya.
Menurut titah-Nya, bila seorang menjalani ketidak-jujuran, harus dihukum
Maka laksanakan hukuman, tidak dengan memaki-maki dengan kasar
Dalam hukuman itu , ada banyak pelajaran
Ada tanda-tanda orang sedang di sayang, dengan jalan diperingatkan.

Lupakan sikap-sikap atasan yang ahli sejarah itu
Pandang dia sebagai atasan, yang memang layak mendelegasikan tugas yang menantang
Fikirkan yang baik-baik saja.
Dengan memajukan para trainee, berarti memajukan diri Anda sendiri.

Ciri-ciri guru yang berhasil :

Kalimat yang disampaikan, bisa difahami dan dimengerti oleh orang bodoh sekalipun.

Bukan tidak perlu bahasa tinggi
Tapi, sesuaikan kepada siapa kita sedang berbicara

Ingat pesan Pak Mario tentang "sederhana" ?
Bukan tampilan yang harus sederhana, melainkan cara-cara menyampaikan yang harus sederhana.
Mobil mewah, sangat sederhana petunjuk pemakaiannya
Komputer canggih, semakin sederhana prosedur pengunaannya,

Dengannya,
Super trainer yang tegas dan canggih, seperti Pak Septa :
Punya cara-cara yang sederhana dalam penyampaian
Disukai, disenangi, dan disayangi
Oleh atasan dan bawahan
Banyak di do'akan oleh orang lain
Dan tak ada yang dikhawatirkan di manapun Anda berada
Karena rezeki-Nya bisa mengalir dari tempat yang tak diduga-duga sebelumnya.

Pagi yang indah ini saya merasakan sukacita yang besar menerima pencerahan dari Pak Mario yang sangat mengerti kebutuhan saya dan juga banyak rekan-rekan yaitu mengenai kekhawatiran dan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasinya. Untuk itu saya ingin berbagi dengan rekan-rekan Super Members poin-poin yang mencerahkan itu.
Khawatir itu merupakan sistem penyelamatan diri dan keprimaan diri. Yang paling mengkhawatirkan adalah orang yang sama sekali tidak khawatir. Karena orang khawatir maka menjadi perlu melakukan persiapan-persiapan .
Apa yang menyebabkan orang yang kualitas hidupnya buruk tetapi tidak khawatir ? a) orang yang cerdas tetapi salah mengerti b) orang yang kepantasan mentalnya tidak lengkap / mati rasa.
Bagaimana menghadapi suami yang bersikap tidak hormat dan bahkan menghasut saudara-saudaranya untuk tidak hormat pada orang tuanya sendiri ? Orang tua bisa saja berbuat salah, tetapi hal itu tidak menghapus kewajiban sang anak untuk tetap menghormati orang tuanya. Kualitas hidup seseorang tergantung kecintaannya pada orang tuanya. Jangan meninggalkan orang yang salah padahal ia sedang butuh bantuan untuk memperbaiki dirinya. Berikan nasehat yang dibutuhkannya dan itu dapat dengan mengajaknya mendengarkan program-program MT.
Bagaimana bila kita memiliki sifat yang tidak sabar melihat orang lain yang lambat ? Tiap orang memiliki kecepatannya sendiri-sendiri dan juga memiliki toleransi yang berbeda. Hendaklah diingat bahwa tidak semua yang cepat itu baik dan semua yang lambat itu buruk.
Bagaimana kita memandang apakah sesuatu itu manusiawi / tidak ? Manusiawi itu bisa dimulai dari yang rendah dan ini yang sering dijadikan alasan seseorang untuk minta dimaklumi kesalahannya dan juga bisa manusiawi yang tinggi yang dilakukan oleh nabi dan rasul. Baiknya kita memandang manusiawi dari yang tinggi.
Bagaimana menghadapi saudara yang menjadi parasitic / menyadap income orang lain ? Harus ada orang yang berani asertif / terbuka dan tegas yang menjelaskan padanya bahwa yang dilakukan itu tidak baik, karena walaupun banyak yang membantu / disadapnya ; hidupnya tidak akan pernah baik. Hal ini perlu dilakukan karena kalau tidak dilakukan akan tidak baik dampaknya bagi orang lain.
Apa beda kekhawatiran dan ketakutan ? Khawatir itu lebih rendah kadarnya dari ketakutan.
Bagaimana nasehat Pak Mario mengenai kekhawatiran mengenai masa depan anak-anak dengan terbatasnya pendapatan ? Bukan kebesaran bisnis dan gaji yang membuat kedamaian dalam keluarga . Sebagai orang tua perlu memberikan ajaran-ajaran yang baik, mendidikkan harapan kepada anak-anaknya. Miliki pengertian dalam diri ini bahwa kita dapat mencapai keberhasilan dari keadaan apapun.
Kepasrahan haruslah dilakukan setelah kita membuat rencana dengan baik, teliti , melakukan dengan sehebat-hebatnya tindakan. Tugas kita bukanlah untuk berhasil, tetapi untuk berupaya. Keberhasilan adalah pemberian Tuhan kepada yang telah sungguh-sunguh berupaya.
Nasehat yang mengatakan segala sesuatunya adalah ok ( everything will be ok ) adalah nasehat yang sembarangan karena hanya dengan perilaku yang baiklah maka segalanya akan menjadi baik.
Bagaimana dengan perasaan bersalah yang terus menerus karena telah menyebabkan sang adik menderita sakit karena kecelakaan ? Perasaan bersalah diberikan Tuhan kepada kita agar kita dapat menjadi lebih baik.
Bagaimana dengan orang yang telah mendustai pasangan hidupnya ? Pertanyaannya adalah : Are you happy ? How is life treating you ? Jadi bertobatlah, akui kesalahan dan terima konsekwensinya setelah itu hidup yang benar.
Bagaimana bila mempunyai sifat tidak tegaan ? Ambil sifat-sifat Tuhan; Dia Maha Penyayang, tetapi juga Tegas. Kita harus sangat penyayang tetapi saat menghukum harus sangat tegas agar disegani . Rakyat tidak suka kepada pemimpin yang seharusnya berwenang untuk menindak penyelewengan tetapi tidak bersikap tegas.
Berikut ini ada 7 langkah yang perlu dilakukan agar kita dapat mengambil keuntungan dari khawatir :
Mengerti tentang sifat-sifat kekhawatiran.
Kembangkan kebiasaan bicara yang baik dengan diri Anda sendiri ( constructive self talk).
Hindarilah toxic worrying (rasa khawatir yang beracun) karena akan meracuni bukan hanya diri sendiri tetapi juga orang lain.
Kenali dan gantilah pikiran-pikiran yang menghasilkan toxic worrying itu.
Kembangkan hubungan yang saling mendukung dengan pihak lain.
Aktiflah adalam penyelesaian proyek-proyek Anda.
Berdoalah bukan untuk dikuranginya beban Anda, tetapi untuk diberikan tambahan kekuatan / tenaga untuk mengerjakan tugas-tugas yang kita rasakan berat.
Sepertinya kok tidak mudah untuk bisa secara jujur manusia memilah . . . ini sifat lemahku/burukku dan ini sifat kuatku/baikku."
Kalau seorang manusia tidak mudah untuk bisa secara jujur memilah sesuatu, mungkin yang tidak mudah itu bukan memilahnya, tetapi secara jujur-nya. Bisa jadi selama ini ia tidak jujur dalam memilah banyak hal. Ia sudah tahu ada hal yang seharusnya dilakukan, tetapi tidak dilakukannya. Dan ia sudah tahu ada hal yang seharusnya tidak dilakukan, tetapi dilakukannya. Ada hal yang baik yang tidak dia lakukan karena ia mendahulukan nafsunya. Ada hal buruk yang tetap dia kerjakan karena mengikuti kesenangannya. Pak Mario Teguh berpesan di dalam Jawaban Final Discourse pada tanggal 13 Juni 2007 yang lalu:
Ada dua hal utama yang dilakukan orang untuk menyabotase pertumbuhannya sendiri, yaitu:

1. Melakukan yang seharusnya tidak dilakukannya.

2. Tidak melakukan yang seharusnya dilakukannya.
Berhubungan langsung dengan kalimat Pak Ontot selanjutnya:
Terbukti tidak sedikit orang tidak menyadari bahwa dirinyalah yang salah,
Pak Mario memberi nasihat sebagai berikut:
Dengan melakukan yang seharusnya tidak kita lakukan,
dan
tidak melakukan yang seharusnya kita lakukan,
kita mendapatkan kesulitan
yang seharusnya tidak kita dapatkan.

Dengannya,
sebetulnya kita menjadi pengundang masalah
dan kesulitan kedalam kehidupan kita sendiri.
Mario TeguhJawaban Final Discourse pada tanggal 13 Juni 2007
Pantas saja tidak sedikit orang yang tidak menyadari bahwa diri sendirinyalah yang mengundang masalah, karena ia tidak jujur dalam melakukan yang seharusnya, dan tidak jujur dalam menghindari yang seharusnya tidak dilakukannya. Karena itulah, ungkapan
malah menyalahkan orang lain.
adalah ke-tidak-jujuran yang mereka lakukan, yang merupakan lanjutan dari ketidak-jujurannya sebelumnya, dengan mencari kambing hitam di atas ke-tidak-jujuran bahwa dirinya-lah yang bertanggung jawab atas datangnya masalah yang menimpanya. Pak Ontot yang baik,Bapak sangat benar, bahwa:
Lalu ada yang berpendapat bahwa . . . ketika mata hati tertutup, maka orang tidak lagi tahu mana salah mana benar."
Ketika mata hati tertutup, orang tidak lagi bisa melihat mana yang salah dan mana yang benar. Meskipun mereka tahu mana yang salah dan mana yang benar, mereka tidak lagi bisa melihatnya, karena mata hati mereka tertutup. Pak Mario Teguh berpesan:
Hati yang jujur, menghasilkan tindakan-tindakan yang jujur(Mario Teguh, Honesty, is such a lonely word)
Pak Ontot yang baik, semoga bermanfaat.Terima kasih dan salam super,Ferry Zuljanna, SM 0230Senior Editor MTSuperClub 0811-222-839 Information Mapper
Pada tanggal 19/11/07, Ontot Murwanto <ont@telkom.co. id> menulis:
Dearest Ibu Lina, Pak mario dan sahabat Super Members yang berbahagia.

Teriring doa semoga email ini menyertai kita, keluarga MTSC dalam kesehatan yang prima dan penuh kedamaian, mengawali minggu yang penuh harapan ini.

Setelah saya mengikuti GMG 3000 kemarin, ijinkan saya menyampaikan beberapa catatan berikut ini;

1. Pertama saya sampaikan terima kasih kepada Pak Mario atas perhatiannya.
Pak Mario yang hebat, terus terang ketika kita berjabat tangan, kemudian Bapak sepontan mengatakan " hay . . .ini pak Ontot ! . . kalau begitu sekali lagi kita salaman . . .", wah saya senang sekali. Betapa tidak, kalau saya, kita yang mengenal pak Mario itu biasa !. Tapi kali ini Pak Mario yang mengenal saya, padahal hanya beberapa kali saya berkenalan lewat radio itupun sudah cukup lama.

2. Kedua saya sampaikan kagum untuk Ibu Lina.
Ibu Lina yang mengagumkan, . . .sungguh diluar bayangan saya sebelumnya, bahwa Ibu Lina ternyata begitu " Super". SELAMAT untuk Bapak Mario. mendapatkan Garwo yang Super!!!.

3. Untuk Sahabat MTSM
Jujur saya katakan, dengan menghadiri GMG tersebut menambah semangat dan kebahagiaan saya. Tidak hanya berkesempatan bertegur sapa dengan SM yang selama ini saling kenal di milis tetapi juga saya dikejutkan dengan sapaan SM yang ternyata 10 th lalau adalah rekan kerja, . .Iya kan Rachmawati ?? wah . . . pak Ontot senang anda sekarang menjadi pribadi sukses ,super . . . .!.

Lalu dengan hangatnya saya berjabat tangan dengan mbak Rani yang selama ini akrab di Udara, Lebih rame lagi dengan Mas Aldi . . . ayo mas, kita realisasi gagasan kemaren !!!.

Terima Kasih pak Adi Prakoso, . . .sapa hangat anda menjadikan saya berbahagia selaksa ketemu adik kandung yang 30 Th baru pulang dari LN.

Mana Ibu Lisa ????
Karena istri saya memilih menemani anak bungsu menghadiri suatu acara, sepulang saya dari GMG istri saya bertanya,; Mas, apakah ketemu juga dengan Ibu Lisa ?, . .. tidak jawab saya. . . . rupanya istri saya terkesan dengan khas ibu Lisa dalam mengajukan pertanyaan, komentar atau pendapat ketika mengikuti acara MTOF di Radio. Semoga Ibu Lisa senantiasa damai dalam lindunganNya.

Sahabat MTSM yang super, ijinkan saya minta bantuan . . . .,

Dalam presentasinya MT menasehatkan kepada kita bahwa . . .UNTUK MENJADI PRIBADI SUPER, KEKUATAN KITA HARUS MENGALAHKAN KELEMAHAN KITA.

Kita sepakat, karena kehendak Beliau yang maha kreatif dijadikanlah sifat positif dan negatif, baik dan buruk pada diri setiap manusia. Seperti juga Guru kita ( MT) jelaskan bahwa . . . .kita menuju ke hal yang "PUTIH" . . .yang maknanya adanya kebenaran (B).

Sepertinya kok tidak mudah untuk bisa secara jujur manusia memilah . . .ini sifat lemah/burukku dan ini sifat kuat/ baikku . .Terbukti tidak sedikit Orang tidak menyadari bahwa dirinyalah yang salah, malah menyalahkan orang lain.Lalau ada yang berpendapat bahwa . . .ketika mata hati tertutup, maka orang tidak lagi tau mana salah mana benar.

Semoga MTSM berkenan membagi kebaikan kepada saya, BAGAIMANA KITA MAMPU MENGIDENTIFIKASI KELEMAHAN DAN KEKUATAN KITA, DAN BAGAIMANA TIPS "MENGALAHKAN KELEMAHAN" sehingga yang DOMINAN adalah KEKUATAN/ KEBAIKAN.

Dari beberapa buku, artikel, cerita yang pernah saya ketahui tentang keberhasilan - ternyata banyaknya satuan waktu yang dibutuhkan untuk berhasil tidak ada yang sama, dan paling tidak hampir tidak pernah ada yang bisa mendefinisikan dengan tepat.Ada orang yang yakin bahwa untuk menjadi berhasil menjadi pebisnis adalah yang mau bekerja 16 jam sehari, bukan 8 jam sehari seperti pegawai kantor. Ada yang mengatakan, untuk berhasil kita harus bekerja lebih lama 1 jam daripada pesaing kita. Ada pula sebuah toko yang berhasil bertahan puluhan tahun, karena pemiliknya secara konsisten mempertahankan jadwal buka tokonya, yaitu buka jam 6 pagi dan tutup jam 8 malam, setiap hari tanpa kecuali.Saya berhasil bangun pagi setiap hari kerja, lalu mandi, berpakaian dalam waktu 30 menitSaya berhasil mencapai kantor dalam waktu 50-75 menitSaya berhasil makan siang hanya dalam waktu 20 menitSaya berhasil bermain bersama anak saya, selama 1.5 jamSaya sering berhasil tidur sebelum jam 2 malam dan bangun sebelum jam 6 pagiAkhirnya malam minggu lalu, saya berhasil makan di Rawon Setan di Surabaya.Sepanjang waktu kita berisi titik-titik yang dapat disebut titik keberhasilan. ..Pak Mario yang saya kagumi,Saya menyimpulkan waktu yang dibutuhkan kita untuk berhasil adalah :
24 jam sehari, 7 hari seminggu
Rata-rata manusia meninggal dunia antara usia 60 thn-70thn (mayoritas)Pukul rata manusia meninggal ± 65 th, beruntung yg diberikan umur panjang dan dimanfaatkan sisa umurnya.Baligh: usia dimana orang mulai dewasa / dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk selama hidup di dunia?Laki-laki Baligh ± 15 tahunWanita Baligh ± 12 tahunUsia Yang tersisa untuk kita manfaatkan kepada Tuhan dan keluarga kita pukul rata dengan rumus:MATI-BALIGH= sisa USIA ?????..65-15= 50 tahunLalu 50 tahun ini digunakan untuk apa saja ?Flowchart: Multidocument: Catatan: 50 tahun=12 jam siang hari12 jam malam hari24 jam satuharisatumalamMari kita telaah bersama.Waktu kita tidur ± 8 jam/hariDalam 50 tahun waktu yang habis dipakai tidur 18250 hari x 8 jam= 146000 jam=16 tahun, 7 bulan??di bulatkan jadi 17 tahunLogikanya : Alangkah sayangnya waktu 17 tahun habis di gunakan untuk tidur, padahal kita akan tertidur dari dunia untuk selamanya?Catatan: Yang lebih bermasalah lagi bagi mereka yang tumor alias tukang molor, bisa jadi 12 jam/hari =25 tahun habis tertidur!!! Hati-hati dengan penyakit TUMOR?Waktu aktivitas kita di siang hari ± 12 jamDalam 50 tahun waktu yang habis dipakai aktivitas:18250 hari x12 jam=219000 jam= 25 tahunAktivitas disiang hari : Ada yang bekerja, atau bercinta, ada yang belajar atau mengajar, ada yang sekolah atau kuliah, ada yang makan sambil jalan-jalan, ada pula yang gambling sambil maling?dan masih banyak lagi aktivitas lainnya yang tak pernah bisa disamaratakan satu dengan yang lain??..Waktu aktivitas santai atau rilexsasi ± 4 jamDalam 50 tahun waktu yang dipakai rileksasi 18250 hari x 4 jam= 73000 jam = 8 tahunRealisasi rileksasi: biasanya nonton tv sambil minum kopi, ada pula yang belajar mati-matian/ bikin contekan habis-habisan buat ujian, atau mungkin dihabiskan termenung di buai khayalan??17 tahun + 25 tahun + 8 tahun = 50 tahun Plus plos/ BalanceTidur??Ngelembur? NganggurLalu kapan waktu yang dibutuhkan untuk menuju sukses ?Padahal manusia diciptakan-Nya tiada lain dan tiada bukan untuk semua dan segalanya hanyalah berbuat baik dan menjadi manusia besar kepada-Nya yaitu tuhan yang menciptakan waktu, karena satu hal yang pasti kita akan kembali ke padanya(tuhan) .Maut datang menjemput tak pernah bersahutMalaikat datang menuntut untuk merenggutManusia tak kuasa untuk berbicaraTuhan Maha Kuasa atas syurga dan Neraka?Memang benar! kuliah itu ibadah, kalau niat kuliahnya untuk ibadah, lha wong kita mah kuliah mau nyari ijazah, bakal nanti bekerja agar mudah mencari nafkah?Memang benar ! Bekerja cari nafkah itu ibadah, tapi bekerja yang bagaimana? Orang kita bekerja sikut sanah sikut sinih, banting tulang banting orang, tujuan utamanya cari uang buat beli barang-barang biar dipandang orang-orang? ..jarang orang menolak untuk di puji dan di puja tatkala mereka berjaya ?Pernah kita membaca bismillah saat hendak berangkat kuliah tapi sayang hanya sekedar pernah?Pernah kita berniat mulia saat hendak mencari nafkah, tapi semuanya terlupa ketika melihat gemerlapnya dunia.Lalu kapan memperhitungkan dan memanfaatkan waktunya untuk mengabdi?Oh mungkin saat beribadah kepada tuhan itu dianggap cukup ?!Karena kita pikir; beribasah begitu besar pahalanya, beribasah amalan yang dihisab paling pertama, beribadah/berdoa jalan untuk membuka pintu syurga???Kenapa kita harus cukup kalau ibadah kita hanyalah kita !Berapa ibadah kita dalam 50 tahun ?1x ibadah = ± 10 menit ?..5x berdoa ± 1 jamDalam waktu 50 tahun waktu yang terpakai sholat(bagi yang beragama islam)=18250 hari x I jam =18250 jam= 2 tahunini dengan asumsi semua sholat kita diterima oleh tuhan kita.Kesimpulan: waktu yang kita manfaatkan dalam 50 tahun di dunia cuma 2 tahun untuk sholat????2 tahun dari 50 tahun kesempatan kita?.itupun belum tentu sholat kita bermakna berpahala dan di terima..Dan sekiranya sholat kita selama 2 tahun berpahala rasa-rasanya tidak sebanding dengan perbuatan dosa-dosa kita selama 50 tahun; dalam ucap kata kita yang selalu dusta, baik yang terasa maupun yang di sengaja, dalam ucap kata kita yang selalu cerca terhadap orangtua, dalam harta kaya kita yang selalu kikir terhadap orang faqir, dalam setiap laku langkah kita yang selalu bergelimang dosa.Logika dari logikanya:Bukan satu yang tidak mungkin kita umat di akhir jaman akan berhamburan di neraka untuk mendapatkan balasan kelalaian.Terlalu banyak waktu yang terbuang percuma selama manusia hidup di dunia dan semuanya itu akan menjadi bencana.email dari afriyan firdausPosted by y3dips at 11:27 PM jadi kesimpulan jawaban dari Berapa banyakkah - tepatnya, waktu yang kita butuhkan untuk mencapai keberhasilan?Solusi:Tiada kata terlambat walaupun waktu bergulir cepat, isilah dengan sesuatu apa yang bermanfaat . Jangan di tunda-tunda lagi?Ingat waktu sangat cepat jika tidak mengikuti waktu maka maut akan datang kepada siapa saja, dimana saja dan kapan saja. sukses dalam hidup adalah tujuan kita yang terakhir ! Apakah kita siap menggunakan waktu sekarang ? maka waktu yang tepat untuk kita butuhkan adalah hari ini tanpa adanya lalai,malas, egoiswaktu yang ikhlas lah yang disebut sukseskarena menghadapi 1 hari dengan ikhlas maka akan mendapatkan waktu yang sukses sepanjang hidupnya.

WHAT IS THE EXACT TIME NEEDED TO SUCCEED?
Berapa banyakkah - tepatnya, waktu yang kita butuhkan untuk mencapai keberhasilan?


Apakah yang dimaksud dengan keberhasilan itu ?

Keberhasilan pribadi yang pertamaadalah keberhasilan menjadi pribadi yang utuh
(MT - Jawaban Final Discourse 17 Juli 2007)


Apakah yang dibutuhkan oleh sebuah keberhasilan ?

Keberhasilan membutuhkan kesungguhan - bukan hanya kesungguhan - tetapi kesungguhan untuk menjadi pribadi yang utuh; yang menjadi pembayar biaya utama untuk mencapai impian (MT).


Jadi....

Banyaknya waktu yang dibutuhkan, setepat-tepatnya, adalah sebanyak waktu yang digunakan (kita habiskan) untuk mendatangkan (atau memunculkan) pembayar biaya utamanya (waktu yang dibutuhkan adalah sepanjang perjuangan kita untuk menjadi pribadi yang utuh).

WHAT IS THE EXACT TIME NEEDED TO SUCCEED? Berapa banyakkah - tepatnya, waktu yang kita butuhkan untuk mencapai keberhasilan?Jawaban saya, waktu yang kita butuhkan untuk mencapai keberhasilan itu adalah 100%.Alasannya, ijinkan saya mengutip penggalan discourse Pak Mario berikut ini.( Lalu, mengapakah kira-kira Tuhan menggunakan kata-kata: “Demi masa …”?
Waktu itu penting, karena hidup ini diukur dalam penggalan waktu, dan bahwa nilai kehidupan kita ditentukan oleh nilai yang kita bangun di dalam penggalan-penggalan waktu dalam kehidupan kita.
Tetapi akan ada saja pribadi yang sebetulnya masih membutuhkan banyak pertolongan – tetapi yang menyia-nyiakan waktu. Bila Tuhan sendiri demikian menghormati waktu, kira-kira sepenting apakah yang dia pikirkan dirinya itu - sehingga dia bisa merasa lebih berkuasa untuk mengabaikan waktu?
Waktu tidak berjalan sama cepatnya bagi setiap orang.
Bagi orang yang menyia-nyiakan waktu – waktu berjalan lambat. Tetapi yang sedikit disadari orang adalah kenyataan bahwa waktu yang berjalan lambat itu adalah waktu yang pendek – yang menghasilkan sedikit.
Bagi Anda yang menghargai waktu – waktu berjalan cepat. Dan, yang harus Anda syukuri adalah keajaiban bahwa waktu yang berjalan cepat itu adalah waktu yang panjang – yang menghasilkan banyak.
Itu sebabnya, dua orang yang memiliki penghormatan yang berbeda terhadap waktu – akan bertemu pada usia yang sama, tetapi saling memandang kepada satu sama lain dari ketinggian yang berbeda.
Bila Tuhan berkenan, Beliau akan menjadikan kita apa pun yang kita mohonkan dari Beliau.
Sebetulnya apa pun yang kita kerjakan atau yang tidak kita kerjakan – tidak membatasi kewenangan Tuhan untuk menjadikan kita sebagai apa pun yang kita idamkan.
Tetapi, Tuhan telah menetapkan bahwa dia yang berupaya bagi kebaikan hidupnya – berhak bagi peningkatan kualitas hidup. Beliau Maha Menepati Janji, karena bahkan orang-orang yang mengupayakan kekayaan dengan cara-cara yang tidak direstui Tuhan pun – akan diijinkan-Nya berhasil, meskipun hanya untuk masa yang terukur.
Jadi, bukan pekerjaannya saja yang penting, tetapi terutama niatan dan kualitas dari pengerjaannya yang harus mengundang perkenan Tuhan. - Mario Teguh Live Discourse; Mengundang Campur Tangan Tuhan).

Exactly?

Hm.... agak sulit, maybe about 10 seconds, right after waking up, still lying down in bed, in the morning. I say: "Dearest God, help me succeed only in good things I will do today" - close my eyes and say "Bismillah - with your name, dear God, I am starting my day"

Setelah itu bangun, stretching, sholat subuh, mandi dll.... sebelum berangkat, saya bilang "Tuhan, jangan lupa lho ya.... saya minta dibantu hari ini..."

Reason behind it: a simple thought that I will not succeed without making decision to succeed....and decision to believe that God is there with me, no matter what.

Kita hidup di dunia ini adalah untuk melangsungkan hidup dengan mencapai kecemerlangan kualitas kehidupan.Seorang Atlit kelas dunia tidak lah bekerja keras berlatih untuk mengalahkan orang lain, dia bekerja keras untuk mencapai kualitas - kualitas yang belum pernah dicapainya. (MT)Nah dari kalimat diatas dapat saya ambil kesimpulan bahwa keberhasilan seseorang sangatlah tergantung dari diri pribadi, sejauh mana kita mau mengupayakan dengan mengejar kualitas yang belum pernah kita capai.
WHAT IS THE EXACT TIME NEEDED TO SUCCEED?
Berapa banyakkah - tepatnya, waktu yang kita butuhkan untuk mencapai keberhasilan?
Karena itu saya mengambil kesimpulan dari jawaban pertanyaan quiz adalah sebagai berikut:Waktu yang tepat yang kita butuhkan untuk mencapai keberhasilan adalah :60 detik X 60 Menit X 24 Jam = 86.400 detik per hari7 Hari X 52 Minggu = 364 Hari setahunMengingat keberhasilan dapat datang setiap saat, pada saat kita siap, maka saya menyimpulkan jawabannya adalah seperti tersbut diatas.Namun semuanya adalah tergantung dari kesiapan kita dan kerja keras kita dengan melakukan yang terbaik dari apapun yang sedang kita lakukan dan kita untuk SIAP menerima keberhasilan, karena kita akan mendapatkan yang terbaik dari hasil yang telah kita kerjakan.

Karena waktu yang disedikan bagi setiap kita adalah sama, maka banyaknya waktu yang kita butuhkan untuk mencapai keberhasilan adalah dalam jumlah yang sama dengan upaya kita untuk mencapai keberhasilan itu, dan itu berarti setiap urutan waktu adalah waktu yang tepat untuk mencapai keberhasilan.

dan karena waktu tidak akan perduli dengan kita; maka - bila kita merasa belum mencapai sebuah keberhasilan, ketepatan cara dan peningkatan upayanya adalah mutlak yang harus kita perbaiki.

Berapa banyakkah - tepatnya waktu yang dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan ?

Jawaban yang bisa saya sampaikan adalah satu waktu.

Keberhasilan adalah universal pengertiannya, dan masing masing individu mempunyai kriteria keberhasilan berdasarkan kepada targetnya masing masing, karenanya untuk mencapai keberhasilan akan membutuhkan waktu, apakah ia melakukan atau tidak, memulai atau menunda kedua duanya menggunakan waktu tetapi hanya satu yang memiliki kesempatan untuk berhasil (MT-Why Not Now ?) sehingga berapa banyak waktu yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan itu tergantung kepada keberhasilan individu itu mencapai target targetnya, dan hanya satu yang memiliki kesempatan berhasil.

Keberhasilan selalu dihubungkan dengan nilai kebaikan dan nilai positif, sebesar apa itu nilai kebaikan dan arahnya menuju positif akan dinyatakan berhasil dan waktunya tentunya relatif terhadap pencapaian itu, karena tugas kita bukanlah untuk berhasil, tugas kita untuk mencoba dan dalam mencoba itulah, ada kesempatan berhasil (MT- Five star mistakes) sehingga banyak - banyaklah untuk mencoba.
WHAT IS THE EXACT TIME NEEDED TO SUCCEED?
Berapa banyakkah - tepatnya, waktu yang kita butuhkan untuk mencapai keberhasilan?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ijinkan saya menuliskan directional question atas pertanyaan MT Quiz tersebut.

- Apa yang disebut dengan keberhasilan?
Keberhasilan adalah mencapai atau mendapatkan yang menjadi impian hati.

- Bagaimana caranya mencapai keberhasilan?
Keberhasilan bisa dicapai dengan tiga hal : pertama adalah dimulai, sebab tanpa dimulai maka pekerjaan apapun tidak akan pernah selesai. Pepatah mengatakan, bahwa seribu langkah harus dimulai oleh langkah yang pertama. Yang kedua adalah kerja keras, tidak cukup kerja cerdas. Sebab orang yang bekerja cerdaspun akan diharuskan dengan bekerja keras dalam mencapai impiannya. Dan yang ketiga adalah jadikan diri ini penting bagi orang lain. Sebab tidak ada keberhasilan tanpa melibatkan orang lain.

- Berapa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan?
Jika cara-cara yang dilakukan sudah tepat, maka keberhasilan adalah hak. Jadi semakin tepat melakukan cara mencapai keberhasilan, maka semakin cepat keberhasilan itu dicapai.

Mudah-mudahan jawaba saya ini menjadi penjelas bagi saya dalam mencapai impian-impian hati

Menurut saya, adalah hal yang musykil untuk menjadikan waktu sebagai hal yang dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan, karena pada sisi yang sama, terdapat pertanyaan Berapa banyakkah - tepatnya, waktu yang kita butuhkan untuk tercapainya kegagalan?

Keberhasilan, seyogyanya tidak membutuhkan waktu karena kegagalan juga tidak dikarenakan tiadanya waktu.

Keberhasilan bukanlah fungsi waktu, melainkan fungsi dari upaya baik dan kesungguhan.
Kesungguhan itu bentuk terlihat dari motivasi yang kuat.
Hanya orang yang memiliki motivasi kuat yang mampu bersungguh-sungguh.

Semakin banyak dan berkualitas upaya baik serta kokohnya karang kesungguhan, maka keberhasilan itu demikian banyak, dekat dan nyata - yang kemudian membentuk perjalanan hidup yang dikenal orang sebagai sebuah pribadi yang berhasil.

Bagi seorang bayi yang meninggal 1 jam setelah proses kelahiran, dia hanya memenuhi jam waktu untuk keberhasilannya.
Bagi seorang anak berumur 2 tahun, dia hanya memenuhi 2 tahun waktu untuk keberhasilannya.
Bagi seorang manusia terbaik, beliau hanya memenuhi 63 tahun untuk keberhasilannya.
Bagi seorang koruptor yang telah ditembak mati di China, dia memenuhi waktu hidupnya untuk sebuah kegagalan.

Berapa banyakkah? Tidak banyak, bahkan sebenarnya tidak ada.

Terima kasih atas kesempatan berbagi pengertian sederhana, di ruang keluarga yang super ini.

WHAT IS THE EXACT TIME NEEDED TO SUCCEED?
Berapa banyakkah - tepatnya, waktu yang kita butuhkan untuk mencapai keberhasilan?

Untuk mencapai Keberhasilan waktu yang kita butuhkan tidak terbatas.

Keberhasilan datang dari kejelasan dan pelaksanaan prima dari fundamental- fumdamental keberhasilan.
( MT- The Rules of Fundamentals)

Untuk mencapai keberhasilan kita sendiri yang menentukan kapan dan berapa lama kita bisa mencapainya.

Anda – adalah alasan bagi keberhasilan Anda.
(MT- We Live To Become)

Keberhasilan tidak tergantung kepada – atau ditentukan oleh lingkungan Anda dan tidak juga oleh tingkat pendidikan, bukan oleh ketersedian modal, dan yang pasti bukan karena nasib yang diramalkan oleh orang lain.
Anda adalah alasan bagi keberhasilan Anda sendiri; maka pastikan bahwa Anda memusatkan perhatian Anda kepada diri sendiri. Anda tidak akan menjadi baik bagi siapapun, bila Anda tidak baik bagi diri Anda sendiri.
Sebuah jalan yang menuju kkota tujuan Anda-hanya menuju ke kota itu, tetapi tidak akan membawa dan mengantarkan Anda kegerbang kota itu. Anda harus membawa diri Anda sendiri.
Sehingga, dari semua tuntunan untuk mencapai kecermelangan hidup yang paling utama adalah tuntunan untuk menjadikan diri Anda sebagai penyebab bagi keberhasilan Anda sendiri

Keberhasilan pribadi yang pertama
adalah keberhasilan menjadi pribadi yang utuh
(MT - Jawaban Final Discourse 17 Juli 2007)

Keberhasilan membutuhkan kesungguhan - bukan hanya kesungguhan - tetapi kesungguhan untuk menjadi pribadi yang utuh; yang menjadi pembayar biaya utama untuk mencapai impian (MT).

Sebuah pertanyaan yang menurut saya, sangat relatif (berbeda) untukmasing-masing individu. Keberhasilan adalah sebuah proses, bukan hasilakhir dari suatu kondisi. Oleh karena itu, keberhasilan adalah suatuhal yang bisa membutuhkan waktu seumur hidup untuk mencapainya, karenahidup adalah suatu proses keberhasilan itu sendiri.Berikut saya kutipkan sms yang sangat super yang pernah saya terimadari salah seorang rekan saya, yang sekiranya bisa mewakili untukmenjawab pertanyaan guru kita.Jalan menuju bahagia dan sukses tidak selalu lurus,ada tikungan bernama kegagalan,ada bundaran bernama kebingungan,ada tanjakan bernama teman,lampu merah bernama musuh,lampu kuning bernama keluarga.Engkau akan mengalami ban kempes dan pecah ban, itulah HIDUPtapi jika engkau membawa ban serep bernama TEKAD,mesin bernama KETEKUNAN,asuransi bernama IMAN,dan mempercayakan kemudi kepada TUHAN,sampailah di daerah yang disebut SUKSES.

1 komentar:

  1. makasih artikelnya tentang motivasi.
    semoga sukses
    maju yerus pantang mundur

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.