Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Minggu, 27 Juli 2008

Menulis, Sebuah Kreativitas yang dapat dimunculkan


Banyak orang tidak sanggup untuk menulis. Mengapa? Karena keterampilan ini hanya bisa muncul kalau kita banyak membaca buku. Menulis dan membaca adalah satu kesatuan utuh. Itu sudah hukumnya, kata Mas Hernowo penulis buku best seller "Mengubah Sekolah". Artinya, membaca dan menulis merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan, bagaikan Romeo dan Yuliet. Saling memberi dan menerima (take and give).


Menulis itu ibarat pisau yang tajam. Bila tidak terus diasah, akan mengakibatkan pisau menjadi tumpul dan berkarat. karena itu menulis adalah sebuah keterampilan yang harus dikuasai karena melalui proses yang cukup panjang. Tidak sekali jadi. Semua berproses, melalui latihan dan latihan langsung praktek sehingga tulisan yang dibuat menjadi bermakna bagi yang membacanya. Perlu sebuah kreativitas untuk menulis yang enak dibaca dan bermanfaat. Kreativiats muncul, bila terus didorong melalui berbagai latihan, termasuk latihan menulis.



Kalau guru ingin anak didiknya pandai menulis, maka guru itu harus memulainya dari dirinya dulu. Guru akan merasakan bagaimana sulitnya memulai menulis. Bila menulis sudah sering dilakukan oleh para guru sendiri, maka guru akan merasakan nikmatnya menulis. Mengapa? Dengan makin sering menulis, guru akan dapat membuat sendiri bahan atau materi yang akan diajarkannya kepada anak didiknya. Bila tulisannya bagus dan sudah banyak, maka akan dapat menjadi sebuah buku pelajaran yang layak untuk dicetak.



Karena itu budayakan kebiasaan menulis di sekolah kita dari sekarang. Ajaklah anak didik kita untuk juga ikut menulis. Bila budaya menulis sudah tumbuh diantara guru dan anak didiknya, maka akan meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada di sekolah. Kreativitas akan muncul dari proses menulis itu. Akan terlihat mana guru yang kreatif, dan mana yang tidak dari proses menulis itu. Begitupun dengan peserta didik kita. Akan ketahuan mana anak yang terbiasa menulis, dan mana yang tidak terbiasa menulis. Anak harus didorong untuk dapat memunculkan kreativitas menulis. Potensi menulis mereka akan muncul bila sudah terbiasa menulis.



Menulis dapat membangun kreativitas anak. Menulis dapat mendidik anak kita menciptakan sesuatu. Menciptakan buah pemikiran yang ada dalam otak peserta didik. Menelurkan ide ke dalam bentuk tulisan bukanlah pekerjaan mudah. Dibutuhkan sebuah pembelajaran kreatif agar proses kreatif itu muncul. Guru dan orang tua harus mampu mendorong anak-anaknya agar mampu mengembangkan kecakapan kreatif melalui menulis. Jadi guru harus dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif, agar menulis menjadi pelajaran yang disukai oleh anak.



Pembelajaran yang kreatif adalah pembelajaran yang mampu mendorong kreativitas dan potensi siswa. Perlu terobosan baru dari guru-guru di sekolah. Untuk itu, para guru ditantang untuk mampu menciptakan proses pembelajaran yang bisa mengelaborasi antara materi pelajaran teori dan praktik secara menarik.



Kesempatan mengembangkan pembelajaran yang lebih kreatif itu sebenarnya cukup terbuka, apalagi dengan penerapan KTSP yang memberikan otonomi pendidikan pada sekolah masing-masing. Karena itu sekolah dan guru harus mampu memanfaatkan potensi mereka untuk menemukan cara mengajar yang demokratis dan mampu menggali potensi diri setiap siswa.



Belajar di kelas sekarang ini tidak bisa lagi satu arah. Justru guru yang harus berkreasi bagaimana materi pelajaran yang disampaikannya bisa dipahami secara baik oleh siswa. Oleh karena itu mari memulainya dengan cara menulis. Menulis adalah sebuah kreativtas yang dapat dimunculkan oleh guru dalam mentransfer ilmunya. Bisa lewat pembuatan blog di internet atau bisa juga mewajibkan anak didiknya menulis diarynya setiap hari. Semoga



Wijaya Kusumah

Guru TIK SMP Labschool Jakarta
Hp. 0815 915 5515

http://wijayalabs.wordpress.com


74 komentar:

  1. Postingnya sangat bagus,jadi bisa belajar bahwa menulis itu tidak se simple yg kita pikir,menulis pun merupakan kreativitas

    BalasHapus
  2. Buat anak Labschool, tolong saya diberikan komentar dari tulisan yang saya buat. Terima kasih.

    Omjay

    BalasHapus
  3. saya setuju dengan posting bapak Wijaya. menulis itu memang susah apalagi kalau tidak punya ide, tidak semua orang bisa menulis dengan benar dan bagus tapi semua orang bisa mencoba untuk menulis, dan menulis juga harus dengan EYD yang benar

    BalasHapus
  4. Menurut saya, yang dikatakan oleh Omjay adalah 100% benar. karena menulis adalah sebuah kreativitas yang tinggi. tidak hanya murid yang diwajibkan untuk menulis dengan kreatif, tetapi juga gurunya. apabila guru ingin muridnya menjadi kreatif, harus dimulai dari dirinya sendiri.

    BalasHapus
  5. menurut saya menulis itu cukup penting jika ingin membuat komik,karena sebelum kita membuat bagan komik kita harus memiliki imajinasi tinggi untuk menulis naskah komik itu.Pak Wijaya,menurut saya tulisan bapak kali ini sangat kreatif!menulis itu memang awal dari mengembangkan semua kreatifitas kita!shela

    BalasHapus
  6. bagus..pa,saya menjadi lebih semangat ingin membuat cerpen.dgn bapa menulis artikel seperti itu saya akan mengembangkan kreativitas saya dalam mengembangkan kata-kata.

    BalasHapus
  7. bagus,, pak... menarik temanya.. saya ja gk pernah kepikiran tma itu... hehehehe... top deh pak.. hehhehe... saya juga bisa bljr dari situ..

    BalasHapus
  8. menurut saya sangat menarik,karena untuk belajar menulis juga membutuhkan waktu yg lama dan kita dapat menuangkan pikiran dan kreativitas kita.

    BalasHapus
  9. Saya Sangat setuju dengan kata kata pa wijaya karena sekarang hanya sedikit anak anak yang mempunyai bakat menulis dengan baik karena itu mungkin saja dengan ada anak yang membaca kata kta pa wijaya dia adalah calon penulis besar masa depan indonesia terima kasih pa wijaya

    BalasHapus
  10. kreatif sekali
    blog bapak bagus
    saya akan belajar bikin blog jg

    trima kasih

    BalasHapus
  11. Bagus! Artikel ini membuat saya sadar bahwa mengarang itu mudah mudah susah. Dan, saya sadar bahwa hal yang menurut kita mudah tidak selalu sepenuhnya mudah

    BalasHapus
  12. blog ini sangat menarik karena blajar menulis itu tidaklah mudah, karena itu kita harus kreativ jika ingin menulis

    BalasHapus
  13. Saya setuju dengan pendapat bapak wijaya,bahwa menulis itu tidak mudah seperti membalik sebuah telapak tangan.

    BalasHapus
  14. Rachmad Rizki R {Ais}3529 Juli 2008 14.09

    Blognya bagus omjay he he he.
    Apalagi posting yang tentang Menulis sebuah kreativitas yang dapat dimunculkan.kita bisa tahu kalo mengembangkan kreativitas lewat tulisan.Thank you om jay

    BalasHapus
  15. saya setuju dengan bapak, karena menulis membutuhkan kreatifitas. dan postingnya sangat bagus.

    BalasHapus
  16. sayasuka blog omjay karena menarik,menulis pun tidak semuda yang kita pikirkan.Jadi kita harur semangat

    BalasHapus
  17. echahahahaa !29 Juli 2008 14.15

    Posting yang OmJay buat sangat bagus, karenanya saya jadi termotivasi untuk menulis dan berkreativitas, mudah2an yang lain juga termotivasi.. Sukses terus buat OmJay !

    BalasHapus
  18. postingnya bagus, kalau di telusuri lagi memang menulis di perlukan keahlian khusus dan juga perlu imajinasi yang kuat tapi kita dapat mencoba

    BalasHapus
  19. assalamu'alikum pak . sya shasha klas 7 group 6 .
    mengenai blog bapak sangat edukatif . slah satunya ttg artikel "menulis, sebuah kreativitas yang dapat dimunculkan" . itu benar klw menulis tidak semudah yg kita bayangkan .tetapi menulis membuat kita lebih kreatif dan dapat berimajinasi .

    BalasHapus
  20. ok om Jay saya setuju dengan pendapat om Jay karena menulis itu tidak mudah harus memerlukan imajinasi yang luas dan untuk mendapatkan imajinasi itu kita memerlukan situasi yg baik karena situasi yg baik menimbulkan imajinasi yg baik juga. dan dari menulis kita memerlukan kreativitas tinggi [maaf kalo sok akrab]

    BalasHapus
  21. posting luar biasa .ini bisa membangkitkan semangat menulis orang-orang .keren!

    BalasHapus
  22. blognya bagus.ternyata menulis itu tidak segampang yang kita bayangkan.dan menulis juga bisa meningkatkan kreativitas yang kita punya!

    BalasHapus
  23. Rizky Irvandi29 Juli 2008 14.20

    Postingnya bagus,menulis itu ternyata membutuhkan KREATIVE.

    BalasHapus
  24. blognya bagus.ternyata menulis itu tidak segampang yang kita bayangkan.dan menulis juga bisa meningkatkan kreativitas yang kita punya!

    BalasHapus
  25. posting luar biasa .ini bisa membangkitkan semangat menulis orang-orang .keren!

    BalasHapus
  26. postingnya sangat luar biasa,ternyata menulis itu membangun kreatifitas anak

    BalasHapus
  27. postingnya bagus sekali pak. menulis memang susah.

    BalasHapus
  28. mithacendol114.blogspot.com29 Juli 2008 14.23

    Postingnya bagus.Dapat membuat kita lebih menghargai tulisan.Bikin lagi,pak!

    BalasHapus
  29. Dengan tulisan itu menurut saya ternyata menulis itu susah tidak seperti yang dikira orang,tapi dengan kreativitas menulis jadi menyenangkan.Omjay menulis artikel itu 100% BENAR!

    BalasHapus
  30. menurut saya blog bapak bagus banget, karena kalau tidak membaca kita tidak akan dapat informasi !!! kalau tidak mendapat informasi kita akan menjadi bodoh dan kalau kita bodoh kita akan jadi miski !!!

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Pak Wijaya blog nya bagus.Banyak posting yang bpk. kirim disini juga bagus. saya bisa belajar bahwa menulis adalah sebuah kreativitas.....

    ^__^

    BalasHapus
  33. menurut saya,posting Pak Wijaya sangat bagus.Ternyata,menulis itu memang tidak segampang yang orang kira,,
    tetapi,dengan menulis kita jadi bisa menumbuhkan kreativitas kita ke dalam tulisan kita.
    selain itu,saya setuju dengan kata-kata Pak Wijaya soal guru harus mendorong murid-muridnya agar dapat menunjukkan kreativitas menulisnya itu.karena kadangkala murid susah untuk mengekspresikan krativitas menulisnya itu.
    sekian dan terima kasih.hhee..

    BalasHapus
  34. Ternyata Bapak Itu Sangat Kreatif Dalam memposting Blog bisa dibuktikan dari blog bapak yang isinya bagus ini.

    BalasHapus
  35. sangat bagus postingnya.blog bp. tlah memberi pengetahuan yg luas.saya jadi mengerti bahwa untuk menulis itu di butuhkan sebuah kreatifitas agar menjadi bacaan yg enak untuk di baca

    BalasHapus
  36. Saya Ficananda dari kelas 7F menurut saya tulisan bapak sudah bagus dan saya harap tilisan bapak bisa dikembangan dan bisa lebih bagus dari tulisan ini.

    BalasHapus
  37. Menurut saya tulisan bapak sudah bagus dan saya harap tulisan bapak dapat dikembangkan agar tulisannya dapat lebih bagus dari ini.

    BalasHapus
  38. oke,,,postingnya keren banget.
    setuju kalo menulis itu susah karena membutuhkan pikiran yang tenang dan kreativitas yang hebat.Itu membuat saya menghargai tulisan orang lain...

    BalasHapus
  39. postingnya keren dan bagus.Dengan ini membuat saya mengerti betapa sulitnya menulis..

    BalasHapus
  40. Postingnya, sm Blognya bagus bgt pak saya harap kl saya punya blog, saya ingin blognya seperti punya bapak

    Nabila S. Grup 5 31

    BalasHapus
  41. MENURUT SAYA KARYA PAK WIJAYA SANGAT BENAR SEBAB MENULIS SEBUAH KETERAMPILAN YANG DAPAT DIKREATIEKAN MENJADI LEBIH BEGUS KEMBALI.

    BalasHapus
  42. MENURUT SAYA POSTING PAK WIJAYA SANGAT BENAR MENULIS ADALAH SEBUAH KETERAMPILAN YANG SANGAT BAGUS UNYUK DIKREATIFKAN

    BalasHapus
  43. menurut saya posting pak wijaya ini bener sehindd anak-anak dapat mengkreatifkan tulisanya

    BalasHapus
  44. Ass Wr. Wb. menurut saya posting Bapak Wijaya sangat bagus.Saya setuju dengan pendapat bapak kalau menulis itu harus terus di latih dan kalau tidak di latih kita akan susah dalam menulis dan merasa tidak nyaman dalam menulis.Salah satu contoh untuk berlatih dalam menulis adalah mebuat sebuah cerpen

    Fathirah R. Putri 7F

    BalasHapus
  45. Sebenarnya andaikata sejak kecil kita sudah dibiasakan membaca. Nantinya gampang buat menulis. Sayangnya saya waktu kecil dulu kurang suka jadi kalau disuruh ngarang kurang bisa.

    BalasHapus
  46. bagus untuk anak yang belum tau informasi, dan dapat membantu kita untuk tau informasi di sekolah

    BalasHapus
  47. postingnya bagus. blog bpk. membuat kita sadar, bahwa menulis dan membaca tidak semudah yang kita lihat.

    BalasHapus
  48. blog pak wijaya sangat bagus sekarang saya menjadi tahu bahwa membuat blog itu sangat sulit tidak segampang yg saya kira. dan senangnya lagi kemarin saya memakai komputerbaru di labschool tapi sedihnya internet di ruang komputernya lemot/lambat dan sedihnya pula labschool kebakaran.
    semoga saya bisa membuat blog bagus seperti blog pak wijaya

    BalasHapus
  49. blog pak wijaya bagus sekali ya! saya jadi tahu hal yang saya belum tahu, dan saya setuju dengan posting bapak yang satu ini, karena menulis memang penting jadi harus sering dilakukan

    BalasHapus
  50. Postingnya menaarik.Memang menulis membutuhkan proses yang lama.Tidak instan.

    BalasHapus
  51. Postingnya menaarik.Memang menulis membutuhkan proses yang lama.Tidak instan.

    BalasHapus
  52. postingnya bagus kok pak! posting bapak membuat saya jadi makin ingin untuk menulis yang penuh dengan kreativitas.

    BalasHapus
  53. betul banget pak. ternyata mengarang itu merupakan hal yang menyenangkan..tapi sebelum saya membaca artikel bapak saya tidak suka mengarang. tapi sekarang jadi suka mengarang.. terima kasih ya pak atas artikelnya...

    BalasHapus
  54. blog milik pak wijaya bagus sekali, dulu saya kira membuat blog tu mudah ternyata susah sekali tapi pak wijaya telah membuktikan bahwa menulis itu mudah. tapi menurut saya masih saja susah apalagi jika sedang tidak memiliki ide sama sekali pasti akan sangat sulit dan bikin pusing. dan informasi yang ada didalamnya juga tidak kalah bagusnya, jadi jika ingin tahu tentang pak wijaya dan labschool saya harus membuka blog ini.

    muhammad irfan kelas 7e

    BalasHapus
  55. Smangat Om... hari-harimu penuh dengan tulisan termasuk dengan buku PTk mu yang hampir rampung itu..
    Mudah2n Buku itu jd motivasi bwt guru2 lain...
    smakin banyak yang di tulis...itu akan membuat tulisan Qta smakin baik..
    keep fighting ... om!
    terus kirimkan Tulisan mu itu melalu media cetak ataopun jang karya tulis ilmiah...
    _membaca...menulis...HASIL KARYA_

    Btw meng-Edit tulisanmu itu cukup menambah ilmu ku...

    BalasHapus
  56. saya ikut prihatin atas kebakaran yg terjadi di labschool jkt, untungnya kelas saya tdk terbakar sehingga saya bisa belajar seperti biasa,mudah2an labschool bisa seperti dulu lagi.amien



    muthia mz,grup 1.

    BalasHapus
  57. postnya bagus pak, saya setuju pak dengan isi post bapak

    BalasHapus
  58. Ternyata menulis itu tidak mudah butuh kretivitas dan tulisan kita juga harus jelas agar yang membaca mudah mengerti.

    BalasHapus
  59. Ternyata menulis itu tidak semudah yang kita bayangkan, perlu kreativitas dan tulisan itu sendiri harus jelas agar si pembaca mengerti maksudnya.

    BalasHapus
  60. Ternyata menulis itu tidak semudah yang dibayangkan, perlu kreativitas dan tulisan itu sendiri harus jelas agar mudah dimengerti oleh si pembaca

    BalasHapus
  61. posting pak wijaya sangat bagus.
    menulis itu bisa dilakukan dengan mudah asal banyak membaca buku.

    BalasHapus
  62. postingnya sangat bagus pak.
    bahwa menulis itu bisa dilakukan semua orang asal banyak membaca.

    BalasHapus
  63. posting pak wijaya sangat bagus.
    bahwa menulis itu bisa dilakukan semua orang,asal banyak membaca.setelah saya membaca posting bapak saya jadi ingin membuat karangan.





    raihani destari p. (35) 7e

    BalasHapus
  64. saya setuju, sayapun berpikir bahwa jika menulispun butuh berlatih, apalagi belajar,

    BalasHapus
  65. terima kasih pak, atas motivasinya, saya termotivasi untuk menulis karena saya paling malas dalam menulis. Saat di SD nilai menulis saya yang paling bagus hanya 8.00.
    Anyta Pinasthika
    Grup 5
    Absen 5

    BalasHapus
  66. Saya setuju banget dengan postingnya Pak Wijaya..
    Postingnya baguss!bahwa menulis itu adalah kreativitas yang sangat penting. kita jadi bisa mengembangkan bakat menulis kita.

    fiona 7e

    BalasHapus
  67. saya hanya bisa bilang bhagussss...buwat pak wijayaa posting- posting....nya baguss!!!
    hebat :D . icha 7e

    BalasHapus
  68. hebattt menurut saya posting nya bagussssss :D dengan menulis kita dapat melihat banyak inspirasiiiii hehehe... karna kalau kita menulis harus mempunyai ide ide yang tinggi dan ide ide itu didapatkan dari membaca dan orang yang banyak membaca pasti pintar dan banyak mengeluarkan kata2 yang sempurna waktu iya menulis atapun berbicara.....hihihih...

    icha 7e

    BalasHapus
  69. Saya setuju banget kalau menulis itu adalah pekerjaan yang tidak gampang dan menulis itu adalah sebuah kreativitas yang sangat penting



    fiona saldy...7E

    BalasHapus
  70. Thank you pa atas motivasinya untuk menulis, dulu waktu saya SD nilai saya anjlok waktu ulangan menulis semoga di SMP tidak seperti itu

    Anyta pinasthika 7E absen 5

    BalasHapus
  71. postingnya bagus pak. saya setuju. menulis itu sangat penting untuk membangun kreatifitas. menulis saat tidak punya ide memang susah. taoi semuanya pasti bisa menulis kok. saya setuju sama bapak.

    -sarah nabilah 7-f-

    BalasHapus
  72. saya setuju dengan pak Wijaya karena sekarang ini banyak anak anak yang tidak bisa menulis atau membaca oleh ikarena itu bersemangatlah untuk belajar menulis.

    BalasHapus
  73. Assalam.WR WB pak. sya Zahwa klas 7grup 4. Memang benar kata bapak,menulis itu memang merupakan kreativitas dan tidak bisa disepelekan begitu saja.Berkat blog bapak saya jadi termotivasi 100%

    BalasHapus
  74. Assalamualikum bapak!!! Saya suka tulisan bapak yang tentang 'menulis'. sya jadi pengen nulis juga. ha4718x!

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.