Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Kamis, 08 November 2012

Menjadi Guru Cerdas & Kreatif

Menjadi Guru Cerdas & Kreatif

Sabtu, 3 Nopember 2012 saya diminta untuk memberikan pencerahan kepada teman-teman guru di pendopo lama kota Tasikmalaya. Materinya menjadi guru kreatif dan menyenangkan. Sebuah materi yang harus saya bawakan selama 2 jam lamanya.
Menjadi Guru Cerdas dan Kreatif di Tasikmalaya
Menjadi Guru Cerdas dan Kreatif di Tasikmalaya
Selain saya, ada kang Pepih Nugraha (Jurnalis Senior Kompas) yang juga memberikan materi. Beliau menyampaikan materi tentang tips menulis gampang bagi guru. Beliau juga akan mengajarkan bagaimana cara mengatasi rintangan di saat akan mulai menulis. Tentu materi ini sangat bagus sekali untuk para guru di Tasikmalaya.
Pepih Nugraha (wartawan Kompas)
Pepih Nugraha (wartawan Kompas)
Setelah materi kang Pepih, materi pelatihan akan ditutup dengan materi Ice Breaker dari pak Kusumo. Semua materi itu terajut dalam sebuah pelatihan yang bernama pelatihan guru cerdas dan kreatif.
Pelatihan Guru Cerdas dan Kreatif
Pelatihan Guru Cerdas dan Kreatif
Senang sekali rasanya bisa berbagi pengalaman kepada teman-teman guru yang kreatif di kota tasikmalaya ini. Mereka terlihat sangat antusias sekali mengikuti pelatihan, padahal untuk mengikuti acara ini mereka harus keluar uang dari kocek pribadinya.
Untuk menjadi guru cerdas dan kreatif itu memerlukan perjuangan. Selain harus mampu untuk belajar sepanjang hayat, guru juga  harus mampu mencari ide-ide baru. Ide-ide baru itu bisa didapat dari internet dan mengikuti berbagai pelatihan. Salah satu cara yang diikuti oleh para guru dengan jumlah sekitar 200 orang di Tasikmalaya ini adalah pelatihan guru cerdas dan kreatif yang dikomandani oleh kang Usman Kusmana.
Kang Usman Kusmana (Ketua Panitia Pelatihan Guru Cerdas dan Kreatif)
Kang Usman Kusmana (Ketua Panitia Pelatihan Guru Cerdas dan Kreatif)
Kang pepih juga menambahkan. Lebih baik menjadi guru kreatif daripada guru cerdas. Guru kreatif akan jauh memberikan pencerahan kepada banyak orang. Apa yang dikatakan kang diamini banyak peserta yang hadir.
Namun alangkah baiknya, guru mampu untuk menjadi guru cerdas dan kreatif. Dengan menjadi guru kreatif, maka guru akan menemukan keunikannya tersendiri. Guru harus berani tampil beda agar mampu menjadi guru kreatif. Salah satu caranya adalah dengan memiliki kemampuan menulis.
Mas Kusumo, Trainer Ice Breaker
Mas Kusumo, Trainer Ice Breaker
Senang sekali bisa berbagi dan belajar menjadi guru cerdas dan kreatif di kota Tasikmalaya ini. Dalam hati saya berkata, ternyata guru-guru di Tasikmalaya cantik-cantik dan ganteng-ganteng euy!
Peserta Pelatihan Guru Cerdas dan Kreatif
Peserta Pelatihan Guru Cerdas dan Kreatif
Oh ya, foto-foto lengkap kegiatan ini dapat dilihat di facebook Omjay di sini.
Salam Blogger Persahabatan
Omjay

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.