Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Selasa, 19 November 2013

Cara Gampang Menjadi Penulis Produktif, dan Terkenal


Cara Gampang Menjadi Penulis Produktif, dan Terkenal



1344248679954556853
Spanduk Kegiatan Pelatihan Menulis di Aula BJB Depok

“Menulis, dan teruslah menulis. Sampai suatu saat akan ada orang lain yang menghargai tulisanmu. Akan ada orang yang menyukai gaya menulismu. Keajaiban akan datang bertubi-tubi seiring dengan banyaknya tinta yang kau goreskan.” (Omjay)

Presentasi Omjay di Pelatihan Guru Menulis
Presentasi Omjay di Pelatihan Guru Menulis

Sabtu, 5 Agustus 2012 saya diminta untuk menjadi nara sumber pelatihan guru kita menulis yang diadakan oleh Peduli Guru Kita (PEGITA). Tema yang diusung dalam pelatihan ini adalah “Cara Gampang Menjadi Penulis Produktif, dan Terkenal.“Sebuah tema yang sangat bagus sekali untuk memotivasi teman-teman guru dalam membuat dan menyusun sebuah buku. Baik buku dalam bentuk buku ajar maupunpengayaan. Baik fiksi maupun non fiksi. Semua materi pelatihan saya tuliskan di sini.
Peserta Pelatihan Guru Kita Menulis
Peserta Pelatihan Guru Kita Menulis
Ketua PEGITA, bapak Ali dan panitia pelatihan Ibu Rini menghubungi saya untuk mempersiapkan makalah dan slide presentasinya. Ada 150 orang guru yang telah mendaftarkan diri dan siap mengikuti acara ini yang akan dibuka langsung oleh bapak wakil walikota Depok, KH. Idris Abdul Somad MA, dan juga dihadiri oleh plt kepala dinas pendidikan Depok.
Peserta Pelatihan Guru Kita Menulis
Peserta Pelatihan Guru Kita Menulis
Senang sekali bisa berbagi ilmu menulis kepada temen-temen guru di aula bank jabar banten Depok. Saya melihat begitu banyak teman-teman guru yang sangat antusias di dalam pelatihan menulis ini. Hal ini terlihat dari semangat mereka ketika saya meminta mereka untuk berlatih menulis. Hasilnya sungguh luar biasa. Saya lihat banyak guru yang suka menulis, dan mulai menyusun tulisannya menjadi sebuah buku.
Omjay dan Peserta yang Mendapatkan Hadiah Buku Terbaru Omjay
Omjay dan Peserta yang Mendapatkan Hadiah Buku Terbaru Omjay
Sebuah tulisan peserta (Ibu Ratna) saya ambil dari hasil praktik langsung melihat gambar yang dilihat lalu dituliskan, dan saya posting di bawah ini.
Anak-anak kita sedang menanti kita. Mereka siap menerima ilmu dari kita. Sosok kita sebagai pemimpin dinanti-nantikan oleh mereka.
Lihatlah sosok yang di depan. Sosok itu ibarat kita, sebagai guru. Sebagai guru kita berdiri di depan, menjadi contoh murid-murid kita. Mereka mencontoh apa yang kita perbuat. Sebagai guru, mari kita buat diri kita sebagai contoh untuk anak-anak didik kita di sekolah.
Sebagai guru kita adalah pemimpin. Ayo pimpin anak didik kita dengan ilmu yang dikuasai. Ayo jadikan diri kita berkarya. Ayo kita belajar, karena kita di contoh anak didik kita. Ingatlah! Siapa yang berani menjadi guru, maka dia harus berani belajar.
Mari kita menjadi contoh terbaik buat anak didik kita. Mari kita beri tauladan yang terbaik buat peserta didik kita. Teruslah belajar dan menjadi contoh bagi anak-anak kita.
Bagus sekali isi tulisan di atas, walaupun ditulis hanya dalam waktu singkat saja, saya menghitungnya tidak lebih dari 2 menit. Saya pun memberikan hadiah buku kepada guru yang telah menuliskannya. Buku itu adalah buku terbaru saya yang berjudul TIK: Menulis Blog untuk Pendidikan.
Seorang peserta pelatihan mengirimkan email kepada penulis, dan berikut ini adalah isi emailnya.


1344249077975535619
Omjay di Pelatihan Guru Menulis
“Pelatihan Guru Menulis Bersama Omjay”

Bekerja dengan tidak sungguh-sungguh adalah penelataran hidup. Kalimat itulah yang tak dapat saya lupakan selama menyimak sambutan Wakil walikota Depok dalam rangka membuka Pelatihan Guru Kita Menulis pada hari Minggu tanggal 5 agustus 2012 di Ruang Pertemuan Gedung Bank Jawa Barat (BJB) Depok.

Pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh Yayasan PEGITA diikuti oleh 150 guru SD/MI dan SMP sekota Depok .  Semua peserta terlihat antusias.  Tak ada yang berbicara, bahkan berkedipun ditunda takut tertinggal moment sambutan yang lebih banyak berisi tantang motivasi menjadi penulis. Tapi santai.  Sesekali pererta tersenyum, nyengir mendengarkan sambutan yang diselinggi dengan kata-kata segar.

13442496711772658450
Bapak Wakil Walikota Depok memberikan sambutan di Pelatihan Guru Menulis
Tak lama Bapak  wakil walikota Depok sambutan. Setelah membuka acara, beliau menanda tangani sembar kertas berukuran A1 di bawah kalimat Pelatihan Guru Kita Menulis “Cara Gampang Menjadi Guru Penulis Produktif dan Terkenal. Kemudian beliau pamit diantar oleh tatapan 150 peserta hingga menghilang di balik pintu.

Ruangan Hening.  Mc memanggil Pemberi materi. Berdiri dihadapan kami sekarang seorang penulis Buku dan Blog.  Gemuk, raut muka dan tingginya seperti Narji pelawak Cagur yang sering muncul di TV. Tapi penulis ini lebih ganteng walaupun Narji tidak jelek.

Penulis memperkenalkan diri. “Nama saya Wijaya Kusumah, orang sering memanggil saya Om Jay.”  Peserta mesem-mesem. ” Bapak-bapak, ibu-ibu kalau saya bilang Gurujawab sejahtera, kalau saya bilang Pelatihan menulis, jawabnya wijayalabs dot com” kata Om Jay mengawali penyampaian materi dengan kata sebagai penghangat suasana.

Om Jay pintar menyampaian materi.  Penyajian materi sistematik.  Ilmu pedagogik yang di terapkan luar biasa.  Tak ada rasa kantuk selama saya menyimak pemaparan beliau. Mengapa demikian ?  Selain materinya yang menarik juga selingan cerita tentang pengalaman  yang banyak mengandung motivasi untuk menjadi seorang penulis.

Terima kasih Om Jay, semoga amal Bapak menjadi ilmu yang bermanfaat dan dan doakan saya semoga dapat menjadi seorang penulis yang bisa memberikan pencerahan bagi pembacanya.

Tulisan ini produk pertama setelah saya mengikuti pelatihan.  Jika Bapak ada kesempatan,  saya mohon saran . Terima kasih.
Semoga apa yang telah saya sampaikan bermanfaat buat teman-teman guru, dan foto kegiatannya ada dalam facebook saya di sini.
Para Peserta terpilih diminta membaca hasil karya tulisnya di depan peserta lainnya
Para Peserta terpilih diminta membaca hasil karya tulisnya di depan peserta lainnya
Salam Blogger Persahabatan
Omjay

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.