Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Sabtu, 30 Mei 2009

Mengapa Anak Sekolahan Perlu Ngeblog?


Ketika ditanya oleh anak-anak apa manfaat blog untuk anak sekolahan, omjay agak gusar juga menjawabnya. Sebab media blog saat ini terkesan hanya sebuah media bermain yang anak-anak belum tahu kalau ngeblog itu dapat mendatangkan keajaiban. Keajaiban yang akan bisa didapatkan setelah kalian asyik ngeblog. Apakah itu?

Dalam tulisan ini Omjay akan bahas satu persatu secara mendalam mengapa anak sekolah perlu ngeblog dan apa manfaat blog dalam dunia pendidikan.

Blog adalah teman kamu yang tidak pernah marah. Teman yang dapat menghantarkan kamu "Bercuhat Ria" menuliskan apa yang ada dalam otak kamu. Blog adalah diary online yang membawa kita untuk saling berbagi. Berbagi pengetahuan, dan pengalaman hebat kita masing-masing. Adanya blog tentu bukan hanya sekedar mejeng di internet atau istilahnya "NARSIS", tetapi akan membuat kamu memiliki keinginan untuk menulis. Menulis sesuatu yang mungkin perlu diketahui oleh orang lain.

Di dunia maya inilah tulisan kamu akan teruji secara ilmiah dan alamiah. Artinya, bila tulisan kamu bermanfaat untuk orang lain, maka akan banyak dengan sendirinya orang akan datang berkunjung ke blog kamu memberikan komentar. Baik komentar yang positif maupun komentar yang negatif.

Dalam blog kamu bisa terjun bebas, menuangkan segala ide dan kreativitas dari potensi unik kamu yang tersembunyi. Di sanalah kreativitas kamu akan teruji. Bila kamu kreatif dalam pengelolaan blog, maka blog yang kamu miliki akan membuat orang lain tertarik untuk datang ke rumah virtual kamu di internet.

Kegiatan "Nge-Blog" bukanlah sekedar kegiatan sia-sia yang hanya menghabiskan waktu. Kalau kalian pandai membagi waktu dan mengelola blog dengan tulisan-tulisan yang kreatif serta dilakukan terus menerus setiap hari, maka disanalah kamu akan menemukan sebuah keajaiban. Kejaiban blog yang akan menghantarkan kamu menjadi seorang hebat dalam dunia tulis menulis. Jangan kaget apabila dirimu akan lebih tenar dari para artis papan atas negeri ini.

Blog adalah media "gaul" yang sangat interaktif apabila dimanfaatkan dengan baik oleh anak sekolahan. Blog bisa menjadi media pembelajaran interaktif yang dapat menghantarkan para pelajar dan mahasiswa untuk saling berinteraktif dan malakukan feedback atau umpan balik antara guru dan murid atau antara dosen dan mahasiswanya.

Keputusan memiliki blog harus disadari oleh dirimu bahwa blog yang kamu kelola harus memiliki nilai manfaat untuk orang lain. Oleh karena itu, menulislah sesuatu yang berbeda dengan orang lain. Jangan biasakan "copy and paste" sehingga orang akan menilai kalau dirimu adalah orang yang kreatif yang memiliki "karakter" dan dapat menghasilkan konten-konten kreatif di dalam blog yang kamu kelola.

Ingatlah pesan "ndoro kakung" mbahnya blogger di Indonesia, bahwa "content is the king" , isi blog kamu adalah raja. Dengan menulis dan terus menulis, kamu akan mendapatkan sesuatu yang berbeda dari waktu-waktu sebelumnya. Karena itu, biasakan banyak membaca buku agar tulisan kamu tidak dianggap garing oleh para pembaca setia kamu. Kang pepih sendiri, admin kompasiana pernah bilang, "harus ada cantelan" agar isi tulisan kamu menjadi lebih hidup. Kalau mau melihat contohnya, kamu bisa lihat blognya kang pepih dengan judul berbagi pengalaman menulis di http://pepihnugraha.blogspot.com/2008/10/berbagi-pengalaman-menulis-74.html.

Di samping hal-hal di atas ada beberapa hal lainnya yang perlu kalian ketahui kenapa anak sekolahan perlu ngeblog. Untuk bisa mengetahuinya, kalian bisa mendapatkan informasinya di sini. Setelah kamu tahu, tips-tips praktis menulis di blog, kamu akan merasakan bahwa blog adalah "guru kamu" yang tak pernah marah. Dia bisa menjadi pacar kamu dalam sedih dan gembira. Dia bisa menjadi teman kamu dalam mengejar cita-cita menjadi orang hebat negeri ini. Pokoknya blog harus jadi teman setia kamu untuk menjadi siswa yang berprestasi di sekolah. Karena itu, biasakan juga untuk membuat rangkuman atau resume pelajaran yang kamu anggap penting dalam blog kamu yang berbau pendidikan dan kamu link ke dalam blog kamu lainnya.

Jangan biasakan dirimu hanya sekedar mencari informasi saja di internet. Dengan adanya blog, kamu bisa menciptakan segudang informasi dan membuat kamu menjadi orang yang produktif dalam menciptakan informasi dari apa yang kamu baca, kamu lihat, dan kamu alami sehari-hari dengan suasana santai dan apa adanya. Blog akan membuat kamu menjadi seorang produsen informasi dalam era teknologi canggih saat ini. Orang bule mengatakan era "cyber space". Era dimana setiap orang bisa saling terkoneksi antara satu dengan yang lainnya secara online di seluruh dunia. Dunia nyata terasa semakin cantik saja dengan adanya dunia maya. Kamu bisa lihat bagaimana facebook, dan twitter menguasai dunia. Walaupun kita sama-sama tahu bahwa dunia maya tak secantik artis Luna Maya. Hehehehe.

Ada pepatah mengatakan, "tak kenal maka tak sayang". Tak kenal maka tak kawin. Kalau kamu ingin merasakan keajaiban blog, kenali dan rasakan dahsyatnya blog dalam menghantarkan kamu menjadi orang tolol dan hebat dengan keluguannya. Orang yang perlu diikuti ketololannya dalam dunia blog yang menghantarkannya menjadi selebritis papan atas negeri ini. Siapakah dia? Dialah si kambingjantan raditya dika. Kunjungi blognya, dan rasakan dunia terasa surga. Hahahahaha.

Salam Blogger Kompasiana

Omjay

1 komentar:

  1. Harus donk pak,...biar sejak awal di perkenalkan dengan dunia blog,...intinya biar pinter ya tho,...

    http://robyirawan.blogspot.com/

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.