Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Jumat, 21 September 2012

Apa yang Kamu Peroleh dari Ngeblog Setiap Hari?


Apa yang Kamu Peroleh dari Ngeblog Setiap Hari?

REP | 19 September 2012 | 06:40Dibaca: 555   Komentar: 20   11 dari 12 Kompasianer menilai inspiratif

13480115151220044146
Apa yang Kamu Dapatkan Dari Ngeblog Setiap Hari? (dok: Pribadi)
Saya tertegun sesaat setelah melihat peringkat teman-teman blogger hebat yang konsisten ngeblog dalam blog pribadinya di http://blogs.indonesiamatters.com/. Sebuah kumpulan blog dari para blogger handal dan hebat di Indonesia. Nama mereka sudah dikenal dan terkenal dalam dunia blogger yang terus berkembang pesat.
Omjay di Kegiatan Guru Menulis di Bank BJB DEpok
Omjay di Kegiatan Guru Menulis di Bank BJB DEpok
Isi Blog mereka bagi saya sungguh menginspirasi. Mereka berusaha untuk konsisten menulis setiap hari dengan gaya mereka. Tak peduli orang mau bilang apa. Bagi mereka menulis sudah menjadi sebuah kebutuhan. Menulis pesan tak harus melulu dengan teks, tapi bisa berupa gambar atau foto.
Tak harus menulis begini atau begitu. Tuliskan saja apa yang ada di kepala. Hal yang perlu diingat, isi blog tak melulu isinya teks. Sebab blog bisa menjadi blog foto, blog video, atau blog audio. Tergantung kamu mengelolanya.
Lihatlah blog peringkat pertama Indonesia matters.com yaitu blog Diana Ekasari dihttp://dianarikasari.blogspot.com/. Isi Blognya lebih banyak foto dan gambar. Ramai banget pengunjungnya. Terutama buat mereka yang menyukai Fashion.
Bandingkan pula dengan isi blog Padepokan Budi Rahardjo dihttp://rahard.wordpress.com/ yang terkadang dominan teks. Tapi suatu saat beliau memposting hanya sebuah foto dengan sedikit teks. Bahkan hanya satu kata saja. Itulah keunikan dari seorang blogger yang telah dilihat orang sebanyak 3,141,306 hitsdan memiliki followers di twitter 2385.
Mas Budi Rahardjo yang merupakan dosen di ITB menuliskan dalam blognya di sini.
Menulis di blog, sebagai sebuah contoh, juga membutuhkan ketekunan. Banyak orang yang mula-mula tertarik untuk ngeblog tetapi kemudian menyerah dengan berbagai alasan. Tekun ngeblog saja sudah susah, apalagi kerjaan yang memang sudah susah. Gimana mau tekun ya? Wah.
Bagi saya, menulis di blog ini merupakan sebuah media belajar untuk tekun (dan kreatif). Memaksakan diri untuk menulis setiap hari merupakan sebuah pelajaran yang tidak mudah. Belum lagi membuat tulisan yang lebih baik dari sebelumnya. Ini sebuah upaya. Jadi, rajin ngeblog mungkin dapat juga dijadikan ukuran ketekunan.
Membaca postingan mas Budi Rahardjo di blognya tentu membuat semangat ngeblog saya semakin tinggi. Intinya bukan hanya ketekunan tapi juga komitmen dan konsistensi diri. Seorang blogger pun dituntut kreatif dalam mengelola blognya menjadi lebih ramai dan hidup.
Tanpa komitmen dan konsitensi diri, blog yang kamu kelola sangat sepi dan sunyi. Jangan berharap akan banyak pembaca yang menjambangi blog pribadimu. Menulislah terus di blog, dan akan engkau dapatkan keajaiban dari blog seiring kamu konsisten dan memiliki komitmen yang tinggi dalam mengelola blog pribadimu.
Seorang blogger harus kreatif. Orang kreatif akan memunculkan kreativitas yang tiada henti. Kreativitas akan muncul bila kita memiliki ketekunan, komitmen dan konsistensi diri yang terus meningkat dari hari ke hari. Niatkan ngeblog selayaknya kita menabung dan berbagi apa yang kita bisa. Dengan begitu akan banyak hal positif kamu peroleh.
Apa yang Kamu Peroleh Dari Ngeblog Setiap Hari? Kamu akan mendapatkan“sesuatu” yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Banyak hal-hal tak terduga datang menghampiri. Akan banyak orang baru yang kamu kenal. Akan banyak orang yang mengapresiasi tulisanmu. Hal yang terpenting dari ngeblog adalah kamu menjadi terbiasa menulis, dan menuangkan isi hatimu menjadi sebuah postingan yang dapat dinikmati orang banyak. Itulah ciri dari orang yang kreatif. Selalu bermanfaat buat orang banyak.
Jadi, kenapa kamu tak ngeblog setiap hari? Jangan tuliskan 1000 alasan, karena banyak orang sibuk yang masih bisa ngeblog setiap hari seperti komisaris 9 perusahaan pak Jamil Azzaini dalam blognya di http://jamiazzaini.com, dan pak Rektor UIN Malang, Prof. Dr. Imam Suprayogo di http://imamsuprayogo.com. Kalau mereka yang super sibuk saja masih bisa ngeblog setiap hari, kenapa kita yang tak sibuk tidak bisa?
Omjay dan Pak Jamil Azzaini
Omjay dan Pak Jamil Azzaini


Salam Blogger Persahabatan
Omjay

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.