Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Kamis, 01 Mei 2008

METODE BELAJAR


METODE BELAJAR UNTUK MAHASISWA

Usaha besar akan berhasil dengan baik bila disertai rencana dan strategi yang matang. Demikian juga studi di perguruan tinggi. Lalai dalam hal ini bisa fatal akibatnya. Banyak mahasiswa gagal, dan lebih banyak lagi tidak mencapai hasil maksimal karena tidak tahu cara belajar yang baik.

Setiap usaha mempunyai tujuannya. Tujuan anda di perguruan tinggi adalah menyelesaikan suatu program studi dengan sukses. Karena itu, jika ingin berhasil belajar di perguruan tinggi, anda harus menggunakan metode yang tepat.

  1. Tidak bisa dihindarkan, studi di perguruan tinggi menuntut usaha keras dan mahasiswa adalah orang yang harus bekerja keras.
  2. Dalam strategi studi, perlu ditargetkan IPK yang baik. Setiap mata kuliah berperanan dalam meningkatkan atau mempertahankan IPK itu. Mengulangi suatu mata kuliah guna memperbaiki IPK memang bisa dilakukan, tetapi sebaiknya dihindari
  3. Studi yang serius tidak hanya akan menghasilkan gelar kesarjanaan, tetapi juga membentuk watak yang baik, yang membuat anda semakin bertakwa kepada Allah.
  4. Sebaiknya pada awal semester anda membuat sebuah jadwal tetap untuk studi (kuliah dan studi mandiri) dan selalu berpegang teguh pada jadwal itu.
  5. Manfaatkan setiap kuliah semaksimal mungkin. Usahakan untuk menghadiri semua kuliah
  6. Usahakan datang pada waktunya dan pilih tempat dimana anda bisa melihat papan tulis, layar slide proyektor atau OHP dengan jelas
  7. Buat catatan seperlunya. Anda harus mengikuti kuliah dengan pena di tangan. Tapi jangan hanya menjadi alat perekam. Yang paling hakiki adalah mengerti.
  8. Usahakan mempunyai buku teks dan bahan kuliah lain sejak awal kuliah pertama
  9. Percaya diri dan saling berbagi kepada teman. Ingat falsafah mata air. Mata air tidak pernah habis diambil airnya, bahkan semakin jernih dan bening, sehingga enak untuk diminum. Anda harus seperti mata air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.