Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Selasa, 18 November 2008

Sulitnya Membagi Waktu

Saya sudah berupaya untuk membagi waktu dengan adil. Kapan untuk bekerja, kapan untuk keluarga, dan kapan untuk belajar. Tapi kayaknya saya merasa masih kurang adil. Hal ini dikarenakan saya masih kurang membagi waktu dengan keluarga tercinta.

Saya coba memanage waktu dengan baik. Jam 4 pagi sudah bangun dan siap-siap sholat subuh ke masjid. Pukul 5 mandi dan persiapan ke sekolah.
Pukul 5.30 berangkat ke sekolah, dan sekitar jam 6.30 sampai di sekolah.
Mulai mengajar jam 7 dan selesai jam 15.30. Lalu kemudian ngenet sampai pukul 18.00. Habis sholat magrib sekitar 18.30 saya biasanya pulang ke rumah.
Pukul 19.30 saya sampai rumah. Terus mandi, sholat Isya dan berkumpul dengan keluarga sambil menonton televisi sampai kira-kira pukul 21.00. Lalu biasanya antara pukul 21.00 saya belajar sebentar untuk persiapan mengajar besoknya s.d. jam 22.30. Tapi terkadang kalau lagi asyik dan banyak pekerjaan bisa sampai jam 00. Apalagi kalau speedy internet di rumah lagi kenceng, wah bisa sampai lupa waktu. Keasyikan ngenet cari informasi dan memeriksa blog anak Labschool yang luar biasa kreatif.


Untunglah saya mendapatkan seorang teman yang memberikan nasehat agar saya dapat membagi waktu dengan adil. Kapan untuk belerja, kapan untuk belajar, dan kapan untuk keluarga. Dari teman itulah saya merasakan sekarang ini, nikmatnya berkumpul dengan keluarga, istri dan anak. Teman saya itu adalah istri saya sendiri, yang selalu mengingatkan saya kalau saya terlampau sibuk dalam bekerja, sehingga melupakan keluarga.

Bagaimana anda membagi waktu? Hati-hati jangan sampai anda
terjebak dengan rutinitas kerja.

9 komentar:

  1. pak, memang sulit membagi waktu jika kita sibuk. rasanya pengen aja sehari tuh 30 jam dan seminggu tuh 10 hari. tapi, bersyukur kpd Tuhan yg telah memberikan waktu yg proporsional yg hrs kita manfaatkan sebaik-baiknya. Kalau saya membagi waktu dengan menikmati semua rutinitas yg saya kerjakan.

    BalasHapus
  2. betul juga sih pak, emang kadang susah membagi waktu. jangankan bapak, saya yang rutinitasnya tidak sesibuk bapak. mudah-mudahan kita bisa samaa-sama belajar membagi waktu dengan adil.

    BalasHapus
  3. memang pak, apalagi kalo internetan pasti jd lupa waktu. kita yg menghadapi UN jg seperti itu. berangkat pagi, pulangnya malem krn bimbel, belum belajar dan mengerjakan pr. jadi pak, kalo ngasih pr jangan banyak-banyak, jadinya kita bisa tidur kemaleman

    BalasHapus
  4. Bener banget pak...
    Saking susahnya ngatur waktu..
    blajar ama main game jadi ga seimbang... berat sebelah....

    BalasHapus
  5. pak memang sulit skl membagi waktu saya jg bgt jam 4.30 bangun, sholat, mandi lalu sarapan. jam 5.45 berangkat dr rumah ke sklh. smp sklh jam 6.15. jam 7.00 smp jam 15.00 sekolah setelah itu jam 16.00 pergi les smp jam 18.00. saya smp di rmh sktr jam 18.30 . mandi, makan, kerjain pr, sholat maghrib kira2 smp jam 20.30, terus langsung sholat isya dan tidur. saya hanya dpt meluangkan waktu kalau hari sabtu( jam 13.00 ke atas ) dan hari minggu saja. memang sulit sih pak membagi waktu dg benar dan teratur, belum lagi keperluan pribadi atau sekolah.
    terima kasih

    harsyah

    BalasHapus
  6. Okay, serius mode:on

    Waktu yg kita punya adalah bagian dari hidup kita. Perlu kita ingat bahwa kita gak akan pernah bisa memutar waktu kembali ke masa lalu dan hidup di dunia ini hanya 1x. Selain itu, setiap orang di dunia pasti memiliki bakat/talenta masing2, punya tugas u/ membahagiakan sesamanya. Untuk membahagiakan sesama, tentu pekerjaan yang dapat kita lakukan tidak pernah habis, bukan? Nah, itulah yang menyebabkan kita sering merasa waktu yang kita punya kurang. Namun, jika kita menggunakan waktu seefektif mungkin u/ membahagiakan sesama, maka waktu kita yang sedikit itu bisa disebut berkualitas. Mungkin kita cuma punya waktu luang 1 hari seminggu, tapi kalau kita pakai itu u/ berkumpul bersama keluarga tentu terasa seperti 1 minggu, kan? Kita hanya tinggal membagi bagi waktu u/ hal2 yg akan kita lakukan sesuai prioritas hidup kita, maka semuanya akan terasa indah.

    Thanks.

    BalasHapus
  7. seratus lah buat bapak! waktu emang susah banget dibagi pak. Kalo tugas yang satu kelamaan dijalaninya, tugas-tugas yang laen juga jadi kedorong-dorong (apaan tuh?) akhir-akhirnya, banyak tugas yang ga selesai. Saya sering tuh pak, ngejalanin yang kayak gitu. Mungkin kita harus selalu berdoa sebelum melakukan sesuatu, agar semua yang kita kerjakan bisa selesai sempurna dan tepat waktu!

    BalasHapus
  8. bener banget pak, memang susah sekali membagi waktu. sepeti saya ini, susah membagi waku belajar dan bermain, akhirnya malah kebanyakan mainnya pak hehheh

    BalasHapus
  9. betul sekali pak, membagi waktu tuh emg kyknya rumit kalo dipikirin, tpi yah klo kita bersyukur dan ga terlalu memikirkannya mungkin terasa akan lebih mudah walau waktu sempit dan tidak cukup untuk menyelesaikan segalanya..semoga yang terbaik ajalah, yang ptg kita sudah berusaha membagi waktu sempit ini..^^

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.