Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Selasa, 19 Februari 2013

Apa yang Kamu Lakukan Bila Pensiun?

http://radiodfm.com/show-detail/ketika-pensiun-mau-apa
Sumber: http://radiodfm.com/show-detail/ketika-pensiun-mau-apa
Senin, 18 Februari 2013 pukul 14.15 wib saya diminta untuk sharing by phone oleh Mbak Lia dari pengelola radio DFM 103,4 FM. Materinya tentang apa yang akan anda lakukan bila pensiun dari pekerjaan?
 

Bagi saya materi ini tentu saja menarik. Sebab suatu saat pasti kita akan mengalami masa pensiun bagi mereka yang saat ini berpredikat pegawai. Tentu kita harus mempersiapkan masa pensiun itu dari sekarang. Ada planing atau rencana yang kita buat bila kita pensiun nanti. Ada segudang rencana yang mungkin kita siapkan untuk mewujudkan mimpi itu.

Ketika saya tanyakan kepada teman-teman melalui media sosial facebook dan twitter, tentang apa yang kamu lakukan bila pensiun, jawabannya sangat beragam. Namun mayoritas dari mereka ingin mencoba berwirausaha. Mereka ingin mencoba berbisnis, dan menyalurkan hobinya yang menghasilkan pendapatan buat keluarga tercinta.

Lain lagi dengan teman mengajar saya. Beliau ingin menikmati masa tuanya bersama cucu bila pensiun nanti. Urusan bisnis biar serahkan kepada yang muda saja. Orang tua cukup momong cucu saja. Tak perlu dipusingkan lagi dengan urusan bisnis. Oleh karena itu, beliau bekerja keras saat ini, dan mengumpulkan uang sebanyak mungkin untuk bekal di hari tua.

Kakak saya justru lain lagi. Beliau lebih memilih pensiun muda dan berhenti menjadi pegawai bank swasta. Dia berusaha keras untuk menjadi seorang pengusaha. Walaupun jatuh bangun dalam mengelola perusahannya, akhirnya bisa eksis juga sampai saat ini. Bahkan kakak saya itu sudah mampu berinvestasi dengan membeli tanah, rumah, dan juga kendaraan operasional perusahaan yang dipimpinnya. Uasahanya pun maju pesat hingga saat ini.
Sebenarnya, kalau kita ingin mengembangkan potensi diri kita atau berbisnis alias berwirausaha, tak perlulah menunggu waktu sampai pensiun dulu. Kita bisa memulainya dari sekarang. Kemudian bangun sebuah perencanaan yang matang, dan diskusikan dengan keluarga khususnya istri tercinta. Dari perencanaan itulah kita dapat melakukan tindakan yang menantang dan menghasilkan sesuatu yang cemerlang. Tidak mudah memang, tapi nikmatilah prosesnya.

Jadi, apa yang akan anda lakukan bila pensiun? Lakukan apa yang bisa anda lakukan. Turuti kata hati, dan konsultasikan dengan anak dan istri. Jangan sampai, di usia senja anda masih harus bekerja keras dan membanting tulang hanya untuk sesuap nasi. Semua itu berpulang kepada anda. Setiap orang pasti punya rencananya masing-masing. Tapi kalau saya yang ditanya, saya akan menjadi penulis saja. Dengan menulis saya serasa akan hidup seribu tahun lagi. Turut menikmati masa tua bersama isteri tercinta sambil naik kuda di desa dengan penuh bahagia dan sukacita, tertawa ria tanpa beban apa-apa. Bagaimana dengan anda?
Buku Omjay: Menjadi Guru Tangguh Berhati Cahaya
Buku Omjay: Menjadi Guru Tangguh Berhati Cahaya
salam Blogger Persahabatan
Omjay

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.