Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Minggu, 25 Mei 2008

Mengapa Siswa Malas Untuk Belajar?



Pertanyaan itu menjadi sorotan saya pada minggu ini. Kenapa? Karena saya lihat siswa SMP Labschool Jakarta pada minggu-minggu ini pada malas belajar. Saya tidak tahu latar belakangnya, tapi yang saya tahu, kelas 7 dan 8 mau liburan, karena kelas 9 sedang ujian sekolah. Mungkin para siswa ingin enjoy sedikit menikmati waktu liburan.

Pesan saya, jangan malas belajar. Apalagi sampai malas membaca buku. Kalau kamu sampai malas membaca buku, wah bakalan kamu akan rugi, karena ilmu yang kamu dapat pasti cuma sedikit. Orang pintar itu karena rajin membaca bukan karena minum tolak angin (eh jadi ngaco, malah ke iklan agnes).

Pengalaman saya ketika menjadi siswa di SMP, saya sangat jarang menonton televisi. Waktu saya habiskan untuk membaca dan mencari pengalaman dengan selalu bertanya pada guru tentang hal-hal yang belum saya ketahui. Alhasil, saya selalu mendapatkan beasiswa dan saya selalu mewakili sekolah untuk mengikuti lomba anatar sekolah.

Saya tidak tahu, apakah pengalaman saya ini bisa bermanfaat untuk anak SMP labschool. Sebab yang tahu anak labschool itu hebat-hebat, dan pandai mengatur waktunya. Lihat aja beberapa siswa ada yang terpilih mengikuti lomba di Singapura dan juga ada yang sudah mewakili labschool di tingkat nasional.

Saya percaya anak labschool pandai mengatur jadwal belajarnya dan tidak malas untuk belajar. Ayo bangkit dan lawan kemalasan. Bangsa kita membutuhkan tunas harapan bangsa yang mampu berkiprah dalam membangun bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Salam Super dan lawanlah kemalasan yang ada dalam dirimu.

Omjay
Guru TIK SMP Labschool Jakarta

20 komentar:

  1. biasanya sih murid-murid malas belajar karena isi dari pelajarannya, kalo pelajarannya menyenangkan biasanya murid juga senang-senang aja mengikutinya :D

    BalasHapus
  2. iya Pak, kadang suka males kalo pelajarannya bikin bosen. Sekarang gak cuma nnton televisi, tapi udh merambat ke chatting yg lagi di gemari. kalo liburan trus belajar di rumah jg bosen pak, gak ada temen2, jadi suka males hehe. Tapi ya mau ga mau harus dipaksa juga.

    mazaya 8c 22

    BalasHapus
  3. kalo males sih sebenernya tergantung mood juga sih pak, kalo mood-nya lagi bagus, ya kita otomatis jadi rajin. tapi kalo lagi gak yaaaa, agak males juga hehe. trs tergantung pelajarannya. kalo pelajarannya ribet, susah, ngebosenin, kita jadi males sampe mesti disuruh dulu baru bisa belajar

    syadza s. 7d 39

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum,pak. Saya Linda kelas 7d. Tulisan Bapak ini sangat bagus. Tulisan yang dibuat Bapak benar. Karena kalau kita malas membaca buku, sedikit sekali ilmu yang kita dapat. Berbeda dengan orang yang rajin membaca,orang ini akan mendapatkan ilmu yang berlimpah [yang banyak]. Membaca buku juga menambah wawasan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya. Terima kasih atas perhatian Bapak.
    Wassalamualaikum

    Arlindawati 7D 03

    BalasHapus
  5. kalo males tergantung juga sih Pak, kadang-kadang males kadang-kadang engga yahh gitu deh, namanya juga masih belajar, hehe.. wah, bapak pintar juga saat SMP saya jadi ingin seperti Bapak!

    BalasHapus
  6. ya,pak,wah,kalo libran buat bljr kykna susah dech,pak .kan wktu liburn d gunakn utk b'istirhat,pak ,dari kegiatn skolah yang padt,apa lagi rumah sy cukup jauh .yah,jadi cukup capek juga .makana kalo sudh liburan ,yah sy manfaatkan waktu liburnn untuk istirahat.tapi kalo memank waktu masuk ada tugas atopun ulangan ,tetep harus belajar n ngerjain tugas itu .mau nga mau harus belajar,sy jg nga mau kalo nga naek kls.hahahahahaha.

    vanessa c.s(39) 7A

    BalasHapus
  7. wah,wkt lbrn sy gunakn untuk istirht,pak.abiez wkt lbrn,wkt untk melepaskn diri dr kesibukn sekolah,capek,pak.tp klo memnk ada ulngn n tugas,toh sy juga hrs tetep bljr ,jd mau nga mau,tetep bljr.sy jg nga mau kalo nga naek kls .hahahahaha.

    vanessa c.s(39) 7A

    BalasHapus
  8. wah, pak kalo liburan gak apa apa kan? nama nya juga lg belajar juga..
    bapak pintar juga ya saat SMP saya jadi ingin seperti bapak, hehe

    BalasHapus
  9. saya sering males belajar pak, apalagi kalo guru nya itu guru yang gak saya suka, saya jadi males banget. tapi kalo guru nya asik dan gak ngebosenin yaa saya jd semangat pak belajarnya hehehe

    BalasHapus
  10. kalo saya memang males dalam segala hal hahaha

    BalasHapus
  11. wuesh... bapak tepat sasaran.
    memang kalo sedang libur, jadi sering kelupaan (ato MALES tepatnya) belajar karena biasanya terlalu banyak tugas yang menumpuk. Saya pikir, boleh lah, sekali2 nyantai. Tapi akhirnya malah ngelantur ISTIRAHAT terus deh...:)

    ,Jevonda 7E

    BalasHapus
  12. saya emang agak males kalo belajar, apa lagi kalo pelajarannya itu mata pelajaran yg saya ga suka. tapi kalo belajar nya enjoy dan asik sih mungkin jadi lebih enak belajaranya

    BalasHapus
  13. Kalo saya sii..mungkin gara-gara capek kali yaa..berangkat pagi pulang sore 5x dalam seminggu membuat badan jadi tepar rasanya..(maaf ya pak, bahasanya kurang bagus),kalo liburan, belajarnya ngikutin mood aja,tapi saya seringnya nyantai walaupun mood udah mendukung,hehehe...


    Pavita 7A-38

    BalasHapus
  14. sebenernya pak, saya itu tipe orang yang ngikutin mood. tapi saya selalu berusaha agar membuang jauh-jauh sifat malas saya. dengan itu, saya usahakan setiap malam mebaca pelajaran buat esok hari, minimal 1/2 jam lah. saya sangat suka membaca blog bapak, sangat bermanfaat. sukses terus ya pak. wassalam

    argia w. 7e (absen 7)

    BalasHapus
  15. menurut saya yang membuat siswa malas belajar, biasanya karena pelajarannya. Kalau pelajarannya mudah dan menyenangkan, pasti akan ada semangat belajar. Faktor guru yang mengajar juga mempengaruhi. Kalau guru cara mengajar mudah di pahami murid juga akan mudah memahami pelajaran.

    Putri Ayuningtyas 7e

    BalasHapus
  16. wah kalau itu sih biasanya dari mood + gurunya pak hha

    mariska 7b

    BalasHapus
  17. Byasanya gitu si, kalo ngga bljr pasti isi otaknya jd dikit. soalny ngga ad ilmu yg masuk. Kalo ank2 nya pd males bljr, byasanya pengaruh dari pikirinnya ato moodny. Kalo lg ada masalah, pasti males bljr trus kalo moodnya ngga bagus, jg males bljar. Rea jg byasanya gitu, kalo bnyk masalah jd keganggu dan males deh, belajar,...Rea7b1

    BalasHapus
  18. Bener jg sih, kalo g prnh bljr pasti otak kt kosong. Soalnya, ngga ada ilmu yg masuk. Mgkn kalo ank2 pd mls bljr gr2 bnyk pikiran ato moodnya lg ngga bgs. Dan mgkn jg, dy ngga sk ama pelajarannya plus gurunya (kalo mnurut rea gitu,,.) Rea7b1

    BalasHapus
  19. iya pak! emang kalo udah liburan, hhhmmm nikmat dehh..apalagi yang rumahnya jauuh dari sekolah!nikmat banmget ga usah banguin jam setengah empat!
    tapi bawaannya jadi maless dan nunda nunda kerjaan yang akhirnya terlantarkan juga.

    hanifah 7E

    BalasHapus
  20. kalo udah liburan,seneng siih .. tapi bosen juga gak ngapa-ngapain.Dan salahnya, waktu yang kosong itu bukan di manfaatin buat belajar,malahan sibuk main internet nonton TV dan sebagainya.dan lebih salahnya lagi kita ga tau kalo tugasnya bakal numpuk yang bakalan bikin stress.Dan yang lebih salah(salah aja terus) kita tambah males ngerjainnya dan setelah itu balik ke salah yang pertama..terus aja muter2!!

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.