BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) mata pelajaran TIK di KTSP pada tingkat SMP adalah siswa diharapkan mampu memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang, menguasai dasar-dasar keterampilan komputer, menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana, memahami prinsip dasar internet/intanet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi.
Salah satu materi yang diberikan pada pelajaran TIK adalah internet. Perkembangan internet yang begitu pesat membuat kita harus lebih kreatif dalam pemanfaatannya. Dampak positif dan negatif dari perkembangan internet telah jelas kita rasakan bersama. Salah satu dampak positif yang kita rasakan dari perkembangan itu adalah menjamurnya tempat membuat website atau webblog gratis di internet yang dapat mempublikasikan diri kita sendiri ke seluruh dunia.
Penggunaan TIK atau ICT (Information and Comunication Technology) menjadi sebuah cara yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi dan saling berkomunikasi. Teknologi yang mendukung cara tersebut makin disempurnakan dari waktu ke waktu. Perkembangan ICT yang begitu cepat terkadang membuat kita belum siap untuk memanfaatkannya secara maksimal. Termasuk dalam pelajaran internet di sekolah. Siswa hanya diarahkan untuk memperoleh atau mencari informasi di internet, dan bukan menciptakan informasi. Hal ini terlihat dari Standar Kompetensi (SK) dalam KTSP 2006 yang hanya mengarahkan siswa untuk memahami dasar penggunaan internet/intranet dan menggunakan internet untuk memperoleh informasi. Akibatnya, siswa kurang terlatih untuk menciptakan atau memberikan informasi di internet. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya tugas-tugas di sekolah yang ditugaskan oleh guru untuk mencari informasi di internet.
Oleh karena itu perlu dicari solusi agar siswa tidak melulu mencari informasi, tetapi juga dapat menciptakan informasi di internet. Untuk dapat menciptakan informasi, siswa harus dilatih untuk memiliki kreativitas dalam menulis. Dengan memiliki kemampuan menulis, siswa diharapkan dapat mengekspresikan diri, melakukan sosialisasi, promosi dan berbagi kepada sesama. Hal itu dapat terjadi bila siswa memiliki dan mengelola Blog yang terupdate dengan baik.
Blog di internet sangat baik sekali manfaatnya untuk kita. Manfaat paling terasa dari Blog adalah menumbuhkan kreativitas kita dalam keterampilan menulis. Blog ibarat buku tulis atau buku agenda kosong yang siap untuk diisi dengan tulisan-tulisan orisinil kita. Dengan Blog, kita dituntut untuk kreatif membuat tulisan-tulisan kita sendiri yang enak dibaca, bermanfaat untuk orang lain, dan mengundang orang untuk beramai-ramai datang ke blog kita untuk memberikan komentar.
Namun sangat disayangkan, menjamur dan tumbuhnya blog di internet tidak diimbangi dengan budaya menulis di kalangan siswa, sehingga banyak sekali blog yang tidak terupdate (terisi tulisan baru) dengan baik, bahkan isinya (contentnya) banyak yang kosong. Dari 22 siswa di kelas akselerasi SMP Labschool Jakarta di bulan Desember 2007 hanya 4 siswa (18%) yang memposting (membuat tulisan) di Blognya. Sisanya 18 siswa (82%) hanya sekedar membuat Blog saja dan tidak mengupdate tulisannya. Bahkan Blog yang dibuat sepi dari pengunjung.
Dr. Wina Sanjaya menuliskan dalam bukunya bahwa, masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita saat ini adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Proses pembelajaran di kelas hanya diarahkan kepada proses kemampuan anak menghafal informasi; otak anak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dengan kehidupannya sehar-hari. Akibatnya ketika mereka lulus, mereka pintar secara teoritis, akan tetapi miskin aplikasi.
Dengan jumlah pertemuan tatap muka yang sedikit di kelas akselerasi (satu semester hanya 4 bulan), membuka peluang pembelajaran internet dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas akselerasi. Karena waktu jam pertemuan yang lebih singkat dari kelas reguler, maka diperlukan media internet yang berupa aplikasi Blog untuk memasukkan materi-materi esensial yang harus dibaca dan dipelajari siswa akselerasi. Dengan berbantuan media aplikasi berbasis blog, diharapkan program layanan akselerasi ini juga bisa tersebar merata dengan kurikulum yang sama di seluruh Indonesia sesuai dengan buku pedoman.
Saat ini belum banyak sekolah yang memanfaatkan jaringan internet dan intranet sebagai sarana pemanfaatan TIK dalam proses pembelajarannya. Bahkan untuk mendownload materi pembelajaran dari buku elektronik pun sekolah masih mengalami kendala. Biaya akses internet masih mahal, dan jaringan intranet (LAN) di sekolah pun kurang berjalan dengan baik. Padahal guru TIK dituntut untuk mengajarkan internet dan intranet. Akibatnya guru harus pandai mencari metode pembelajaran atau cara yang tepat agar materi yang diberikan sampai ke otak siswa. Belum banyaknya sekolah yang berkonsentrasi penuh terhadap hal di atas membuka lahan penelitian di bidang TIK terbuka lebar untuk diteliti.
Berdasarkan hal tersebut di atas, guru merencanakan tindakan meningkatkan kreativitas menulis siswa melalui pembelajaran yang mengundang dengan memberikan tugas-tugas internet pada proses pembuatan Blog. Dimana siswa diminta untuk menuliskan apa saja yang dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembacanya. Dari tindakan ini diharapkan kreativitas menulis siswa meningkat.
B. Perumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
- Meningkatkan kreativitas menulis siswa di kelas akselerasi SMP Labschool Jakarta melalui pembelajaran yang mengundang. Siswa diharapkan untuk aktif menulis (learner centered) pada pembuatan Blog di internet dengan indikator terupdatenya Blog siswa dengan tulisan-tulisan yang memberikan informasi.
- Mengembangkan kemampuan berpikir siswa dan melatih siswa untuk belajar secara kreatif dan mandiri sehingga menghasilkan pembelajaran yang bermutu.
- Memilih metode pembelajaran internet yang tepat melalui pembelajaran yang mengundang siswa untuk aktif menulis dengan suasana yang menyenangkan pada pembuatan Blog di internet.
- Mengajarkan siswa untuk menulis di Blog tentang budaya sekolahnya (school culture), sehingga menimbulkan kebanggaan pada diri siswa bahwa sekolah mereka adalah sekolah terbaik di Jakarta, bahkan di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya komentar yang masuk dan jumlah pengunjung Blog.
- Meningkatkan profesionalitas guru sebagai agen pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. Guru TIK diharapkan dapat membuat multimedia pembelajaran internet dengan materi membuat blog melalui program Camtasia 5. Hal ini untuk mengatasi akses internet yang lambat.
D. Manfaat Penelitian
- Bagi Guru
Guru terdorong untuk menemukan metode yang tepat dalam meningkatkan kreativitas menulis siswa melalui pembelajaran yang mengundang siswa untuk aktif menulis pada pembuatan blog di internet. - Bagi Siswa
Siswa dapat meningkatkan sendiri kemampuan berpikir tingkat tinggi (metacognition), belajar aktif dan mandiri. Mengembangkan kemampuan kreativitasnya dalam menulis serta menuangkan ide-ide kreatifnya melalui pembelajaran yang mengundang pada pembuatan blog di internet - Bagi Sekolah
PTK ini akan sangat bermanfaat bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran internet yang bermutu di SMP Labschool Jakarta. Sekaligus berbagi informasi dengan sekolah lainnya dalam menerapkan pembelajaran yang mengundang siswa untuk aktif belajar. - Bagi Masyarakat
PTK ini diharapkan akan dapat memberikan informasi kepada masyarakat bagaimana belajar dengan teknologi menuju masyarakat berpengetahuan.
ya, pak. blog mnurut saya sangat berguna untuk mengembangkan kreativitas siswa.
BalasHapus