Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Sabtu, 31 Januari 2009

Manfaat Buah Segar!


Manfaat Buah Segar!
Oleh soniawibisono - 31 Januari 2009

SETIAP buah memiliki kandungan gizi yang berbeda, jangankan antar jenis dalam satu jenis pun terjadi keragaman kandungan zat gizi. Tetapi pada prinsipnya semakin beragam buah yang kita konsumsi akan semakin baik, sebab semakin lengkap zat gizi dan manfaat yang dapat diperoleh bagi tubuh. Jika menginginkan manfaat tertentu dari buah, utamakan pilihan jatuh pada buah yang sesuai dengan manfaat yang diinginkan. Berikut manfaat khusus dari beberapa buah pilihan :
Anggur : Terutama yang berwarna merah dan cokelat kehitaman mengandung ratusan senyawa flavonoid yang berguna sebagai anti oksidan atau peggempur radikal bebas. Jus anggur dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dari dalam tubuh, selain itu kandungan mineral boron-nya dapat mempertahankan kadar kenormalan estrogen dalam darah wanita yang mengalami menoupose, sehingga dapat memperlambat terjadinya keropos tulang (osteoporosis). Kadar gula yang tinggi pada anggur dapat menghasilkan energi dengan cepat sehingga anggur dianjurkan bagi yang ingin memulihkan energi tubuh dengan segera, tapi tidak dianjurkan bagi penderita diabetes.

Apel : Kulit apel banyak mengandung pektin (sejenis serat makanan yang mudah larut) yang bila dimakan atau dijus dengan dagingnya akan bermanfaat sebagai pembersih racun dari dalam tubuh. Kandungan vitamin C dan kalium pada apel tinggi tetapi kadar gula buahnya rendah, sehinga cocok bagi yang sedang berdiet, diabetes dan penderita gejala darah tinggi. Khasiat apel lainnya adalah dapat meminimalkan gangguan pencernaan dan mual pada saat hamil.

Mangga : Kaya akan kandungan seratnya, vitamin A dan C serta aneka flavonoid. Karena zat-zat inilah mangga memiliki manfaat sebagai anti sembelit, membersihkan sistem sirkulasi darah dan dalam jangka panjang dapat mencegah aneka kanker dan gangguan pembuluh darah.

Melon : Kaya akan kandungan vitamin A, B kompleks dan C serta mineral kalium dan magnesium. Melon juga dapat membersihkan sistem sirkulasi darah dari aneka racun. Berfungsi juga sebagai peluruh perut dan pembersih kulit.

Belimbing : Banyak mengandung serat makanan, vitamin A, C serta kalium. Zat gizi ini bermanfaat dalam menjaga kenormalan fungsi organ-organ pencernaan sistem pembuluh darah dan jantung, menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Pepaya : Mengandung vitami A, B kompleks, C , karotenoid dan kalium tetapi dalam jumlah yang sedang dan tidak sebanyak melon.Pepaya mengandung papain yaitu sejenis enzim yang dapat membantu dalam pencernaan protein.

Jus pepaya sangat manjur untuk menurunkan kadar keasaman lambung.

Pisang : Buah ini juga sumber penting bagi kebutuhan vitamin C, kalium serta gula buah. Kalium pada pisang berfungsi menjaga keseimbangan air tubuh, kenormalan tekanan darah, kenormalan fungsi jantung dan kerja otot.

Semangka : Banyak mengandung mengandung vitamin A, C, karotenoid, kalium dan serat makanan. Zat gizi ini berfungsi sebagai penggempur radikal bebas, menjaga kenormalan sistem pembuluh darah dan jantung serta dapat menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah.

Jeruk : Juring jeruk banyak mengadung pektin, karena itu sungguh rugi jika bila mengkonsumsi jeruk hanya menyerap sarinya dan membuang kulit juringnya. Jeruk mengandung vitamin A, C dan asam sitrat.

Kandungan kalsium dan fosfor nya sangat membantu dalam pembentukan tulang dan gigi pada anak-anak. Kadar gula dan jeruk yang tinggi dapat menghasilkandan memulihkan energi dengan cepat. Untuk itu tidak dianjurkan bagi penderita dibetes. Begitu juga bagi penderita mag, agar mengurangi konsumsi jeruk atau buah lainnya yang memiliki rasa asam.

Tomat : Kaya akan kandungan lycopen, yaitu suatu anti oksidan yang mampu mencegah dan mengurangi resiko aneka jenis kanker. Terutama kanker leher rahim, ginjal dan pankreas. Kandungan vitamin A dan C nya berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh. 100 gr tomat berukuran sedang mampu menyediakan separuh dari kebutuhan vitamin C tubuh.

2 komentar:

  1. benar sekali mas, buah segar memang kaya akan manfaat

    salam
    omjay

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.