Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Kamis, 07 Februari 2013

Belajar dan Berbagi Ilmu PTK di SMAN 1 Sumenep, Madura

Belajar dan Berbagi Ilmu PTK di SMAN 1 Sumenep, Madura



REP | 02 February 2013 | 22:56 Dibaca: 95   Komentar: 0   Nihil
1360021232790363627
Workshop PTK di SMAN 1 Sumenep
Sabtu, 2 Februari 2013 saya diundang untuk memberi materi workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK)di SMAN 1 Sumenep, Madura. Di tempat ini telah berkumpul guru-guru dari MGMP Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, dan Geografi. Ada sekitar 50 orang guru hadir dalam workshop PTK yang juga dihadiri oleh kepala dinas pendidikan dan pengawas sekolah.


Seperti mimpi rasanya bisa belajar dan berbagi ilmu PTK di tempat ini. Saya bertemu dengan guru-guru hebat yang memiliki semangat tinggi untuk maju. Mereka bertekad memperbaiki kualitas pembelajarannya di kelas, dan melaporkan hasil PTKnya ke ajang lomba kreativitas guru dalam pembelajaran.
13600212701699619600
Workshop PTK di Sman 1 Sumenep
Saya meminta mereka menuliskan masalah-masalah yang terjadi di kelas. Dari masalah-masalah yang terjadi di kelas, kita diskusikan bersama pemecahan masalahnya. Ternyata, dari hasil tulisan teman-teman guru banyak sekali masalah pembelajaran yang mereka alami.
13600217161717338200
Pembukaan Acara Workshop PTK di Sman 1 Sumenep
Sebenarnya, teman-teman guru sudah melakukan PTK. Hanya saja ketika hendak melaporkan hasil PTK-nya, banyak guru yang kesulitan dalam menuliskan laporannya. Hal ini terjadi karena guru tak melakukan catatan lapangan, kolaborasi, dan refleksi diri yang dilakukan bersama teman sejawat. Sistematika penulisan ilmiah juga kurang terpahami dengan baik, sehingga kurang komunikatif, dan cenderung kurang teliti.
Di SMAN 1 Sumenep kami langsung praktek membuat proposal PTK yang dimulai dari pemilihan judul PTK. Setelah itu kami tuliskan latar belakang masalah, permusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian. Merekapun menjadi paham bahwa judul harus ada maslah dan solusinya serta tempat dimana PTK itu dilaksanakan.
Sambil belajar dan berbagi ilmu PTK, saya mencari tahu, dan mengumpulkan data kemampuan ICT guru-guru yang mengikuti workshop ini. Saya meminta Mas Yulef yang mendampingi saya memberikan materi untuk mengolahnya dalam bentuk grafik dan presentasi power point. Hasilnya sungguh membuat saya terkejut. Ternyata masih sedikit guru yang menguasai kemampuan ICT dengan baik. Mas Yulef saya minta mempresentasikan hasilnya dan memberikan mereka pencerahan di bidang ICT.
Senang sekali dapat belajar dan berbagi ilmu PTK di SMAN 1 Sumenep Madura. Saya bertemu dengan para guru tangguh berhati cahaya. Saya banyak belajar dari kerendahan hati, dan semangat tinggi dari teman-teman guru di sini. Mereka bertekad dapat mengirimkan wakilnya di ajang lomba karya tulis ilmiah guru di tingkat nasional. Semoga ada perwakilan guru dari Sumenep Madura Jawa Timur yang tahun ini lolos hasil laporan PTK-nya di tingkat nasional. Amin.
1360021319901597333
Workshop PTK di Sman 1 Sumenep

Salam blogger persahabatan
Omjay
http://wijayalabs.com

1 komentar:

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.