Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Minggu, 14 November 2021

Kata Pengantar Buku
ASYIK BELAJAR IPA SD DENGAN MEDIA LCD
Karya Ibu HJ. Jawahir, S.Pd



 
Media pembelajaran merupakan alat atau perantara untuk membantu proses pembelajaran khususnya mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa. Media pembelajaran membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga dapat memudahkan siswa menerima maupun memahami materi yang disampaikan guru. Media pembelajaran yang dimaksud tentunya yang selaras dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

Seiring perkembangan teknologi pembelajaran, berbagai media pembelajaran pun bervariasi jenis dan modelnya khususnya yang berbasis ICT, misalnya LCD proyektor, perangkat komputer, laptop, handphone, internet yang dapat digunakan sebagai media belajar. Berbagai media tersebut memiliki kedudukan penting dalam proses pembelajaran sebab tidak semua pengalaman belajar dan semua bahan pelajaran dapat disajikan secara langsung. Misalnya tidak mungkin bagi guru untuk mengajak siswa menjelajah angkasa luar untuk mempelajari tentang sistem tata surya.

Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya baik yang menyangkut pengetahuan, keterampilan maupun sikap.

Media pembelajaran merupakan sarana penyampaian pesan pembelajaran kaitannya dengan model pembelajaran langsung yaitu dengan cara guru berperan sebagai penyampai informasi dan dalam hal ini guru seyogyanya menggunakan berbagai media yang sesuai. Media pembelajaran adalah alat bantu proses pembelajaran.

Pemilihan media yang tepat dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran. Hal yang diperhatikan dalam pemilihan media diantaranya kepraktisan media yang akan digunakan, media yang dipilih dapat digunakan oleh guru maupun peserta didik, dan sesuai kemampuan pembiayaan sekolah. Guru harus memiliki pengetahuan tentang kemampuan peserta didik yang diajarkan, agar guru dapat memilih media yang tepat dan benar sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga mencapai hasil belajar maksimal.

IPA merupakan pengetahuan yang rasional dan obyektif tentang alam semesta dengan segala isinya. IPA adalah cara atau metode untuk mengamati alam yang sifatnya analisis, lengkap, cermat serta menghubungkan antara fenomena alam yang satu dengan fenomena alam yang lainnya (Hendro Darmodjo, 1992: 3). IPA sering disebut sains, terjemahan dari kata science yang berarti masalah kealaman (nature).

Aspek penting yang diperhatikan guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA yakni melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya. Pembelajaran IPA dimulai dengan memperhatikan konsepsi atau pengetahuan awal siswa yang relevan dengan apa yang akan dipelajari. Selanjutnya aktivitas pembelajaran dirancang melalui berbagai kegiatan nyata dengan alam. Kegiatan pengalaman nyata dengan alam ini dapat dilakukan di kelas atau laboratorium dengan alat bantu pelajaran maupun dilakukan langsung di alam terbuka.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, media pembelajaranpun mengikuti perkembangan yang cukup pesat mulai dari media pembelajaran yang sifatnya sederhana sampai media pembelajaran yang sifatnya rumit. Dalam hal ini munculnya LCD proyektor yangg mempengaruhi kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

LCD (Liquit Crystal Display) merupakan salah satu alat optik dan elektronik. Sistem optiknya efesien yang menghasilkan cahaya amat terang tanpa mematikan (menggelapkan) lampu ruangan, sehingga dapat memproyeksikan tulisan, gambar, atau tulisan dan gambar yang dapat dipancarkan dengan baik ke layar. Jadi media LCD adalah sebuah alat elektronik berupa layar proyektor berfungsi menampilkan gambar visual, sebagai sarana pendidikan dipergunakan untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran.

Tujuan penggunaan LCD proyektor sebagai media pembelajaran memberikan motivasi peserta didik, merangsang peserta didik mengingat apa yang sudah dipelajari dan memberikan rangsangan pelajaran serta mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Untuk menggunakan atau mengoperasikan proyektor ini membutuhkan dan menggunakan bantuan komputer. 

Buku ASYIK BELAJAR IPA SD DENGAN MEDIA LCD Karya Ibu HJ. Jawahir, S.Pd ini sangat bagus sekali. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam secara kooperatif menggunakan media LCD pada materi Sistem Tata Surya dapat dijadikan alternatif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, interaktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Semoga Pembelajaran yang terpola demikian dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa dalam kerja kelompok sekaligus meningkatkan aktivitas pembelajaran guru.


Salam Blogger Persahabatan 
Omjay 
http://wijayalabs.com 
 
Menulislah Terus setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi

1 komentar:

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.