Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Rabu, 27 Mei 2020

Guru Kreatif di Masa Pandemi

Guru Kreatif di Masa Pandemi. Sekarang ini sedang dicari Mas menteri. Hal itulah yang saya lihat kini. Terkuak dari guru yang terpilih bertemu mendikbud Nadiem Makarim lewat online hari ini.

Malam ini saya tak bisa tidur. Istri juga demikian. Padahal ruangan kamar kami ber-AC tapi badan serasa panas. Keringat dingin keluar dari leher dan punggung belakang. Akhirnya kita ngobrol aja sampai pagi.
Saya memutar kembali video percakapan mendikbud dengan para guru inspiratif dan murid yang kreatif. Surat mereka terpilih untuk bertemu dengan mendikbud secara online. Wow inspiratif sekali isinya.

Ibu Santi dari Nganjuk Jawa Timur dan Ibu Maria dari Nusa Tenggara Timur benar benar sangat menginspirasi kami guru-guru di kota besar seperti Jakarta. Kedua guru ini memang layak diberi apresiasi oleh mas menteri.
Saya termasuk guru yang harus banyak bersyukur. Saat pandemi virus Corona merajalela, saya masih bisa berkomunikasi dengan guru dan peserta didik. Akses internet cepat di rumah sangat membantu saya dalam belajar dan mengajar dari rumah. Bahkan beribadah dari rumah.

Terima kasih ya Allah. Di saat banyak orang mengalami kesulitan, saya justru diberikan kemudahan. Berbeda dengan kawan-kawan guru di daerah 3T yang akses internetnya sering menghilang. Jadi teringat sewaktu diundang oleh Pak Mario Teguh. Kita harus menjadi sosok manusia yang kreatif.
Dalam kondisi fasilitas yang tak sama antara guru di kota dan di desa, membuat kita menjadi guru kreatif. Ketiadaan fasilitas dan kemewahan fasilitas membuat kita berpikir keras menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Terkadang dalam posisi sulit kita justru jadi kreatif.

Kegiatan belajar menulis dan menerbitkan buku sudah semakin banyak peminatnya. Mereka tak membayar satu rupiahpun. Guru hanya menyiapkan kuota internet agar bisa menyerap ilmu yang ada di whatsapp group. Para narasumber nasional sudah siap berbagi ilmunya.
Kemampuan membaca guru sangat penting agar bisa menulis. Mereka yang banyak membaca pasti akan mampu menulis. Hal itu perlu dilatih setiap hari. Sebab menulis adalah sebuah keterampilan.

Cara saya melatih menulis adalah dengan mengajak guru membuat blog gratis di internet. Kawan kawan guru bisa belajar menulis di blog. Guru dapat memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran online.
Selain itu, guru bisa pesiar dari pulau ke pulau. Indonesia adalah negara kepulauan. Perlu waktu 37 tahun untuk menjelajahi semua kota di Indonesia dengan menginap semalam. Dengan blog anda bisa piknik kesana dan kemari.
Dari bangun tidur sampai tertidur lagi sudah banyak blog saya kunjungi. Dari Aceh hingga Papua saya lalui dalam hitungan menit saja. Inilah salah satu keajaiban blog. Kita bisa saling berkunjung ke blog guru lainnya. Bahasa Inggrisnya Blog Walking. Saling berkunjung ke blog orang lain.
Malam ini menjelang waktu dinihari. Pukul 01.57 wib saya membaca blog ibu Herlina yang menginspirasi. Beliau seorang guru di Batam kepulauan Riau. Anda bisa berkunjung dan memberikan komentar ke blog http://herlinadk.blogspot.com.
Seandainya semua guru rajin menulis di blog, dan berbagi ilmunya lewat blog, maka dunia pendidikan Indonesia akan semakin maju. Tanpa diminta para guru menulis sendiri pengalamannya. Mereka saling berbagi pengalaman tanpa dipaksa atau dikasih hadiah kuota internet.
Saya mengajak para pembaca untuk membuat blog, dan mengisinya sedikit demi sedikit dengan kegiatan sehari sehari. Hal itulah yang saya lakukan hingga terbit 14 buku. Buku yang baru saja saya terbitkan adalah Catatan harian Seorang Guru Blogger.


Wabah covid 19 ini membuat guru dipaksa kreatif dengan keadaan. Guru yang kreatif tak akan pernah menyerah. Mari kita tuliskan pengalaman itu di blog. Dokumentasikan semua kegiatan anda di blog sebagai alat rekam yang ajaib. Keajaibannya akan anda rasakan setelah anda menjadi blogger.

Dahulu blog hanya bisa berisi teks. Sekarang sudah bisa diisi foto dan video. Blog menjadi semakin menarik dengan pernak perniknya yang bisa diganti sesuai dengan keinginan hati. Berbagai template bisa anda pilih sesuka hati.
Selamat menulis di blog bapak dan ibu guru. Rasakan kenikmatan menulis setiap hari. Lalu perhatikan apa yang terjadi.
Salam blogger persahabatan
Omjay
Guru blogger Indonesia



Menulislah Terus setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi

21 komentar:

  1. Salam om jay..menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi...
    Motivasi itu yg sll kmi ingat om.. Terimakasih u smua ilmu yg d brikan..

    BalasHapus
  2. Setuju Om Jay....manfaat dibalik menulis sungguh luar biasa

    BalasHapus
  3. tulisan yang luar biasa dari kejadian sehari2 dialami. kalau ditata dengan baik terasa renyah, enak untuk dibaca. semoga menjadi inspirasi bagi guru yang lain...

    BalasHapus
  4. tulisan yang luar biasa dari kejadian sehari2 dialami. kalau ditata dengan baik terasa renyah, enak untuk dibaca. semoga menjadi inspirasi bagi guru yang lain...

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, terimakasih banyak omjay, insya Allah kami akan selalu berusaha untuk menulis, terimakasih banyak omjay

    BalasHapus
  6. Semangat untuk menjadi guru yang kreatif, inovatif dan inspiratif bagi anak didik dan masyarakat.

    BalasHapus
  7. Om Jay mksih menginspirasi 1000 guru lebih jd blogger dan yutubber

    BalasHapus
  8. luar biasa karyanya. semoga bisa memotivasi guru yang lain. sehingga semakin banyak tulisan dan karya....

    BalasHapus
  9. Kasih om Jay insfirator ribuan guru jd blogger dan you tubber

    BalasHapus
  10. Mantul mksih om kay penggerak 1000 guru jd blogger dan you tubber

    BalasHapus
  11. keren Om Jay saya mulai mau nulis berkat ilmu omnJay

    BalasHapus
  12. Luarbiasa Om Jay... Super sekali..

    BalasHapus
  13. Mmng semua berawal dari diri sendiri..trims Om Jay

    BalasHapus
  14. MasyaAllah, lagi mumet2 buat RPP dan persiapan IHT. eh nemu ini tulisan :D
    Mantap.. Jadi ad ide nih buat nulis(RPP dan Bahan Ajar) lagi hehehe

    BTW Bahan Ajar jaman pandemi ini benar2 menguras pola pikir om :D

    oh ya, jejak kakinya lupa..
    salam www.hilmynotes.com

    BalasHapus
  15. Semoga saya bisa belajar menulis seperti pak jay,trimksih ilmunya

    BalasHapus
  16. Bagaimana bisa memulai menulis, kategori tulisan seperti apa,mhon bgi ilmunya

    BalasHapus
  17. Inspiratif, Pak Wijaya.
    Sekedar berbagai, selain untuk mengkomunikasikan ide, menulis juga bisa digunakan untuk membentuk ide. Saya menguraikannya di sini:
    https://www.weedutap.com/2020/02/berpikir-untuk-menulis-atau-menulis.html

    BalasHapus
  18. terimakasih Omjay, selalu enak dinikmati, baca tulisan Omjay yang panjangpun, tak terasa sudah selesai

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.