Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Kamis, 07 Februari 2008

SEMINAR NASIONAL ICT

”THE POWER OF ICT IN EDUCATION”

PENDAHULUAN

Perubahan era industrialisasi menjadi era informasi telah terjadi, era industri yang ditandai dengan dibangunnya pabrik-pabrik berskala menengah dan besar telah mengguncang dunia, baik secara ekonomi maupun secara sosial. Tahun 2000, era informasi juga telah mengguncangkan dunia, bahkan lebih dahsyat dari yang pernah dibayangkan oleh masyarakat, informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat. Setiap perkembangan, dapat dengan mudah dan cepat diinformasikan kepada masyarakat, batasan ruang dan waktu telah dihilangkan. Alvin Toffler benar, era industrialisasi akan berakhir dengan dimulainya era baru, yakni era informasi.

Era informasi telah dimulai, teknologi menjadi suatu keharusan, tidak ada satu bidang pun didunia ini yang tidak tersentuh oleh teknologi, termasuk teknologi informasi dan komunikasi. Kecepatan dan ketepatan kita dalam mendapatkan informasi menjadi suatu peluang dan kekuatan, karena dengan mendapatkan informasi, kita dapat menentukan sesuatu lebih akurat. Information and communication technology (ICT) atau lebih dikenal dengan istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah suatu alat untuk mempermudah dan mempercepat kita dalam mendapatkan informasi dan berkomunikasi.

Perkembangan ICT di Tanah Air masih tertinggal jauh dibandingkan negara-negara lain. Cina, Singapura, Malaysia, dan India, lebih maju dari kita dilihat dari sisi pengetahuan dan pemanfaatan ICT. Perkembangan ICT sangat dipengaruhi oleh peran pemerintah dan dukungan masyarakat. Peran pemerintah dapat dinilai dari upaya-upaya yang telah ditetapkan, baik regulasi pemerintah dari segi peraturan atau perangkat hukum, maupun regulasi dari segi penyediaan sarana dan prasarana ICT. Peran masyarakat, selaku pengguna dan pemakai secara langsung, juga menentukan cepat atau lambatnya perkembangan ICT. Namun kesadaran masyarakat juga tidak terlepas dari peran pemerintah.

Di Indonesia sudah ada badan yang mengurus perkembangan teknologi informasi, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI)yang dikomandoi oleh Depkominfo. Salah satu target mereka adalah pelaksanaan pemerintahan online atau e-government. Dengan e-government, pemerintah dapat menjalankan fungsinya melalui media internet. Tujuannya adalah memberi pelayanan kepada publik secara transparan dengan akses yang lebih mudah.

Pendidikan tidak dapat terlepas dari ICT, karena proses pembelajaran dalam pendidikan akan lebih cepat dan efektif ketika dapat memanfaatkan ICT. Selain perubahan paradigma guru, dosen dan praktisi pendidikan dalam menggunakan ICT untuk proses pembelajar tentu sangat berharap adanya kebijakan yang mendukung dalam bidang ICT dari pemerintah.

Kebijakan Depdiknas, Depkominfo dan lembaga-lembaga lainnya untuk mensukseskan percepatan dan maksimalisasi pemanfaatan ICT dalam pendidikan sangat ditunggu-tunggu oleh dunia pendidikan, karena kebijakan tersebut akan menjadi salah satu kunci suksesnya penerapan ICT dalam pendidikan di Indonesia.

Untuk suksesnya penerapan ICT dalam pendidikan di semua lini, Selain dukungan Pemerintah, maka diperlukan penguasaan para guru, dosen dan praktisi pendidikan di bidang ICT. Dengan meleknya mereka pada ICT, diharapkan pendidikan di Indonesia lebih maju dan cepat berkembang.

Berdasarkan hal tersebut di atas, kami mahasiswa S2 Program Studi Teknologi Pendidikan Pasca Sarjana UNJ berkeinginan mengadakan kegiatan Seminar Nasional tentang perkembangan ICT dewasa ini dan kekuatannya dalam dunia pendidikan (The Power of ICT in Education) yang mempertemukan wakil dari pemerintah, para ahli di bidang ICT, para guru yang terlibat ICT di sekolah, dan juga perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ICT.

Seminar nasional ini diharapkan mampu menjembatani antara perkembangan ICT, kesiapan tenaga pengajar, infrastruktur di sekolah, dan kebijakan pemerintah serta keterlibatan dunia usaha dalam memasyarakatkan pembelajaran berbasis ICT yang ada di negara kita. Kita pun berharap ada pengetahuan baru yang dapat diperoleh dari pelaksanaan acara serial seminar ICT ini, dan terus berproses dalam kegiatan-kegiatan workshop atau pelatihan-pelatihan dalam rangka melakukan gerakan melek ICT di dunia pendidikan kita.


“Serial Seminar Nasional Kekuatan ICT Dalam Dunia Pendidikan di Indonesia”


TEMA

“THE POWER OF ICT IN EDUCATION”


FORMAT

Pemaparan dari Wakil Pemerintah, Para Pakar dan Praktisi Pendidikan serta dunia usaha Tentang Pemanfaatan ICT Dalam Dunia Pendidikan


WAKTU DAN TEMPAT

HARI/TANGGAL : SELASA, 15 APRIL 2008
WAKTU : Pukul 08.00 s/d 15.30
TEMPAT : Ruang Aula Perpustakaan UNJ

SASARAN KEGIATAN

1. Guru-guru dan dosen di Indonesia
2. Penentu Kebijakan dan Dunia Usaha yang mendukung perkembangan ICT
3. Keluarga besar Civitas Akademika UNJ

PESERTA POTENSIAL

1. Guru-guru di sekolah negeri dan swasta dari SD, SMP,SMA, dan SMK
2. Para Pemerhati dunia pendidikan atau konsultan pendidikan
3. Perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
4. Khalayak umum yang tertarik dengan ICT dalam dunia pendidikan
5. Mahasiswa umum
6. Mahasiswa UNJ program S1, S2, dan S3
7. Perwakilan dari Pejabat Depdiknas
8. Perwakilan dari Pejabat Depkominfo


PEMBICARA KEGIATAN SEMINAR NASIONAL ICT

Sesi 1 :
”Pemanfaatan ICT di sekolah dan tantangan yang dihadapi”1. Perwakilan Para Guru di sekolah dalam memanfaatkan ICT
a. SD diwakili oleh SD Global Jaya (Agus Sampurno)
b. SMP diwakili oleh SMP Labschool (Wijaya Kusumah)
c. SMA diwakili oleh SMAN 13 Jakarta Utara (Adriansyah)
d. SMKN 3 Jakarta Pusat (Dedi Dwitagama)
2. DR. Onno Purbo (pakar internet)
3. Dr. Baedlowi, Dirjen PMPTK Depdiknas

Sesi 2
”Implementasi ICT dalam pendidikan; tantangan dan peluang di era globalisasi”1. Dirjen Telematika Depkominfo
2. Prof DR. Yusufhadi Miarso, GURU Besar UNJ
3. Indosat Training Centre
4. Gugus Konten, PT. Telkom
5. Dr. Sylviana Murni (Kadis Pendidikan DKI Jakarta)

Sesi 3 :
Pemanfaatan ICT; Membangun Model Pembelajaran di sekolah
1. DR. Romi Wahono (pakar e-learning dari LIPI)
2. Uwes A. Chairuman, M.Pd. (Pustekkom)
3. Tahir Abdullah, Education Manager, Thosiba Indonesia
4. Dra. Dewi Salma Prawiradilaga, M.Sc. (Pakar Disain pembelajaran UNJ)

Contact Person :
1. Sujai 081584899659
2. Wijaya 08159155515
3. Santi 08158818045
4. Eza 08159400695

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.