Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Sabtu, 04 Desember 2010

Belajar Menyenangkan di Sucofindo Cibitung Bekasi


Jum'at , 3 Desember 2010 saya diminta oleh bapak Abdul Hadi Wijaya untuk memberikan materi belajar yang menyenangkan di Aula Sucofindo Cibitung. Acara yang digagas oleh konsutan pendidikan PT. SAGA Bandung ini bekerjasama dengan dinas pendidikan kabupaten Bekasi. Ada sekitar 400 orang guru SD dan SMP Negeri di kabupaten Bekasi hadir.


Sebagai seorang trainer, dan pembicara di bidang pendidikan, tentu saya sangat senang dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan teman-teman guru. Apalagi guru-guru sekolah negeri yang ada di kabupaten Bekasi.


Dalam seminar manajemen peningkatan mutu pendidikan di Aula Sucofindo ini, saya diminta memberikan atau menyampaikan materi bagaimana caranya agar belajar menjadi menyenangkan. Menyenangkan pendidik dan juga peserta didik.

Sebenarnya materi ini sudah pernah saya tuliskan di blog kompasiana.com di SINI. Bagi anda yang belum membacanya silahkan mampir.


Banyak hal yang saya sampaikan dalam seminar itu, dan saya berharap apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk teman-teman guru dalam meningkatkan kinerjanya sebagai seorang guru. Sebab biar bagaimanapun seorang guru dituntut kreatif agar pembelajaran yang diampunya menjadi menyenangkan. Bila pembelajaran itu sudah menyenangkan, maka segudang prestasi peserta didik akan diraih.


Sebagai seorang guru, tentu kita dituntut untuk mampu menggiring siswa belajar dalam keadaan menyenangkan. Bila peserta didik dalam keadaan senang dan gurunya juga senang, maka akan terlihatlah proses pembelajaran yang menyenangkan itu. Guru dan siswa sama-sama happy.


Dalam seminar ini, saya menjawab beberapa pertanyaan teman-teman guru guru seputar masalah-masalah pembelajaran yang mereka alami sebagai seorang guru. Saya menyimak pertanyaan mereka, dan memberikan jawaban dari pertanyaan mereka.


Ada seorang bapak guru yang bertanya bagaimana caranya agar bisa melakukan humor di depan peserta didik. Pak guru itu mengatakan agak kesulitan dalam menyisipkan humor ke dalam pembelajaran. Seringkali bahkan kehabisan ide humor-humor segar agar suasana belajar menjadi menyenangkan.


Belajar menyenangkan di Sucofindo Cibitung Bekasi membuat saya semakin menyadari akan pentingnya belajar yang menyenangkan. Tentu para guru diharapkan mampu menyajikan belajar yang menyenagkan setelah mendapatkan materi ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan langsung oleh teman-teman guru dalam proses pembelajaran di sekolah. 

Buat pembaca yang tertarik dan menginginkan materi belajar menyenangkan, dapat mengirimkan email ke wijayalabs@gmail.com.


Salam Blogger Persahabatan
Omjay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.