Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Senin, 03 Februari 2020

MEMPERTAHANKAN PASSION Oleh Johan Wahyudi

MEMPERTAHANKAN PASSION
Oleh Johan Wahyudi

Jika Anda pernah ke dokter, pasti ada perbedaan tarif ketika bertemu dokter umum dan spesialis. Tarif dokter umum berkisar 50 ribuan sudah termasuk obatnya, sedangkan dokter spesialis minimal 300an ribu dan obatnya harus ditebus ratusan ribu. Rerata sekali periksa ke dokter spesialis butuh 500an ribu. Mahal sekali ya. Mengapa berbeda? Karena passion alias keahlian khusus yang dimilikinya.

Dunia menulis mirip dunia medis. Penulis umum berkhayal sukses dengan segala jenis tulisan yang dibuatnya. Apakah laku? Jarang sekali laku dijual karena pembaca pasti jenuh. Tentu saja bosan. Mosok guru menulis politik. Nggak spesifikasi dong....
Berbeda halnya penulis spesialis. Mungkin spesialis puisi, cerpen, artikel, modul, buku, jurnal dan lain-lain. Secara umum bisa dibedakan menjadi dua, yakni spesialis penulis fiksi dan nonfiksi.
Jika mampu bertahan dan mempertahankan passion pada jenis tulisan, pasti harganya mahal. Mahal sekali. Mungkin jauh lebih dari ekspektasi Anda sebagai penulisnya.
Sebaliknya, jika keblinger dengan segala jenis tulisan, jangan mimpi pembaca tertarik. Melirik pun malas. Boro-boro membeli.
Sekarang kembali kepada Anda. Mau dihargai mahal atau sekadar recehan. You have many choice.... 👍👍👍
Note :
Ini adalah topik seminar online yang saya sampaikan malam ini bersama Mas Wijaya Kusumah

Salam Blogger Persahabatan 
Omjay http://wijayalabs.com 
 Menulislah Terus setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi

1 komentar:

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.