Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Jumat, 17 Juli 2020

Menghimpun yang Berserak dan Menulis dalam Kesibukan

KATA Pengantar Guru Blogger Indonesia
Wijaya Kusumah (Omjay)

Menerbitkan buku ber-ISBN adalah kebanggan penulisnya. Ibu Juni Marlinda Rambe, S.Pd adalah salah satu peserta yang rajin membuat resume. Saya baca di email omjaylabs@gmail.com, resumenya sangat lengkap. Tak ada satu pertemuanpun beliau lewatkan. Saya hanya meminta beliau membaca kembali dan menyatukannya dalam sebuah file.

Suatu hari beliau mengirimkan pesan di WA. Katanya beliau ingin resume yang dibuat menjadi buku yang menarik dan enak dibaca. Beliau meminta saran judul yang tepat untuk bukunya ini. Lalu saya sarankan untuk bertanya kepada penerbit saja. Sebab mereka lebih paham selera pasar. Saya minta beliau membaca ulang naskah bukunya dan membuat daftar isi dan profil penulisnya. Saya meminta beliau untuk membaca buku ber-ISBN yang sudah dicetak.

Baru pagi ini, hari Jumat pagi saya sempatkan diri untuk membuat kata pengantar atau sambutan buku yang beliau minta. Kegiatan begitu padat sekali sehingga banyak teman-teman guru yang minta dibuatkan kata pengantar belum sempat dikerjakalan. Mohon dimaafkan!

Saya baca pelan-pelan draft naskah buku beliau yang dikirimkan melalui aplikasi WA. Sungguh saya tak pernah menyangka kalau isinya sangat bagus sekali buat para penulis pemula. Para narasumber telah berbagi ilmu dan pengalamannya dalam dunia tulis menulis. Lebih dari 20 orang narsumber telah berbagi ilmunya. Saya hanya mengambil 2 saja di kata pengantar ini.

Salah satu narsum yang membuat saya terkesan adalah bapak Ukim Komarudin. Beliau adalah salah satu teman sejawat yang sukses merah karirnya dari menulis. Menurut beliau menulis merupakan ekspresi pribadi, menulis dengan jujur, sejujur-jujurnya. Apa adanya, menulis apa saja. Oleh karena beliau seorang guru, beliau menulis terkait pelajaran. 

Ada beragam kegiatan berupa proposal, liputan kegiatan siswa yang harus dituliskan di majalah dan menulis buku harian menjadi hobinya setiap hari. Begitulah setiap saat diisi oleh kegiatan menulis hingga tulisan itu mulai dilirik oleh orang–orang terdekat yang dalam hal ini teman-teman guru. Beliau menulis dari beragam kejadian, beragam waktu, dan dari beragam tokoh. Sehingga beliau menulis judul buku tersebut “Menghimpun yang Berserak“.

Belajar dari pengalaman pak Ukim itu, mungkin ibu Juni ingin mengimplementasikannya menjadi buku motivasi untuk para penulis. Begitu banyak file resume kuliah online berserakan di email. Sudah saatnya dirajut menjadi sebuah buku yang enak dibaca dan menginspirasi pembaca.

Hal kedua yang saya dapatkan dalam buku ini adalah materi bapak Much.Khoiri  yang biasa disapa Master Emcho. Beliau dosen & penulis 42 buku dan mengajar di Unesa Surabaya. Topik beliau sangat menarik, yaitu Menulis dalam Kesibukan.

Beliau mengingatkan bahwa “penulis sejati akan mencurahkan daya dan pikirannya untuk menghasilkan tulisan. Andaikata ia tidak sedang menulis, ia pastilah memikirkan tentang apa yang ia hendak tulis. Ada waktu istimewa yang dipilihnya, yang paling nyaman, untuk larut dalam menulis. Ia tidak membiarkan satu hari pun tanpa menulis. Menulis sama wajibnya dengan membaca.

Menurut Much. Khoiri bahwa “Apa yang kita angankan akan lenyap, apa yang kita katakan akan musnah, apa yang kita lakukan akan tak tersisa-kecuali dituliskan. Ia akan abadi dan menyejarah”. Semoga buku yang dituyliskan oleh ibu Juni Marlinda Rambe ini dapat menghilangkan dahaga ilmu dan memotivasi banyak guru untuk menulis setiap hari di sel-sela kesibukannya.


Salam Blogger Persahabatan
Omjay, Guru Blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

10 komentar:

  1. menarik semoga sukses peserta belajar menulis bersma Omjay

    BalasHapus
  2. Mantap, barokallah Bu Juni juga Om Jay. Semoga buku nya bermanfaat bagi semua...

    BalasHapus
  3. Inspirasi tiada henti
    Terimakasih Om Jay

    BalasHapus
  4. Mantap omjay.. Saya juga nau lah dibuatkan kata pengantar tuk buku solo saya..🙏🙏

    BalasHapus
  5. Siiipp..mdh2an saya bisa mnyusulnya

    BalasHapus
  6. Pingin juga dibuatkan omnjay, semoga saya bisa menyusul

    BalasHapus
  7. Mantul...saya bisa tidak ya...baru diberi cobaan sedikit saya sudah tertinggal menulis resume.,mohon sarannya Om Jay....

    BalasHapus
  8. Saya juga semoga bisa diberi pengantar Omjay

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.