Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Senin, 02 Januari 2023

Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi!

Menulis adalah kemahiran berbahasa yang keempat. Hal yang pertama adalah mendengar, kedua adalah berbicara, ketiga adalah membaca, dan yang keempat sekali lagi adalah menulis. Oleh karena itu biasakan menulis setiap hari dari apa yang disukai dan kuasai.

Semenjak Omjay memiliki blog pribadi di internet, Omjay berusaha kuat setiap harinya untuk menulis di blog. Adanya media blog membuat Omjay memiliki komitmen untuk menulis setiap harinya. Rasanya kalau tidak menulis sehari saja seperti ada yang kurang atau hilang dalam diri Omjay. Bagaikan anak kecil yang kehilangan buku tulis karena sedang belajar menulis. 

Blog adalah alat rekam yang ajaib. Keajaibannya akan anda rasakan seiring dengan anda mengelola blog dengan baik. Omjay memulai menulis di blog gratisan https://wijayalabs.blogspot.com.

Membuat blog itu sangat mudah, hal yang susah adalah mengisinya dengan tulisan-tulisan kita yang enak dibaca oleh orang lain. Setelah senang menulis di blog gratisan, saya menulis di blog gratisan lainnya yang bernama https://wijayalabs.wordpress.com.

Menulis dan membaca adalah dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Tak ada penulis yang tidak rajin membaca. Semua itu berproses yang dimulai dari adanya ide. Ketika ide muncul lekaslah menulis tanpa mengedit terlebih dahulu. Editlah tulisan setelah ide yang ada dalam otak Anda sudah tersalurkan dengan baik melalui tulisan. 

Jangan ragu dan takut salah. Teruslah menulis, karena dengan menulis Anda akan melatih otak, mata, dan bibir Anda agar bersinergi dengan kedua tangan Anda. Bila otak, mata, bibir, dan tangan sudah menyatu, maka akan terlahirlah tulisan yang bermutu. Tulisan yang bermutu akan menarik hati setiap orang yang membacanya. Itulah mengapa kami membuka kelas belajar menulis GRATIS agar anda bisa menulis. KBMN PGRI kami bangun untuk menggiatkan literasi di negeri ini.

Jadilah penulis terkenal dengan membiasakan diri menulis setiap hari. Tak ada penulis terkenal yang langsung dikenal hanya satu atau dua kali menulis. Mereka semua mengalami apa yang disebut proses menulis. Menulis apa saja yang ada dalam alam pikirannya saat itu dan membuat tulisannya penuh makna agar enak dibaca. Biasakan untuk membaca ulang kalimat demi kalimat sebelum anda memposting sebuah tulisan.

Tulisan yang baik tidak langsung sekali jadi. Karena itu, proses editing harus juga dikuasai oleh penulis yang baik bila tulisannya mau dibaca oleh orang lain. Kegiatan pokoknya menulis lalu mengedit sudah harus dibiasakan mulai dari sekarang. Tulislah apa saja yang menarik hati dan tulislah apa saja yang Anda kuasai. Jangan menuliskan apa yang tidak Anda kuasai, karena tulisan Anda akan terasa hambar. Seperti sayur tanpa garam.

Namun dari semua hal di atas, Anda harus dapat menghilangkan rasa malas menulis dan membaca dalam diri Anda bila ingin menjadi penulis terkenal. Tak ada satu pun penulis terkenal yang tak rajin membaca dan menulis. Berlatihlah terus menulis sehingga Anda memiliki jam terbang yang tinggi dalam menulis. Tak ada orang yang pandai menulis selain berlatih dan terus berlatih menulis setiap hari.

Menulislah setiap hari dengan hati. Biasakan menulis sebelum tidur. Lalu buktikanlah dan perhatikanlah apa yang terjadi. Anda akan merasakan bahwa menulis adalah obat hati untuk mendekat kepada Ilahi. Spiritualitas diri akan anda temukan kalau anda mampu menguasai diri.

Semoga Anda semua dapat melakukan kegiatan menulis setiap hari dengan komitmen yang tinggi. Bila Anda kesulitan waktu untuk menulis, maka lawanlah hawa malas dari diri Anda sendiri. Anda harus menjadi panglima dalam diri Anda sendiri. Jangan biarkan diri Anda dipimpin oleh kemalasan. Kalau bukan sekarang Anda untuk membiasakan menulis, lalu kapan lagi?

Ingatlah selalu mantra ajaib Omjay, "MENULISLAH SETIAP HARI DAN BUKTIKAN APA YANG TERJADI."





Salam Blogger Persahabatan 
Omjay 
Menulislah Terus setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi

99 komentar:

  1. Tulisan omjay, membuat saya berani menulis kan hal-hal sederhana yang terjadi hari ini, awalnya saya mau keluar aja dari grup menulis karena temannya sudah banyak yang berpengalaman, tapi setelah saya membaca tulisan omjay ini, saya memberanikan diri, walaupun masih sangat sederhana.

    BalasHapus
  2. Masyaalloh..
    Sangat inspiratif om Jay

    BalasHapus
  3. Teruslah menulis, jika bisa sekarang mengapa harus nanti.

    BalasHapus
  4. tulisannya enak dibaca om jay, semoga saya bisa seperti itu.

    BalasHapus
  5. Sungguh luar biasa...motivator yg sangat keren

    BalasHapus
  6. Selalu menginspirasi

    BalasHapus
  7. Membuat Blog itu mudah, yang sulit adalah mengisinya. Menulislh dengan hati. Matur nuwun, OmJay....

    BalasHapus
  8. Setuju, Om Jayđź‘Ťđź‘Ťtulisan anda sangat memotivasi saya untuk terus berkarya❤️❤️

    BalasHapus
  9. Luar biasa... Sangat memotivasi saya yang sangat pemula belajar menulis. Semoga bisa mengikuti jejak Om Jay

    BalasHapus
  10. Selalu keren dan menginspirasi om jay

    BalasHapus
  11. Tulisan Om jay membuat saya semangat untuk mulai menulis...

    BalasHapus
  12. Alhamdulillaah......
    Terima kasih, Bapak.
    Sangat menginspirasi dan memotivasi saya, semoga saya dapat mengikuti jejak OmJay,.
    Walaupun terlambat, saya akan berupaya secara maksimal untuk bisa menjadi penulis yang baik, dengan mengikuti mantra ajaib Omjay, "MENULISLAH SETIAP HARI DAN BUKTIKAN APA YANG TERJADI."

    BalasHapus
  13. Siap Om Jay. Menulis akan menjadi kebiasaan kami

    BalasHapus
  14. Tulisan om jay menginspirasi sy untuk menulis, saya punya blog tapi saya isi i pembelajaran dan baru 2 bulan kemarin sy isi cerita kegiatan saya karena saat itu saya mengikuti pelatihan PembaTIK

    BalasHapus
  15. Tulisan ini membuat saya punya kekuatan untuk melanjutkan tantangan menulis ...dan terus menulis...hingga diri mampu menulis seperti aliran air sungai yang jernih yg akan dirindukan oleh orang yang membacanya.. Terimakasih Om Jay.

    BalasHapus
  16. Luar biasa om jay, semoga niat menulis setiap hari bisa konsisten

    BalasHapus
  17. terimakasih omjay atas ilmunya,.. semoga saya bisa mengamalkannya..

    BalasHapus
  18. Luar biasa dan menginspirasi. Terima kasih om Jay.

    BalasHapus
  19. Saya sangat suka dengan penutup tulisan Om Jay. Rasa malas memang harus dilawan, dan yang bisa melawan adalah diri kita sendiri. Oleh karena itu, kita harus bisa menjadi panglima bagi diri kita sendiri untuk melawan kemalasan menulis dan membaca.

    BalasHapus
  20. sungguh luar biasa, tulisan om jay menggugah pikiran saya yang selama ini masih tidur dan terpuruk, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti contoh baik dari om jay....trimakasih omjay

    BalasHapus
  21. Menarik, menginspirasi, memotivasi

    BalasHapus
  22. Om Jay memang luar biasa. Saya yang memulai di Usia 60 th, keponthal-ponthal. Tetapi meskipun begitu, saya akan terus berusaha untuk bisa terus mengikuti. Menulis-menulis dan menulislah. Dan yang terjadi saya selalu tercengang. Karena ternyata tulisan saya published. Cihuiiii....akhirnya saya benar-benar jadi penulis. Allahu Akbar.

    BalasHapus
  23. Maksih byk inspirasinya Om Jay..sy Bau Edar dr Bulukumba SUL sel...menulis adalah obat hati untuk mebdekat pada Ilahi...kalimat ini sgt memberukan saya inspirasi....semoga Allah melimpahkan rahmat Nya kepada Om Jay..

    BalasHapus
  24. Sangat menginspirasi Om Jay..membuat saya tergugah semangatnya

    BalasHapus
  25. Semoga materi ini dapat menyulut semangat saya dalam menulisđź’Şđź’Ştopmarkotop, om jayđź‘Ťđź‘Ť

    BalasHapus
  26. Keren. Sangat memotivasi. Terima kasih, Pak.

    BalasHapus
  27. Waduh saking gembiranya nih, sampai tidak saya perhatikan bahasanya. Oke di resume nanti saya pasti berhati-hari.

    BalasHapus
  28. Tulisan ini sangat inspiratif dapat memotivasi saya untuk terus mau menulis setiap hari

    BalasHapus
  29. Sangat inpiratif dan memotivasi, Terimakasih OmJay

    BalasHapus
  30. Semoga bisa Om Jay menulis setiap hari

    BalasHapus
  31. Di akhir paragraph pertama pada BLOG Om Jay … tertulis
    “biasakan menulis setiap hari dari apa yang disukai dan kuasai.”
    Kalau saya menuliskan curahan hati yang selalu galau… apakah sesuai…??

    BalasHapus
  32. Setuju sekali pak. Menulis memang harus diawali dengan niat. Jika niat sudah benar dan konsisten, maka menulis akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Rasanya semua sudut dan peristiwa dalam hidup kita, ingin selalu dicurahkan dalam kata dan makna.

    BalasHapus
  33. Maasyaa Allah....tulisan om Dok Jay membuat pembaca bangkit semangat untuk menulis. Semoga aku bisa mengikuti langkah om Dok Jay

    BalasHapus
  34. Saya in gin mengikuti jejak Omjay

    BalasHapus
  35. setelah membaca postingan om jay saya merasa tertantang untuk mencoba menulis hal-hal sederhana yang saya alami dan rasakan. semoga saya bisa menulis dengan jujur dari hati.

    BalasHapus
  36. Tulisan om jay sangat menggugah saya untuk belajar menulis, semoga saya bisa menyelesaikan tugas mulia ini, mohon bimbingannya om jayđź‘Ťđź‘Ťđź‘Ť

    BalasHapus
  37. Menulis akan menjadi kegiatan yang mengasyikkan jika kita sudah mengetahui kuncinya. Mulai dengan konsisten dan komitmen menulis setiap hari dengan rutin, menulis apapun. Apalagi sekarang media untuk menulis sangatlah banyak seperti sosial media, blog pribadi, maupun website profesional.

    BalasHapus
  38. Tulisan Om Jay membakar semangat untuk selalu memanfaatkan waktu se optimal mungkin tuk menorehkan kata demi kata..KREEN Belajar terus agar bisa menggapai impian

    BalasHapus
  39. Sebagai orang yang pertama kali belajar menulis tentu masih bingung mau memulai dari mana, setelah membaca tulisan Om jay memotivasi saya untuk memulai belajar menulis.terima kasih Om Jay sukses selalu.

    BalasHapus
  40. Saya sangat tertarik dengan kata ini menulis dari hal yang tidak penting menjadi penting dan itu akan menjadi inspirasi saya kedepan tidak ada yang tidak penting dlam hidup kita hanya kita belum menyadari. semangat.... terima kasih om Jay...

    BalasHapus
  41. Nuari Sri Wulandari9 Januari 2023 pukul 20.31

    sangat menginsfirasi...semoga saya istiqomah dalam menulis...

    BalasHapus
  42. Tulisan Om Jay sangat menginspirasi

    BalasHapus
  43. Luar biasa semoga bisa mengikuti jejak om jay

    BalasHapus
  44. "Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi" Setelah membaca kalimat tersebut seperti sebuah HP yg di cas, semangat 45 untuk bisa menulis, semoga bisa istiqomah menulis setiap hari seperti Omjay.

    BalasHapus
  45. Alhamdulillah, akhirnya saya mendapatkan kesempatan untuk bisa bertemu dengan seorang penulis inspiratif yang sukses, doa saya terjawab sekarang, setelah sekian la hanya bermimpi kapan dan dengan siapa saya bisa belajar menulis, karena ketakutan saya menulis yang tidak benar membuat saya selalu menunda -nunda untuk menulis apa saja yang dalam benak saya yang saya ungkapkan.Terima kasih Ya Allah.. Terima kasih om Jay.. Bisa kenal dan ikut belajar menulis, meskipun kurang percaya diri karena merasa benar- benar belum bisa.

    BalasHapus
  46. Pesan yang baik, sangat edukatif, terima kasih OmJay

    BalasHapus
  47. Mudah dibaca tapi belum tentu mudah dalam praktek. Yang jelas memang tidak ada jalan yang mudah untuk sebuah keberhasilan. "Mantra" Om Jay adalah penyemangat Karena kesuksesan menulis bukan sesuatu yang mustahil. Jadi, mantra ini patut dicoba... Terima kasih, Om Jay. (Peserta KBMN 28)

    BalasHapus
  48. tulisan ini membuat saya bersemangat untuk menulis yaitu strategi memulai tanpa ragu untuk salah, dan mengedit sebelum memposting

    BalasHapus
  49. Sangat menginspirasi tulisan Om Jay. Menjadi bshan bakar saya hari ini untuk belsjar menulis ( sulistiyani KBMN 28) Salam literasi

    BalasHapus
  50. Masya Allah..tulisan Om Jay ini langsung mengikis banyak keraguan di hati saya untuk menulis. Terima kasih ya Om..

    BalasHapus
  51. SINTA PUSPITA CAHYATI9 Januari 2023 pukul 20.36

    Subhanallah terimakasih om Jay
    Sangat menginspirasi karyanya, bisa bikin saya semangat membuat karya menulis

    BalasHapus
  52. Menjadi motivasi untuk mulai menulis

    BalasHapus
  53. Om Jay ini blogger panutan saya, dengan tagline "menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi" dan terbukti pada diri saya maka saya pun membuat tagline "tidak menulis setiap hari lihatlah yang terjadi pada dirimu"

    BalasHapus
  54. Betul sekali om Jay, dan insyaAlloh akan segera saya ikuti saran ini

    BalasHapus
  55. Sangat menginspirasi dan menggugah hati untuk mencurahkan segala yang ada dalam pikiran untuk dituangkan dalam goresan tulisan-tulisan yang bisa bermanfaat untuk orang lain.

    BalasHapus
  56. Sangat menginspirasii sekalii OmJay

    BalasHapus
  57. Sangat Menginspirasi sekali OM Jay, semoga bisa mengikuti jejak langkahnya... dari Edmu KBMN Gelombang 28

    BalasHapus
  58. Mantap Om Jay..akan saya buktikan

    BalasHapus
  59. Tulisan Om Joy memang keren banget sangat menginspirasi

    BalasHapus
  60. Ternyata membaca dan menulis adalah keterampilan yang tak dapat dipisahkan.

    BalasHapus
  61. Khusnul Khatimah Yeni Arifianti9 Januari 2023 pukul 20.51

    Bismillah, Alhamdulillah sudah berkesempatan berkenalan dengan Om Dok Jay yang sangat menginspirasi baik tulisan beliau, motivasi untuk menulis dan pengetahuan bagaimana caranya menulis setiap hari, bermakna dan bermanfaat bagi literasi masyarakat. Semoga bisa menerbitkan buku solo perdana saya dalam kegiatan KBMN PGRI 28 ini. Aamiin

    BalasHapus
  62. Saya sudah merasakan kekuatan dari menulis, jiwa dan pemikiran saya rasanya diperbarui

    BalasHapus
  63. Pedang akan tajam jika di asah begitu juga menulis perlu tajam apabila dinlatih, latih dan latih

    BalasHapus
  64. Sangat menginspirasi. terimakasih Om Jay

    BalasHapus
  65. Om jay sangat menginspirasi, seharusnya setiap orang pasti bisa menulis

    BalasHapus
  66. Setuju om jay, kegiatan menulis dan membaca itu tidak dapat dipisahkan. Karena dengan membaca, pengetahuan dapat berkembang dan dengan menulis, ilmu yang kita dapat bisa dibaca kembali

    BalasHapus
  67. Sungguh sangat luar biasa Om Jay

    BalasHapus
  68. Menulis dengan hati♥

    BalasHapus
  69. Dengan menulis kita akan menemukan spiritual diriđź‘Ťđź‘Ť

    BalasHapus
  70. Masyaa Allah, om jay selalu menginspirasi

    BalasHapus
  71. Siti Anisa Nurlimawaty9 Januari 2023 pukul 21.13

    Masya Allah
    Luar biasa, om Jay

    BalasHapus
  72. Benar sekali OmJay... menulis setiap hari akan mengasah karya tulisan kita mnjd lebih dan lebih baik dari hari ke hari. Sy sdh menulis di blog sy di Kompassiana dan sempat mecet selama bertahun-tahun. Dan utk mengawalinya lg perasaan sulit banget. Minta resep dong OmJay agar terbiasa lg menulis apa yg dilihat, apa yg dirasakan, dan apa yg diketahui ... terima kasih OmJay...

    BalasHapus
  73. Sangat menginspirasi... Terima kasih om Jay

    BalasHapus
  74. Awalnya saya agak berat dg tugas 30 resum ini mengingat banyaknya aktifitas, hampir saja saya ingin menyerah kalau tidak mengingat keinginan saya dan teman2 yg ingin membentuk komunitas menulis dilingkungan sekolah kami agar anak-anak yang selama ini punya bakat menulis bisa tersalurkan bakat2 mereka dg baik sehingga bisa mencetak generasi literasi kedepannya, Alhamdulillah saya sudah menulis beberapa buku antalogi dan solo, namun saya belum pernah menulis dalam blog maupun online, dari tulisan om Jay ini saya jadi tertarik untuk bisa mendapatkan ilmu sebanyak2nya yang nantinya bisa saya salurkan kembali kepada peserta didik kami melalui komunitas yg akan kami bentuk nanti dan saya berharap saya bisa mengikuti jejak om Jay untuk menulis setiap hari melalui blog, walaupun sampai saat ini saya masih belum punya blog karena belum sempat terbuat dan baru tau ttg blog menulis ini, saya juga mohon doa dari semuanya semoga nantinya saya bisa Istiqomah dalam menulis dan menyalurkan ilmu yg saya dapatkan kepada peserta didik kami melalui komunitas menulis

    BalasHapus
  75. Luar biada virus literasi yang om Jay tularkan.Melahirkan ramai penulis.
    Saya telah bergabung dengan kompasiana sejak bulan Agustus 2022 dan juga telah mengikuti tantangan menulis setiap hari om Jay.
    Tapi saya gagal dalam BM 27 kemaren karena belum memenuhi syarat dalam membuat buku
    Mudah-mudahan berhasil dalam KMN 28 ini

    BalasHapus
  76. Luar biasa om jay, begitu menginspirasi untuk belajar menulis, dan menulis, semoga bisa konsisten seperti om jay menulis setiap hari

    BalasHapus
  77. Betul Om Jay dengan menulis bahkan bisa meringankan beban kita

    BalasHapus
  78. ditunggu kunjungannya lilik-kistiana.blogspot.com terimakasih OmJay

    BalasHapus
  79. Aku suka...
    Sangat inspiratif...ditunggu di blog ku milmayasmi82.blogspot.com dan milmayasmi2023.blogspot.com yang baru saya dibuat

    BalasHapus
  80. Sangat menginspirasi, terimakasih OmJay👍🏻

    BalasHapus
  81. Menulislah setiap hari... Hingga ada yg terasa kosong jika tidak menulis... Mantap omjay semoga saya sampai mendapatkan perasaan seperti itu ketika memulai menulis setiap hari

    BalasHapus
  82. Om Jay memang luar biasa dalam menulis. sukses dan sehat selalu agar Om dapat membimbing saya dalam menulis. Terimakasih Om Jay

    BalasHapus
  83. Luar biasa Omjay sangat menginspirasi dan memberi semangat.

    BalasHapus
  84. MasyaAllah benar2 mengnspirasi..

    BalasHapus
  85. Masya Allah, senang sekali berkesempatan belajar bersama Om Jay, inspiratif, semoga saya lebih termotivasi untuk lebih memperbaiki tulusan2 saya agar lebih bermakna. Terimakasih.

    BalasHapus
  86. Alhamdulilah saya bisa mendapatkan ilmu tentang menulis dari hasil karya Om Jay. Semoga saya bisa menjadi penulis yang benar.

    BalasHapus
  87. terimakasih Om Jay telah memberikan dan menularkan ilmunya dan semangat ny, smg menjadi amal kebaikan untuk tim solid dan keluarga. mhon bimbingan bpk ibu ktn sy masih blm pnya pengalaman apapun

    BalasHapus
  88. MasyaAlloh, luar biasa, smoga sy bsa mengikuti jejak omjay

    BalasHapus
  89. Terima kasih Om Jay sudah membagikan ilmunya. Barokallah. Semoga bisa mengikuti jejak Om Jay. Aamiin.

    BalasHapus
  90. Mudah-mudahan saya bisa mengikuti jejak Om Jay yang selalu menjadi motivator dalam berbagai hal, terima kasih atas segala ilmunya sehat selalu Om Jay.

    BalasHapus
  91. Terima kasih semoga menjadi amunisi untuk menulis

    BalasHapus
  92. Subhanallah, sangat inspiratif untuk penulis pemula Om Jay terima kasih

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.