21. Koding memang sangat penting dipelajari karena merupakan kebutuhan masyarakat digital saat ini. Dengan kemampuan koding, seseorang dapat mengembangkan Aplikasi dan Sistem. Dari mengembangkan aplikasi dan sistem yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai bidang, seperti bisnis, pendidikan, dan kesehatan.
Blockly adalah suatu tools yang dapat membantu membuat program sederhana dengan menggunakan blok-blok, seperti halnya Scratch. Dengan menggunakan Blockly, proses pengetikan kode program digantikan dengan menggabungkan blok-blok. Kalian dapat melakukan ...................... pada blok-blok ini
22. Sebelum belajar membuat program dengan Blockly, kalian akan diajak untuk mengenal Blockly dengan permainan-permainan yang menyenangkan. Dalam permainan-permainan ini, kalian diminta untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan membuat program sederhana. Program dibuat sesuai dengan blok yang disediakan pada setiap game.
Pemain harus menyusun blok-blok yang berisi keterangan dan foto hewan ke blok hewan yang sesuai. Kalian akan belajar mengenali blok yang digunakan pada Blockly. Melalui permainan ini, kalian juga dapat belajar tentang kosakata (vocabulary) dalam bahasa Inggris dan informasi tentang beberapa hewan.
Permainan ini disebut .......
23. Pemain diminta untuk menggerakkan ......... agar dapat mengambil cacing dan sampai ke sarangnya. Sama seperti permainan maze, kalian akan mengasah logika berpikir kalian. Selain itu, di permainan ini kalian juga belajar tentang koordinat dan sudut.
Permainan ini disebut ..............
24. Pemain diminta untuk membuat sprite sederhana dan menggerakkannya sesuai instruksi. Dalam permainan ini, kalian akan belajar tentang cara pembuatan animasi, yang dimulai dari gambar awal dan gambar akhir serta ada interval (range) waktu diantaranya.
Permainan ini disebut dengan judul ......
25. Pemain diminta untuk menggerakan sprite agar menembaki sprite target hingga darah dari sprite target habis. Pada permainan ......................... ini kalian akan belajar untuk tidak hanya menggunakan blok kode, tetapi juga langsung mengetik jawabannya dalam format kode Javascript.
26. Dalam dunia grafika komputer, sprite adalah komponen dalam sebuah program yang merupakan gambar bitmap dua dimensi. Sprite banyak digunakan untuk menggambarkan objek seperti tokoh karakter atau benda lain, baik diam maupun bergerak. Sprite yang bergerak sebenarnya memanfaatkan perubahan posisi dari sprite atau menggunakan gambar lain sehingga seolah-olah terjadi ........................
27. Untuk gambar yang akan dijadikan sebagai latar belakang tidak disebut sebagai sprite. Pada Scratch, mengganti latar belakang tampilan grid view dapat memanfaatkan gambar yang akan disebut Backdrop. Pada Blockly, layar belakang tampilan dapat menggunakan gambar maupun warna yang disebut ........................................................
28. Dalam pemrograman prosedural, kalian akan memprogram berdasarkan konsep komputer yang sudah dipelajari pada modul SK (Sistem Komputer). Tentunya kalian masih ingat, bahwa komputer mempunyai tiga elemen penting, yaitu perangkat ................................................
CPU memiliki memori, bus dan ALU. Apa saja tiga elemen penting yang dimiliki komputer?
29. Tidak perlu memberikan nama yang panjang untuk variabel yang kalian buat. Untuk pemrograman dengan ......................mungkin kalian merasa panjang dan pendek tidak berpengaruh, karena untuk menggunakan variabel tersebut kalian cukup memilih blok variabel tersebut.
Akan tetapi, jika kalian menggunakan bahasa pemrograman lain yang mengharuskan kalian mengetik nama variabel untuk memanggil variabel tersebut, kalian akan kesulitan mengetik nama yang panjang dan mungkin kalian akan sulit mengingat semua nama variabel itu. Ada bahasa pemrograman yang bahkan membatasi panjangnya nama variabel.
30. Saat mempelajari pemrograman, ada kebiasaan untuk mengenal sebuah lingkungan pemrograman, melalui program sederhana yang disebut “Hello World”. Pada aktivitas ini, kalian akan mencoba membuat program yang akan menampilkan sebuah kalimat, yaitu: “Hello World!”
Apa yang biasanya dilakukan saat mempelajari pemrograman?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.