Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Minggu, 16 Maret 2025

Soal Informatika Kelas 8 Bagian 3

21. Koding memang sangat penting dipelajari karena merupakan kebutuhan masyarakat digital saat ini. Dengan kemampuan koding, seseorang dapat mengembangkan Aplikasi dan Sistem. Dari mengembangkan aplikasi dan sistem yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai bidang, seperti bisnis, pendidikan, dan kesehatan.

Blockly adalah suatu tools yang dapat membantu membuat program sederhana dengan menggunakan blok-blok, seperti halnya Scratch. Dengan menggunakan Blockly, proses pengetikan kode program digantikan dengan menggabungkan blok-blok. Kalian dapat melakukan ...................... pada blok-blok ini

Question 1Answer
A.

copy and paste

B.

drag and drop out

C.

cut and paste

D.

drag and drop

22. Sebelum belajar membuat program dengan Blockly, kalian akan diajak untuk mengenal Blockly dengan permainan-permainan yang menyenangkan. Dalam permainan-permainan ini, kalian diminta untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan membuat program sederhana. Program dibuat sesuai dengan blok yang disediakan pada setiap game.

Pemain harus menyusun blok-blok yang berisi keterangan dan foto hewan ke blok hewan yang sesuai. Kalian akan belajar mengenali blok yang digunakan pada Blockly. Melalui permainan ini, kalian juga dapat belajar tentang kosakata (vocabulary) dalam bahasa Inggris dan informasi tentang beberapa hewan.

Permainan ini disebut .......

Question 1Answer
A.

Turtle

B.

Puzzle

C.

Bird

D.

Maze

23. Pemain diminta untuk menggerakkan ......... agar dapat mengambil cacing dan sampai ke sarangnya. Sama seperti permainan maze, kalian akan mengasah logika berpikir kalian. Selain itu, di permainan ini kalian juga belajar tentang koordinat dan sudut.

Permainan ini disebut ..............

Question 1Answer
A.

Music

B.

Bird

C.

Movie

D.

Puzle

24. Pemain diminta untuk membuat sprite sederhana dan menggerakkannya sesuai instruksi. Dalam permainan ini, kalian akan belajar tentang cara pembuatan animasi, yang dimulai dari gambar awal dan gambar akhir serta ada interval (range) waktu diantaranya.

Permainan ini disebut dengan judul ......

Question 1Answer
A.

Bird

B.

Movie

C.

Puzel

D.

Turtle

25. Pemain diminta untuk menggerakan sprite agar menembaki sprite target hingga darah dari sprite target habis. Pada permainan ......................... ini kalian akan belajar untuk tidak hanya menggunakan blok kode, tetapi juga langsung mengetik jawabannya dalam format kode Javascript.

Question 1Answer
A.

Music

B.

Pond Tutor

C.

Movie

D.

Bird

26. Dalam dunia grafika komputer, sprite adalah komponen dalam sebuah program yang merupakan gambar bitmap dua dimensi. Sprite banyak digunakan untuk menggambarkan objek seperti tokoh karakter atau benda lain, baik diam maupun bergerak. Sprite yang bergerak sebenarnya memanfaatkan perubahan posisi dari sprite atau menggunakan gambar lain sehingga seolah-olah terjadi ........................

Question 1Answer
A.

sinkronisasi

B.

dinamisasi

C.

games

D.

animasi.

27. Untuk gambar yang akan dijadikan sebagai latar belakang tidak disebut sebagai sprite. Pada Scratch, mengganti latar belakang tampilan grid view dapat memanfaatkan gambar yang akan disebut Backdrop. Pada Blockly, layar belakang tampilan dapat menggunakan gambar maupun warna yang disebut ........................................................

Question 1Answer
A.

background coloum atau background animal

B.

background image atau background kertas

C.

background picture atau background color.

D.

background image atau background color.


28. Dalam pemrograman prosedural, kalian akan memprogram berdasarkan konsep komputer yang sudah dipelajari pada modul SK (Sistem Komputer). Tentunya kalian masih ingat, bahwa komputer mempunyai tiga elemen penting, yaitu perangkat ................................................ 

CPU memiliki memori, bus dan ALU. Apa saja tiga elemen penting yang dimiliki komputer?



Question 1Answer
A.

Perangkat input, perangkat output, dan perangkat penyimpanan

B.

Perangkat input, pemroses utama (CPU), dan perangkat penyimpanan

C.

Perangkat input, pemroses utama (CPU), dan perangkat output

D.

Perangkat input, pemroses utama (CPU), dan perangkat jaringan


29. Tidak perlu memberikan nama yang panjang untuk variabel yang kalian buat. Untuk pemrograman dengan ......................mungkin kalian merasa panjang dan pendek tidak berpengaruh, karena untuk menggunakan variabel tersebut kalian cukup memilih blok variabel tersebut. 

Akan tetapi, jika kalian menggunakan bahasa pemrograman lain yang mengharuskan kalian mengetik nama variabel untuk memanggil variabel tersebut, kalian akan kesulitan mengetik nama yang panjang dan mungkin kalian akan sulit mengingat semua nama variabel itu. Ada bahasa pemrograman yang bahkan membatasi panjangnya nama variabel.

Question 1Answer
A.

Blockly 

B.

Puzle

C.

Strach

D.

Sprite

30. Saat mempelajari pemrograman, ada kebiasaan untuk mengenal sebuah lingkungan pemrograman, melalui program sederhana yang disebut “Hello World”. Pada aktivitas ini, kalian akan mencoba membuat program yang akan menampilkan sebuah kalimat, yaitu: “Hello World!”

Apa yang biasanya dilakukan saat mempelajari pemrograman?



Question 1Answer
A.

Mencari tutorial online tentang pemrograman

B.

Membuat program yang sederhana untuk mengenal lingkungan pemrograman

C.

Membaca buku tentang pemrograman

D.

Membuat program yang kompleks




Salam Blogger Persahabatan 
Omjay 
http://wijayalabs.com 
 Menulislah Terus setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.