Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Minggu, 16 Maret 2025

Soal Informatika Kelas 8 Bagian 2

11. Kalian dapat mengatur berapa banyak kode berulang dan kondisi dari objek/ sprite dengan kode ......... Dengan kode ini, diharapkan kalian dapat mengatur kode program dengan lebih baik. Kode ........ yang tepat akan membuat program kalian menjadi lebih sederhana karena kalian tidak perlu menuliskan hal yang sama berulang kali. Akan tetapi, kalian harus memperhatikan bahwa ada kode ........... yang dapat berulang secara tidak terbatas dan terbatas. Maka, kalian harus dapat berhati-hati dalam menggunakannya. Dengan kode ............. juga, kalian dapat mengatur kondisi program kalian.

Question 1Answer
A.

games

B.

algoritma

C.

Control

D.

program

12. Sebuah ............... terkadang memerlukan sebuah masukan/input dari pengguna, dan input tadi akan disimpan dalam sebuah variable sehingga dapat digunakan di bagian kode lainnya. Variable sendiri dapat digunakan langsung tanpa memerlukan input dari pengguna.
Question 1Answer
A.
program
B.
Algoritma
C.
Control
D.
Games

13. Apa itu input?

Question 1Answer
A.

Input adalah sebuah proses yang digunakan untuk meminta masukan dari pengguna dan hasil masukannya akan disimpan dalam sebuah variable

B.

Input adalah sebuah proses yang tidak digunakan untuk meminta masukan dari pengguna dan hasil masukannya akan disimpan dalam sebuah variable

C.

Input adalah sebuah proses yang tidak digunakan untuk meminta masukan dari pengguna dan hasil masukannya akan disimpan dalam sebuah variable tertutup

D.

Input adalah sebuah proses yang tidak digunakan untuk meminta masukan dari pengguna dan hasil masukannya akan disimpan dalam sebuah variable terbuka

14. Apa itu Variable?

Question 1Answer
A.

Variable adalah sebuah nama yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai, dan nilai yang disimpan dapat diubah dengan blok [set variable to] atau [change variable by]

B.

Input adalah sebuah proses yang tidak digunakan untuk meminta masukan dari pengguna dan hasil masukannya akan disimpan dalam sebuah variable

C.

Variable adalah sebuah nama yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai, dan nilai yang disimpan tidak dapat diubah dengan blok [set variable to] atau [change variable by]

D.

Input adalah sebuah proses yang tidak digunakan untuk meminta masukan dari pengguna dan hasil masukannya akan disimpan dalam sebuah variable tertutup

15. Apa itu Control?

Question 1Answer
A.

Kode Control pada Scratch tidak dapat mengatur jalannya program games, yaitu pengulangan dan kondisi darurat. Dengan kode Control yang tepat, kode program yang dibuat dapat menjadi lebih sederhana.

B.

Kode Control pada Scratch dapat mengatur jalannya program, yaitu pengulangan dan kondisi. Dengan kode Control yang tepat, kode program yang dibuat dapat menjadi lebih sederhana.

C.

Kode Control pada Scratch dapat mengatur jalannya program, yaitu pengulangan saja tanpa kondisi. Dengan kode Control yang tepat, kode program yang dibuat dapat menjadi lebih sederhana.

D.

Kode Control pada Scratch tidak dapat mengatur jalannya program, yaitu pengulangan dan kondisi. Dengan kode Control yang tepat, kode program yang dibuat dapat menjadi lebih sederhana.

16. Variable dapat dikenali di semua Sprite (global variable) atau hanya dikenali di Sprite yang aktif saat Variable dibuat (local variable). Apa itu Control? Kode Control pada Scratch dapat mengatur jalannya program, yaitu pengulangan dan kondisi. Dengan kode Control yang tepat, kode program yang dibuat dapat menjadi .................................

Question 1Answer
A.

lebih kompleks

B.

Tidak sederhana.

C.

lebih mewah

D.

lebih sederhana.

17. Kadang kala, kalian membutuhkan kode yang sama untuk dapat digunakan beberapa kali, kalian dapat menggunakan ........................ pada Scratch. Dengan ........................., kalian dapat membuat blok sendiri, yang nantinya dapat berisi blok lainnya juga. ........................ juga dapat menerima “input” sehingga instruksi di dalamnya dapat dijalankan dengan nilai yang berbeda.
Question 1Answer
A.

Custom Block

B.

variabel

C.

sprite

D.

games

18. Setelah mendefinisikan Custom Block sebagai blok yang kalian tentukan, kalian dapat melakukan beberapa instruksi yang disimpan dalam blok khusus tersebut, dan saat nama blok tersebut “dipanggil” (disebutkan) pada blok lain, semua instruksi di dalamnya akan dijalankan. Custom Block ini juga dapat menerima input yang akan dianggap sebagai parameter sehingga hasil dari Custom Block ini dapat lebih ..........................

Question 1Answer
A.

dinamis.

B.

humanis

C.

harmonis

D.

statis


19. Bayangkan, jika kode dalam Custom Block tidak hanya satu baris, tetapi panjang, kode di blok pemanggil akan lebih jelas dan lebih mudah dibaca. Custom Block dipakai seperti menulis “Lampiran” sehingga teks utama lebih mudah dibaca karena tidak perlu memuat hal ................

Question 1Answer
A.

mudah

B.

sulit

C.

sukar sekali

D.

detail.

20. Custom Block adalah sebuah block pada Scratch yang dapat kalian buat sendiri dan dapat disesuaikan fungsinya. Dalam konsep ......................... pada umumnya, Custom Block dapat dianggap sebagai fungsi/prosedur. Kalian akan mempelajari lebih lanjut tentang fungsi/prosedur pada tahap selanjutnya. Untuk saat ini, kalian akan mencoba penggunaan Custom Block pada Scratch lebih dulu.

Question 1Answer
A.

Algoritma

B.

Matematika

C.

Informatika

D.

pemrograman



Salam Blogger Persahabatan 
Omjay 
http://wijayalabs.com 
Menulislah Terus setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.