Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Minggu, 16 Maret 2025

Soal Informatika Kelas 8 Bagian 1

1. Siswa mampu untuk melanjutkan pemrograman dengan Scratch dan mengenal bahasa/tools baru yang sejenis dengan Scratch yang disebut Blockly, dimana Blockly lebih dekat ke bahasa pemrograman .........

Question 1Answer
A.

modern

B.

algoritma

C.

prosedural

D.

sistematik

2. Bermain itu memang asyik dan menyenangkan. Apakah saat bermain games kalian memetik pelajaran dari permainan ? Ada beberapa permainan yang juga dapat mengasah kemampuan pemrograman, salah satunya adalah ......

Question 1Answer
A.

Block Game

B.

Blockly Games

C.

Blocki Gam

D.

Block Games

3. Untuk dapat membantu manusia menyelesaikan berbagai persoalan, komputer harus diprogram terlebih dahulu. Dengan .............., komputer akan mampu menjalankan instruksi-instruksi tertentu.

Question 1Answer
A.

petunjuk

B.

program

C.

mainan

D.

algoritma


4. Instruksi-instruksi ini tersusun dari berbagai komponen seperti variabel, ekspresi logika, percabangan, perulangan, dan lain-lain. Komponen tersebut diwujudkan menjadi blok visual, dan dikenalkan melalui ............................. visual seperti Scratch dan Blockly

Question 1Answer
A.

pertunjukan

B.

pemrograman

C.

algoritma

D.

permainan

5. Komponen-komponen ini dapat disusun dengan mudah melalui blok-blok yang dapat di............................., dan saat dijalankan, program dapat dikontrol serta bereaksi terhadap tindakan pengguna.

Question 1Answer
A.

-drop

B.

-drag-

C.

-drag-and-drop

D.

-draging-and-droping

6. Algoritma adalah salah satu materi dalam pelajaran Informatika. Apa yang dimaksud dengan algoritma?


Question 1Answer
A.

Suatu cara untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan logika

B.

Suatu cara untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan komputer

C.

Suatu cara untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman

D.

Suatu cara untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan matematika

7. Apa yang dimaksud dengan variabel dalam pemrograman?


Question 1Answer
A.

Suatu tempat penyimpanan data yang tidak dapat diubah-ubah

B.

Suatu fungsi untuk melakukan suatu perhitungan

C.

Suatu instruksi untuk melakukan suatu tindakan

D.

Suatu tempat penyimpanan data yang dapat diubah-ubah

8. Apa yang dimaksud dengan perulangan dalam pemrograman?


Question 1Answer
A.

Suatu instruksi untuk melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang

B.

Suatu instruksi untuk melakukan suatu tindakan secara sekali saja

C.

Suatu fungsi untuk melakukan suatu perhitungan

D.

 Suatu variabel untuk menyimpan data


9. Apa yang dimaksud dengan kondisi dalam pemrograman?


Question 1Answer
A.

Suatu fungsi untuk melakukan suatu perhitungan

B.

Suatu instruksi untuk melakukan suatu tindakan jika suatu kondisi tidak terpenuhi

C.

Suatu variabel untuk menyimpan data

D.

Suatu instruksi untuk melakukan suatu tindakan jika suatu kondisi terpenuhi

10. Apa yang dimaksud dengan fungsi dalam pemrograman?

Question 1Answer
A.

Suatu blok kode yang dapat dipanggil kembali untuk melakukan suatu tugas

B.

Suatu instruksi untuk melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang

C.

 Suatu instruksi untuk melakukan suatu tindakan jika suatu kondisi terpenuhi

D.

Suatu variabel untuk menyimpan data


Salam Blogger Persahabatan 
Omjay 
http://wijayalabs.com 
 Menulislah Terus setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.