Selamat Datang di Blog Wijaya Kusumah

Untuk Pelayanan Informasi yang Lebih Baik, maka Isi Blog Wijaya Kusumah juga tersedia di blog baru di http://wijayalabs.com

Selasa, 25 Agustus 2020

berfokuslah pada tujuan

Fokuslah pada Tujuan 

Selamat pagi semuanya. Semoga anda semua dalam keadaan bahagia dan bisa fokus pada tujuan hidup anda menjadi orang yang bertakwa. 

Rintangan pasti akan menghadang. Cobaan pasti datang menghunjam. Namun yakinlah bahwa itu akan membuatmu mengerti akan arti kehidupan. 

Sebait syair lagu di atas selalu saya ingat agar berfokus pada tujuan. Siapa yang fokus pasti akan lulus. Kegagalan yang dialami hanyalah kesuksesan yang tertunda. Dengan begitu kamu akan bangkit dan cari akal. 

Membaca tulisan Mr. Emcho di wa group rumah virus literasi membuat saya sadar diri. Menulis, jangan banyak alasan. Jika anda ingin menjadi penulis profesional,  maka rutinitas menulis harus diamalkan. Hal itulah yang rutin saya lakukan untuk berfokus pada tujuan. 

Sama halnya yang dilakukan ibu Salamah. Seorang guru sekolah dasar di Wonosobo. Beliau bisa sukses berprestasi dalam menulis karena fokus pada tujuan. Segala rintangan mampu dihadapinya walaupun harus menguras air mata. 

Sudah lebih dari 34 buku beliau tuliskan dan sebagai abdi negara,  beliau jalankan tugas sebagai guru Pns dengan sangat baik. Hasilnya beliau diundang ke Jakarta untuk bertemu langsung dengan presidennya.

Itulah awal saya bertemu  dengan ibu Salamah. Sebagai seksi dokumentasi di hut PGRI saya abadikan pertemuan seorang guru SD dengan presiden Jokowi. Sungguh sangat mengharukan sekali. 

Semalam saya minta beliau untuk menjadi narasumber di wa group guru menulis PGRI. Alhamdulillah ternyata bagus sekali apa yang beliau sampaikan. Saya membaca materinya setelah sampai rumah di Jatibening Bekasi. Mr. Bams mengambil alih kuliah online semalam dengan penuh tanggung jawab.

Dari Bandung sampai Bekasi saya paksakan nyupir sendiri. Biasanya ada supir baik hati yang menemani. Kakak ipar dan keponakan tidak bisa ikut menemani. Jadilah saya sebagai supir mengantar anak dan istri ke rumah kami. 

Saya berfokus pada tujuan. Saya bersama keluarga harus sampai rumah dengan selamat. Istri mengingatkan jangan ngebut. Kita santai saja yang penting sampai. Sepanjang jalan saya konsentrasi dan fokus sambil mendengarkan lagu-lagu lawas.

Alhamdulillah selama perjalanan dari Bandung ke Bekasi lancar sekali. Tol layang yang dibangun saat pemerintahan pak Jokowi lancar jali. Kita semua dibuat happy menempuh perjalanan kali ini. Di samping tol sedang dibangun rel kereta api cepat Bandung -Jakarta yang tiada henti. Tahun depan kita bisa menikmati kereta api cepat yang menjadi impian selama ini. 

Itulah hasil bila kita berfokus pada tujuan. Pak Jokowi telah menunjukkan untuk fokus pada pembangunan infrastruktur agar bangsa  ini bisa mengejar ketertinggalannya dari negara lain. Salut dengan pemerintah yang berfokus untuk mensejahterakan rakyatnya. 

Sewaktu di Jepang dan China saya sudah merasakan naik kereta cepat. Jarak yang jauh terasa dekat. Semoga masih diberi kesempatan  umur panjang untuk melihat Indonesia semakin maju. 

Fokuslah pada tujuan agar hidupmu damai dan bahagia bersama keluarga tercinta. Harta dan tahta tidak dibawa mati. Fokuskan hidupmu untuk bermanfaat untuk orang banyak. 

Menulis adalah salah satu cara kita berbagi ilmu dan pengalaman. Tulislah apa yang anda kuasai dan sukai. Menulis memang bukan bakat tapi minat anda menjadikan menulis sebagai sebuah kebutuhan. Sama halnya dengan makan dan minum.

Setiap hari saya menulis. Semua itu saya lakukan untuk memotivasi diri agar hari ini lebih baik dari hari kemarin. Menulis dalam kesibukan  saya lakukan agar tetap fokus dengan tujuan. 

Pagi ini sudah harus mengajar lagi secara online. Tak terasa sudah kita lakukan selama wabah covid-19 ini. Semakin banyak kesempatan untuk menulis pengalaman mengajar daring yang efektif dan menyenangkan. Lain waktu akan saya tuliskan. 

Salam Blogger persahabatan 

Omjay
Guru Blogger Indonesia 
Blog http://wijayalabs.com

1 komentar:

Silahkan memberikan komentar pada blog ini, dan mohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.